Melihat Keindahan Pulau Gili Iyang Sumenep, Destinasi yang Direkomendasikan Gubernur Khofifah - WisataHits
Jawa Timur

Melihat Keindahan Pulau Gili Iyang Sumenep, Destinasi yang Direkomendasikan Gubernur Khofifah

TRIBUNMAMADURA.COM – Baru-baru ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merekomendasikan beberapa destinasi wisata setelah Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah nomor satu di dunia versi Majalah Forbes.

Gili Iyang yang terletak di Kabupaten Sumenep merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan oleh Gubernur Khofifah. Bagaimana keindahan pulau di Madura, Jawa Timur?

Tidak diragukan lagi bahwa Pulau Gili Iyang menjadi destinasi pilihan untuk mengisi waktu liburan Anda. Pulau di bagian timur Sumenep ini juga dikenal sebagai pulau oksigen tertinggi kedua di dunia.

“Keunikan yang banyak dimiliki daerah, bahkan satu-satunya di Indonesia dan terbesar kedua setelah Yordania, adalah wisata kesehatan oksigen. Bermanfaat bagi kehidupan manusia agar lebih awet muda, sehat, segar tanpa sesak nafas. Itu hanya ada di Gili Iyang,” kata Ketua Pokdarwis Gili Iyang Ahyak Ulumuddin kepada Tribun Jatim, Jumat (26/8/2022).

Tribun Jatim sempat menjelajahi pulau ini beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk solo trip, wisatawan dari kota Surabaya bisa menggunakan angkutan umum dengan bus.

Alternatif lain adalah menggunakan paket yang disediakan oleh Pokdarwis Gili Iyang Madura. Mulai dari Rp 250.000 untuk satu hari dari Pelabuhan Dongkek, jelajahi destinasi, makanan dan transportasi.

Satu-satunya cara untuk sampai ke pulau ini adalah melalui Pelabuhan Dongkek dengan taksi laut – nama yang diberikan untuk transportasi perahu motor ke Gili Iyang. Berkendara melintasi pulau menuju Dermaga Gili Iyang memakan waktu sekitar 30 menit.

Warga sekitar sudah menyediakan transportasi sepeda motor yang bisa disewa. Sopir akan membawa rombongan untuk menjelajahi objek-objek wisata di sekitarnya. Satu demi satu atraksi wisata dapat dinikmati dalam perjalanan singkat atau dalam sehari.

Pulau ini juga sangat membantu wisatawan yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan menginap di Gili Iyang. Pasalnya ketersediaan homestay di Pulau Gili Iyang telah didukung dengan berbagai fasilitas untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan.

Batu Canggah, pahatan alami tebing di Gili Iyang, yang menjadi daya tarik berbeda dari Oxygen. Wisatawan bisa melihat laut lepas dari ketinggian dengan latar belakang bebatuan yang menjulang tinggi. Batu itu sepertinya menopang tebing di sekitarnya.

Baca Juga: 20 Penyelam Mengibarkan Bendera di Dasar Laut untuk Rayakan HUT RI ke-77 oleh Wisata Bahari Gili Labak Sumenep

Source: madura.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button