Pantai Kejawanan, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Cirebon - WisataHits
wisatahits

Pantai Kejawanan, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Cirebon

Pantai Kejawanan, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Cirebon
Harga tiket: Rp6.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Kali Jaga Kejawanan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Saat berkunjung ke Cirebon, wisatawan tidak perlu bingung memilih destinasi wisata. Pasalnya, di kawasan ini banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Kejawanan. Keindahan alam yang ada disini tidak kalah dengan keindahan alam yang terdapat di pantai-pantai Bali dan Lombok.

Inilah salah satu alasan mengapa semakin banyak orang datang ke sini, semakin banyak orang yang ingin mengunjungi wisata pantai di Cirebon. Hanya dengan mengunjungi wisata pantai ini orang sudah bisa melihat keindahan alam seperti Bali, walaupun biaya yang harus dikeluarkan tentunya jauh lebih murah.

Selain memiliki keindahan alam yang patut dibanggakan dan dikenal banyak orang, wisata bahari juga memiliki berbagai daya tarik lain yang tak kalah menakjubkan. Untuk mengetahui apa saja atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan di sini, simak artikel ini sampai akhir!

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Kejawanan

Objek Wisata Pantai KejawananFoto: Google Maps/Ihsan Fadhil

Kebanyakan orang lebih suka berkunjung ke sini pada sore hari, karena ingin melihat pemandangan sendiri matahari terbenam yang begitu indah di pantai yang menawan ini. Pemandangan ini akan semakin indah dengan hamparan pasir putih di pinggir pantai. Lantas apa saja daya tarik wisata pantai ini? Berikut daftarnya:

✦ Tampilan Matahari terbenam yang Luar Biasa

Seperti yang kami katakan di paragraf sebelumnya, lanskap matahari terbenam di Pantai Kejawanan ini sangat indah dan sering membuat takjub banyak orang. Bahkan, banyak pengunjung mengatakan pemandangannya matahari terbenam di sini bisa jadi primadona yang sayang untuk dilewatkan.

Saat matahari akan terbenam, sinar matahari mulai memudar dan langit berubah menjadi oranye dari biru cerah. Pemandangan ini semakin memukau, karena pengunjung juga bisa melihat siluet indah kapal-kapal yang mengelilinginya. Jadi ini mungkin waktu liburan yang sulit untuk dilupakan.

✦ Aneka warung kuliner makanan laut Tersedia

Bagi pengunjung yang merasa penat dan lapar setelah melakukan berbagai aktivitas seru di wisata pantai ini, rasa penat dan lapar tersebut dapat disingkirkan dengan menikmati berbagai makanan. makanan laut ditawarkan oleh warung makan di sini. Tak perlu khawatir soal harga, karena harga selalu cenderung terjangkau.

Sedangkan rasa itu sendiri bisa dikaitkan dengan cita rasa masakannya makanan laut restoran terkenal di Indonesia. Dengan demikian, wisatawan tidak akan kecewa setelah mengeluarkan banyak uang untuk menikmati berbagai hidangan yang terdapat di sana.

✦ Mitos Air Laut di Pantai Kejawanan

Daya tarik selanjutnya dari wisata pantai ini adalah mitos-mitos yang berhubungan dengan air laut, dari dulu sampai sekarang banyak orang yang percaya bahwa air laut disini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, stroke dan asam urat. Meski begitu, masih belum ada penelitian yang bisa membuktikannya.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengetahui mitos ini, para wisatawan dan penduduk lokal berlomba-lomba membawa pulang sebagian air laut dalam wisata pantai ini. Namun, tidak perlu terlalu percaya dengan mitos ini, karena sejauh ini belum ada ahli yang setuju dengan mitos tersebut.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai KejawananFoto: Google Maps/Miftahul Mubin

Pantai Kejawanan Cirebon terletak di Pegambiran, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat dan tidak jauh dari pelabuhan umum. Dengan kawasan yang mudah dijangkau, memungkinkan masyarakat untuk mengunjunginya menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti bus atau angkutan umum.

Namun, wisatawan akan lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat ingin berkunjung ke sini. Nantinya, perjalanan bisa dimulai dari pusat kota Cirebon yang hanya berjarak 5 km dari lokasi persisnya. Kemudian, dari pusat kota Cirebon, lanjutkan perjalanan menuju Jl. Sisingamangaraja.

Untuk menuju wisata pantai ini, wisatawan perlu melewati Jl. Wahidin dan Jl. Samadikun. Setelah itu, ikuti rambu-rambu jalan yang ada di sekitar kawasan hingga sampai di gerbang pelabuhan. Jika sudah sampai di pintu gerbang, wisatawan tinggal memasuki area pantai.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Selain alamat dan itinerary wisata, wisatawan juga perlu mengetahui berapa harga tiket masuk wisata bahari ini. Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah menyiapkan dana yang perlu dikeluarkan selama berlibur di sini. Harga tiket masuk pantai Kejawanan adalah Rp 6000 per orang dan ada beberapa jenis biaya tambahan lainnya.

Biaya tambahan ini sudah termasuk biaya parkir dan biaya sewa perahu karet bagi pengunjung yang ingin menyewanya. Jika tarif parkir motor di sini Rp 3.000, tarif parkir mobil di sini Rp 5.000. Sedangkan biaya sewa perahu kolek relatif lebih mahal yakni Rp 25.000 per jam.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai KejawananFoto: Google Maps/Fahmi Ruhyat

Ada berbagai jenis aktivitas yang bisa membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di pantai cantik ini. Beberapa kegiatan tersebut ada yang bisa dilakukan oleh anak-anak, namun ada juga yang hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Berikut beberapa jenis aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Kejawanan:

1. Naik perahu kayu atau karet menuju Pantai Kejawanan

Malas jalan-jalan keliling pantai di sini? Jadi, wisatawan bisa menyewa perahu kayu atau perahu karet di wisata pantai ini. Dengan menyewa salah satu jenis perahu ini, wisatawan akan diajak untuk mengarungi lautan yang indah. Dengan demikian, akan semakin banyak spot foto yang bisa digunakan.

2. Bersantai dan bermain pasir

Hamparan pasir yang luas di sini tidak hanya bisa dijadikan tempat bersantai, tapi juga bisa dijadikan tempat bermain anak-anak. Pasir di Pantai Kejawanan ini memiliki tekstur yang mudah dibentuk karena terkadang terkena air laut yang menerjang dari kedua sisinya.

3. Wisata kuliner

Karena di kanan kiri pantai yang indah ini terdapat berbagai warung makan yang enak, sehingga wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam yang ada disini, tapi juga berbagai makanan enak yang tersedia. Di balik rasanya yang enak, harga setiap hidangan di sini cukup terjangkau bagi sebagian orang.

4. Berenang

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di Pantai Kejawanan adalah berenang di pantai. Mengapa kami mengatakan berenang di pantai? Karena pengunjung tidak diperbolehkan berenang di tengah laut demi keselamatan diri sendiri. Nantinya, beberapa lifeguard akan memantau setiap pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai KejawananFoto: Google Maps/Titus Efferian

Tidak perlu khawatir kebutuhan liburan Anda tidak dapat terpenuhi dengan baik selama berkunjung ke sini, karena Pantai Kejawanan dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang sangat memadai. Berikut 6 fasilitas di Pantai Kejawanan yang bisa digunakan pengunjung:

  • Kamar mandi
  • Kamar bilas
  • ruang sholat
  • Area parkir
  • Toko kuliner
  • kursi pantai

Menghabiskan liburan di Pantai Kejawanan akan menjadi waktu liburan yang sulit untuk dilupakan. Mengapa demikian? Karena banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini. Bahkan, wisata pantai ini juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan wisata pantai Indonesia lainnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button