Pantai Kesirat, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Kesirat, pantai yang indah untuk menikmati sunset di Gunung Kidul

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket celanaSaya Kesirat salah satu pantai tersembunyi dan menawan di Panggang, Gunung Kidul, Jogja. Objek wisata yang menawarkan panorama sunset, tebing karang dan rerumputan hijau yang cocok untuk camping.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Jika biasanya pantai ini digunakan untuk bermain air dan pasir oleh wisatawan, lain halnya dengan pantai Kesirat. Ciri khas pantai di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini adalah kurangnya pasir putih pada umumnya.

Karena keunikannya, destinasi pantai atau yang biasa disebut tanjung ini oleh masyarakat sekitar menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan lokasi tersebut seharusnya menjadi tempat favorit untuk melakukan kegiatan camping anak muda.

Selain memiliki daya tarik karena keunikannya, di pantai ini terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kelezatan berbagai jenis makanan laut.Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata tepi laut ini, berikut beberapa informasi yang bisa Anda simak.

Daya Tarik Pantai Kesirat

Aktivitas di Pantai KesiratKredit gambar: Google Maps khusnul kha3

1. Lokasi yang disukai untuk berkemah

Banyak wisatawan, terutama anak muda, memilih lokasi tepi laut ini untuk mendirikan tenda. Dataran landai yang dikelilingi tebing-tebing kapur mirip gunung ini dinilai strategis untuk mendirikan tenda yang nyaman.

Untuk perlengkapan camping sendiri bisa dibawa dari rumah jika sudah memiliki perlengkapannya. Namun bagi Anda yang tidak memiliki perlengkapan camping, ada beberapa lokasi persewaan tenda di sekitar pantai.

Tentunya penyediaan perlengkapan persewaan tenda sangat bermanfaat bagi wisatawan yang kurang siap dengan kebutuhan camping di hulu. Bahkan, fasilitas ini sering digunakan oleh wisatawan dari luar daerah yang berencana menginap di pantai.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat camping di kawasan Pantai Kesirat, salah satunya adalah menyalakan api unggun. Selain sebagai penerangan utama di malam hari, api unggun ini juga dapat menghangatkan tubuh yang dingin dari semilir angin laut.

Selain itu, kamu juga bisa menyanyikan lagu-lagu dengan aksen gitar akustik untuk membuat suasana camping semakin seru. Jangan lupa campurkan secangkir kopi dan mi instan rebus yang bisa menyumbat perut saat lapar menyerang.

Satu hal yang perlu diingat saat berkemah di kawasan pantai ini adalah menjaga kebersihan lingkungan. Keindahan pantai, keindahan pantai akan terus terjaga jika para wisatawan yang berkunjung mengikuti aturan yang salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

2. Keunikan pantai tanpa pasir

Jika umumnya pantai memiliki hamparan pasir yang bisa digunakan untuk bermain pasir, lain halnya dengan pantai yang satu ini. Keunikan lain akan Anda temukan saat mengunjungi pantai ini.

Anda tidak akan menemukan hamparan pasir putih yang biasanya terlihat indah saat terkena sinar matahari. Hal ini terjadi karena lokasi pantai berada di atas ketinggian tebing kapur yang menjorok ke laut lepas.

Ombak yang berasal dari Samudera Hindia akan menghantam bebatuan tepat di bawah tebing. Sehingga suara deru ombak memecah bebatuan terdengar lebih keras saat air laut sedang tinggi.

Keunikan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah. Para wisatawan ini siap datang dari jauh karena penasaran dengan keadaan pantai yang tidak memiliki hamparan pasir.

Dengan daya tarik yang membuat banyak orang yang belum pernah berkunjung ke tempat tersebut penasaran, maka pantai ini wajib masuk dalam destinasi kunjungan Anda. Jadi tidak ada salahnya mampir sebentar di sisi selatan kota gudeg ini.

Mengunjungi pantai unik di Gunung Kidul ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dalam hidup Anda. Selain itu, suasana pantai yang terkesan lebih tenang dibandingkan pantai lainnya dapat meringankan beban Anda untuk sementara waktu.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Kesirat

Alamat pantai KesiratKredit gambar: Google Maps yusuf arrozak

Destinasi wisata Pantai Kesirat ini terletak di sebuah desa bernama Karang di kecamatan Panggang. Ada dua rute perjalanan yang bisa Anda tempuh jika ingin mengunjungi pantai. Yaitu melalui jalan kota atau jalan selatan yang melewati jalan-jalan desa.

Rute pertama jika Anda mulai dari arah pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Parangtritis yang akan bertemu dengan perempatan besar. Arahkan kendaraan Anda untuk berbelok ke kiri, yang akan membawa Anda ke Jalan Piyungan.

Setelah menemukan lampu merah yang menandakan bahwa di sisi kanan jalan terdapat lapangan sepak bola yang cukup luas, perjalanan Anda selanjutnya akan melalui jalan yang menanjak. Setelah melewati lampu merah, jalan yang memiliki kemiringan hampir 45° ini akan menguji pikiran Anda.

Meski jalan yang Anda lewati merupakan tanjakan yang memiliki beberapa tikungan tajam, Anda akan melihat pemandangan hutan di sepanjang jalan yang selalu indah. Udara di sekitar juga lebih sejuk, karena banyak pohon besar tumbuh di hutan.

Keluar dari kenyamanan hutan khas Gunung Kidul, kendaraan Anda akan menuju ke jalan yang lebih kecil. Saat memasuki area Playen, di ujung jalan Anda akan melihat pasar tradisional bernama Pasar Paliyan. Kemudian belok kiri menuju kecamatan Saptosari.

Memasuki kawasan pedesaan, jalan menuju desa Girikarto menjadi tujuan Anda selanjutnya. Kemudian, jika Anda menemukan pertigaan menuju dusun Nglaos, kendaraan Anda harus berbelok ke kiri. Sawah akan terlihat di kanan kiri jalan menuju kawasan pantai.

Pintu masuk yang bertuliskan Pantai Kesirat akan menjadi akhir perjalanan Anda. Selain melalui jalan darat dari kota, perjalanan melalui sisi selatan Yogyakarta bisa menjadi pilihan kedua. Namun sayang, jalur tersebut kurang diminati wisatawan karena kondisi jalan yang buruk di beberapa tempat.

Wisatawan yang akan memasuki kawasan pantai ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harganya murah, karena selain bisa mendirikan tenda untuk camping, kamu juga bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Kesirat

Aktivitas Seru di Pantai KesiratKredit gambar: Google Maps virdik

1. Nikmati memasak

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah wisata kuliner. Restoran yang terletak di sekitar pantai ini menawarkan aneka seafood dengan bumbu yang melimpah. Harganya juga cukup murah untuk setiap hidangan.

Selain mencicipi kelezatan olahan seafood, wisatawan juga bisa mencoba kelezatan Gunung Kidul. Salah satunya adalah tiwul, makanan manis berwarna cokelat yang terbuat dari singkong yang digiling halus dan didiamkan selama beberapa hari.

2. Memancing dari tebing

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Kesirat adalah memancing. Tempat terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah di tebing timur, dengan ketinggian rata-rata 15 hingga 30 meter. Ikan yang biasa ditemukan cukup beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar dengan berat sekitar 2 kg.

3. Menikmati keindahan matahari terbenam

Keindahan pemandangan pantai tidak perlu diragukan lagi, apalagi saat matahari terbenam. Ada pohon besar yang tumbuh di tepi tebing, tempat ini sering menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Tak jarang wisatawan mengabadikan momen tersebut dengan foto bertema siluet. Angin laut yang bertiup di atas tubuh Anda dapat menenangkan suasana hati Anda. Keindahan dan kenyamanan momen sunset ini hanya bisa Anda temukan di pantai yang eksotis ini.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Penginapan murah terdekat dengan pantaiKredit gambar: Google Maps Managamtua Simbolon

1. Homestay Wiloso

Hostel pertama yang paling dekat dengan pantai Kesirat adalah Wiloso Homestay. Kamar single yang ditawarkan hostel ini cukup murah untuk disewakan per malam. Wisatawan juga diharapkan berhemat jika memilih hostel ini.

Tidak hanya itu, suasana hostel yang tenang bisa membuat waktu istirahat Anda menjadi lebih tenang. Bahkan pada malam hari hanya terdengar suara jangkrik dan hewan nokturnal lainnya, tidak ada suara bising dari kendaraan atau keramaian warga lainnya.

2. Truntum Homestay

Selanjutnya adalah Truntum Homestay yang di beberapa sudut hostel terdapat taman bunga yang asri. Jaraknya cukup jauh dari pantai terdekat yaitu sekitar 9,2 km, sehingga perjalanan menuju hostel ini memakan waktu sekitar 23 menit.

Meski jarak tempuhnya cukup jauh, fitur hostel ini mungkin menarik perhatian Anda. Menggunakan listrik dari sinar matahari, panel surya juga bisa dilihat di atas gedung asrama. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengurangan pemanasan global.

3. Akomodasi di Pantai Gesing

Hostel yang terletak di salah satu destinasi pantai lainnya di kawasan Girikarto ini merupakan akomodasi terdekat yang bisa diakses dari pantai Kesirat. Hal ini terjadi karena sebagian besar wilayah pesisir berhutan dan bukan jalan raya yang sibuk.

Salah satu fasilitas yang menarik perhatian adalah gazebo yang langsung menghadap pantai. Selain itu, pepohonan di sekitar hostel ini akan membuat udara menjadi lebih sejuk. Ruang kamar yang disediakan cukup rapi dan luas.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kesirat Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Kesirat Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Ayi Susanto

Fasilitas wisata di pantai Kesirat sendiri cukup lengkap salah satunya adalah tempat parkir mobil yang cukup luas untuk kendaraan pribadi wisatawan. Sehingga wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir kekurangan lahan untuk parkir.

Biaya parkir dikenakan sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Kendaraan Anda dijamin aman dari segala bahaya karena petugas parkir masyarakat setempat siap melayani 24 jam.

Selain itu, Anda dapat menemukan beberapa restoran di sepanjang jalan dari arah parkir kendaraan hingga lokasi pantai. Masakan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari masakan seafood yang menjadi andalannya, hingga olahan unik khas daerah Gunung Kidul.

Penyewaan tenda untuk kegiatan berkemah juga tersedia di pantai. Dengan demikian, wisatawan yang tidak sempat membawa atau tidak memiliki peralatan camping bisa menggunakan fasilitas tunggal ini. Harga sewa tenda juga cukup murah sehingga tidak menguras kantong.

Demikian informasi wisata Pantai Kesirat yang berada di sisi selatan kota Yogyakarta. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan liburan Anda menikmati semua kesenangan yang ditawarkan pantai?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button