Pantai Kesirat, tempat camping favorit dan panorama sunset di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Kesirat, tempat camping favorit dan panorama sunset di Gunung Kidul Jogja

Wisata bahari di wilayah Yogyakarta memang terkenal dengan keindahannya yang beragam. Salah satunya adalah Pantai Kesirat yang terletak di kawasan Gunung Kidul.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, pantai Kesirat memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kawasan tebing tinggi yang menjadi tempat wisata pantai ini akan menyuguhkan berbagai keindahan pemandangan yang berbeda.

Hal inilah yang membuat wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi tempat wisata pantai ini. Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di pantai ini. Salah satu kegiatan favorit wisatawan adalah berkemah.

Tidak hanya aktivitas menarik di kawasan pantai, fasilitas yang memadai juga menjadi nilai tambah yang dimiliki wisata tepi laut. Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, pantai ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda ke Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Kesirat

Aktivitas di Pantai KesiratKredit gambar: Google Maps Wisata Jogja21

1. Berada di ketinggian tebing laut

Masyarakat sekitar Pantai Kesirat menyebut tempat wisata ini sebagai tanjung ketimbang pantai. Hal ini terjadi karena lokasinya sendiri berada di atas tebing yang cukup tinggi. Pemandangan dari laut bahkan lebih indah dari atas.

Wisatawan yang belum pernah mengunjungi tempat wisata pantai ini pasti akan penasaran karena tempatnya yang cukup unik. Meski disebut pantai, Anda tidak akan menemukan garis pantai dengan hamparan pasir seperti pantai pada umumnya.

Ini adalah salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang penasaran dengan lokasi pantai. Tak hanya wisatawan lokal saja yang kerap mengunjungi tempat wisata pantai ini. Wisatawan dari luar daerah pun rela menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai ke pantai unik ini.

2. Pesona keindahan pemandangan alam yang memikat mata

Meski tidak memiliki pemandangan pantai dengan pasir putih seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul, Anda akan menemukan keindahan lain dari pantai ini. Dari atas tebing Anda bisa melihat laut lepas dengan jarak pandang yang lebih luas.

Selain itu, tebing-tebing yang landai akan semakin indah berkat banyaknya tanaman yang tumbuh di area tersebut. Jenis tanamannya pun beragam, mulai dari pohon yang cukup tinggi hingga tanaman kecil berwarna hijau dan coklat. Pemandangan ini akan semakin indah jika langit cerah dan berawan.

Keindahan unik pantai Kesirat ini mampu memikat mata setiap orang yang melihatnya. Tak jarang wisatawan yang datang ke kawasan pantai rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk melihat keindahan alam yang mempesona ini.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Pantai Kesirat

Alamat pantai KesiratKredit Gambar: Google Maps Opik Tri Handono

Lokasi pantai ini sendiri berada di desa Karang yang masih termasuk dalam wilayah kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai tempat wisata pantai ini bisa melalui jalan kota atau kawasan pantai selatan kota Yogyakarta.

Namun, untuk memudahkan pemahaman, terutama bagi Anda yang memulai dari luar daerah, jalur dari pusat kota menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda mulai dari kawasan pejalan kaki Malioboro, Anda bisa menuju ke selatan hingga tiba di jalan yang cukup lebar bernama Ring Road.

Kemudian belok kiri mengikuti jalan, hingga menemukan traffic light dengan pemandangan perbukitan Gunung Kidul di depannya. Setelah melewati lampu merah Anda memasuki Jalan Piyungan yang mulai menanjak dan beberapa tikungan cukup curam.

Setelah sekian lama menanjak dan menurun di jalan berbukit yang khas, kendaraan Anda akan mengambil jalan yang lebih kecil menuju kawasan Saptosari di kawasan Playen. Baru setelah itu daerah pedesaan akan mulai muncul setelah mencapai daerah desa Girikarto.

Mengikuti jalan desa yang mengarah ke timur, perjalanan panjang akan berakhir di sebuah pintu masuk yang ditandai dengan nama pantai yang menjadi tujuan Anda. Di pintu masuk, akan ada penjaga pantai yang akan memberikan tiket masuk.

Untuk bisa memasuki wisata pantai di kawasan Gunung Kidul ini sendiri, wisatawan tidak akan diminta membayar tiket masuk dengan harga yang lumayan mahal. Salah satu wisata pantai yaitu Pantai Kesirat, wisatawan yang masuk hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Harga ini cukup murah bahkan untuk wisatawan yang datang dari luar daerah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kesirat

Aktivitas di Pantai KesiratKredit Gambar: Google Maps San Sandra

1. Perkemahan

Kawasan pantai ini memang terkenal sebagai lokasi yang strategis untuk mendirikan tenda. Dikatakan strategis karena kondisi dataran dan medannya terkesan landai, bahkan tidak terjal sama sekali.

Tidak ada biaya sewa spot yang harus dibayar jika ingin berkemah di tempat wisata pantai ini. Segala perlengkapan dan kebutuhan untuk camping bisa kamu persiapkan terlebih dahulu dari rumah. Meskipun tersedia jasa sewa tenda di lokasi ini, namun sebaiknya membawa sendiri agar lebih aman dan nyaman.

Kebutuhan pakaian seperti jaket tebal atau selimut tidak boleh ketinggalan dari tas Anda. Karena pada malam hari, suhu di tempat-tempat tersebut bisa mencapai kurang dari 20°C. Hal ini disebabkan angin malam dari laut yang membawa tingkat kelembaban lebih tinggi daripada angin laut pada siang hari.

2. Memancing di batu

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Rock Fishing berarti memancing di daerah berbatu. Ya, memang benar jika membayangkan sebuah area bebatuan pantai yang cukup luas untuk dijadikan tempat memancing.

Di pantai ini memang banyak terdapat bebatuan di sisi timur. Lokasi tersebut menjadi spot favorit bagi wisatawan yang hobi memancing ikan besar. Lokasi yang relatif ekstrim ini tidak menyurutkan semangat para nelayan ini untuk bisa merasakan sensasi memancing yang berbeda di lokasi Pantai Kesirat ini.

Jenis ikan yang sering dijumpai sendiri cukup beragam. Dari cakalang yang cukup besar, hingga ikan kecil seperti bawal de mer, bisa Anda bawa pulang dan disajikan sebagai santapan lezat. Ikan kecil adalah pilihan umpan yang baik jika Anda berencana untuk membawa pulang beberapa ikan besar.

Batuan yang menjadi tumpuan akan terlihat semakin licin saat terkena gelombang air yang mencapai ketinggian tertentu. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba dan merasakan sensasi memancing di kawasan tersebut, coba gunakan sepatu bersol tebal.

3. Rekreasi bersama keluarga atau teman

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman menjadi aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai yang indah ini. Suasana pantai yang tenang sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

Dengan meletakkan tikar di bawah pohon yang rindang, panas matahari tidak akan langsung menyentuh kulit Anda. Jangan lupa makanan yang Anda bawa sebelumnya, untuk melengkapi waktu istirahat Anda yang menyenangkan bersama keluarga atau teman.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantaiKredit gambar: Facebook Rumajar Everdsen

1. Homestay Truntum

Akomodasi terdekat dengan arah pantai Kesirat adalah Truntum Homestay. Dengan waktu, Anda dapat menempuh waktu sekitar 20-25 menit dari lokasi pantai. Area hostel semakin asri dengan adanya taman yang terletak di halaman depan.

2. Homestay Wiloso

Suasana tenang yang ditawarkan Wiloso Homestay menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai akomodasi yang menawarkan ketenangan. Bahkan harga sewa setiap kamar cukup murah.

3. Akomodasi di Pantai Gesing

Memiliki fasilitas berupa gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai di sore hari, menjadi daya tarik tersendiri dari hostel sederhana ini. Meski terletak di tempat wisata tepi laut lain di kawasan Girikarto, hostel ini merupakan salah satu yang paling dekat dengan pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kesirat Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai KesiratKredit gambar: Google Maps Ayi Susanto

Untuk fasilitas yang ada di kawasan pantai ini bisa dikatakan cukup lengkap. Dengan beberapa restoran yang bisa Anda temukan dengan mudah di tempat-tempat wisata tersebut. Hidangan yang ditawarkan juga beragam, namun yang menjadi andalan adalah olahan seafood dengan cita rasa lezat yang mampu menggoyang lidah.

Selain itu, fasilitas lain seperti toilet atau kamar mandi dapat ditemukan di salah satu area di dekat pintu masuk. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung ke pantai ini, tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk menempatkan kendaraan roda empat atau dua.

Demikian informasi mengenai Pantai Kesirat yang bisa anda jadikan sebagai tempat wisata andalan untuk menghabiskan liburan anda. Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di pantai yang terletak di atas ketinggian ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button