Tiket CURUG DAGO Bandung dan Aneka Aktivitas - WisataHits
wisatahits

Tiket CURUG DAGO Bandung dan Aneka Aktivitas

Tiket CURUG DAGO Bandung dan Aneka Aktivitas

Harga tiket masuk Air Terjun Dago: Rp 15.000. Jam buka: 08:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Dago Corner, Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40135.

Air terjun merupakan tempat wisata yang banyak dijumpai di tempat-tempat terpencil, seperti di hutan. Sebagai Air Terjun Dago, padahal di bandung, lokasinya jadi pelosok. Butuh tenaga ekstra untuk memasuki air terjun.

Meski demikian, air terjun ini tetap tidak kehilangan pesonanya. Selain itu, pengunjung juga bisa menuju objek wisata ini melalui berbagai jalur. Salah satunya di jalan menuju kompleks Citra Green Dago.

Biaya masuk

Memasuki objek wisata ini sangat terjangkau. Namun, harga dibedakan untuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dago
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Kebun Binatang Bandung

Jam Buka Air Terjun Dago

Untuk mengunjungi kawasan wisata air terjun ini tidak boleh terlambat. Karena di dalam hutan, dan cukup gelap sampai ke tempat parkir.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Suasana kawasan air terjun Dago

kawasan wisata air terjun dagoPrasasti di dekat air terjun. Foto: Gmap/Irfan Rosdi

Dibandingkan air terjun lain di Jawa Barat, air terjun ini tergolong kecil. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 12 meter. Meski begitu, curahan airnya tetap deras dan indah dipandang mata.

Alamnya yang masih alami sangat cocok untuk menghabiskan waktu di sekitar air terjun. Suara air tampak menyegarkan dan keras. Ditambah peluit angin yang menerpa dedaunan.

Baca: Tiket Masuk TEBING KERATON Bandung dan Berbagai Kegiatan Wisata

Di pinggir danau sudah dipagari sehingga pengunjung tidak bisa menyelam ke dalam danau, apalagi berenang. Air terjun ini mengalir dengan memisahkan dua tebing bebatuan. Dimana bebatuan di belakangnya juga terlihat berwarna hijau, menandakan bahwa lumut yang menutupinya sangat lebat.

bangunan prasejarah

prasasti raja thailandPrasasti Raja Thailand. Foto: Gmap/Ritchie Sebastian

Saat berkunjung ke Curug Dago, pengunjung akan menjumpai dua buah saung berwarna merah. Bukan stand atau gazebo, melainkan bangunan bersejarah. Yang telah ada selama ratusan tahun.

Gubuk pertama berisi prasasti batu Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand pada 19 Juni 1896. Gubuk ini dibuat saat kunjungan kedua Raja Rama V. Di dalamnya terdapat prasasti batu dan foto Raja Rama V.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Berkunjung ke Curug Maribaya

Sedangkan gubuk sebelah terdapat prasasti milik Raja Prajadhipok (Rama VII) pada tanggal 12 Agustus 1929. Raja Rama VII datang ke kawasan air terjun ini untuk melihat prasasti peninggalan Raja Rama V. Dan gubuk ini dicat merah seperti pondok sebelumnya. .

Perjalanan air terjun

jalan menuju air terjunTaman bermain di Curug Dago. Foto: Gmap/Iden Wildensyah

Pengunjung wajib melakukan trekking saat akan mengunjungi Curug Dago. Jika Anda pergi ke sana dengan mobil, Anda harus turun sedikit lebih jauh dan mengambil jalan kecil di pinggir sawah. Perjalanan dari tempat parkir mobil ke loket tiket kurang lebih 250 meter.

Kemudian pengunjung bisa turun hingga menemukan papan bertuliskan “Prasasti Curug Dago”. Di depan papan terdapat area bermain mini yang terlihat baru dibuat. Anak-anak bisa bersenang-senang di sini sebelum atau sesudah air terjun.

Baca: Tiket Masuk Taman Hutan Raya Juanda dan Berbagai Kegiatan Wisata Alam

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus menuruni anak tangga yang cukup curam. Tapi jangan khawatir, kondisinya bagus dengan pijakan beton dan pegangan tangan semen yang kuat. Perjalanan ini akan terbayar ketika pengunjung tiba di air terjun yang alamnya masih sangat hijau.

Air terjun Dago yang tercemar

Meski menyimpan keindahan dan benda bersejarah, kondisinya kini tercemar. Hal ini disebabkan limbah rumah tangga yang mengalir ke sungai. Selain itu, kotoran ternak yang mengalir ke sungai juga mencemari air terjun.

Inilah mengapa pengunjung dilarang berenang atau mandi di air terjun. Karena air dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit. Airnya juga berwarna coklat tua, menandakan sudah tidak bersih lagi.

Sungai Cikapundung dialiri air terjun ini. Tentu saja, sungai juga tercemar dan menjadi masalah lingkungan yang perlu diselesaikan. Bahkan, pengelola menemukan 30 titik pembuangan yang mengalir langsung ke Curug Dago.

Baca: Tiket Masuk Dago Dream Park dan Berbagai Wahananya

Reda

Berbeda dengan wisata air terjun lainnya, pengunjung tidak banyak menemukan fasilitas umum. Jika ingin berlama-lama di sini, pengunjung bisa membawa perbekalan sendiri. Karena di sekitar air terjun juga terdapat warung makan.

Lokasi air terjun Dago

Tempat wisata ini terletak di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kawasan wisata air terjun ini berjarak 8 kilometer dari pusat kota Bandung. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button