Pantai Watu Leter, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Watu Leter, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Tidak hanya terkenal sebagai tempat ramai para pelajar dari berbagai kota, Malang juga terkenal sebagai tempat indah yang memiliki beberapa pantai menawan. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah Pantai Watu Leter, dan itu bukan tanpa alasan.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama disini. Jarang ditemukan sampah atau kotoran yang dibuang sembarangan oleh pengunjung, sehingga pantai ini terlihat sangat bersih.

Tak heran jika Pantai Watu Leter menjadi destinasi yang paling wajib dikunjungi saat berlibur di Malang. Berikut beberapa informasi menarik tentang pantai ini yang tidak boleh Anda lewatkan.

Atraksi Pantai Watu Leter

Objek wisata Pantai Watu LeterKredit gambar: Facebook Wisata Kota Batu

Segala sesuatu di sekitarnya cukup menakjubkan, mulai dari pantai, laut, bahkan pepohonan di sekitarnya juga menambah keindahannya.

1. Pemandangan Matahari Terbenam yang Menawan

Sama seperti saat mengunjungi pantai pada umumnya, wisatawan yang singgah di Pantai Watu Leter juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari. Matahari sore akan begitu cerah dan cahaya yang perlahan meredup bisa terlihat saat Anda berada di pantai ini.

Untuk itu, banyak anak muda yang sangat mengapresiasi kondisi pantai ini dan memilihnya sebagai salah satu tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan. matahari terbenam dengan teman atau kerabat. Suasana romantis yang dihasilkan tentunya akan memukau semua orang dan tidak lupa dengan pemandangan matahari.

2. Batuan yang Menarik

Di pantai ini terdapat kumpulan bebatuan yang berjejer dan ukurannya bisa cukup bervariasi. Ada bebatuan yang sangat besar, namun ada juga yang cukup kecil dibandingkan bebatuan lainnya. Semuanya berada pada posisi yang strategis dan masih bisa dijangkau oleh pengunjung.

Meski batu karang ini tidak terlalu berbahaya untuk dihentikan, namun akan lebih baik jika pengunjung selalu memperhatikan keselamatan mereka saat berada di atas batu karang ini. Hal ini dikarenakan kumpulan batunya cenderung cukup licin, sehingga jika tidak hati-hati ada resiko pengunjung akan melukai diri sendiri dan berada dalam bahaya yang tidak diinginkan.

3. Dikelilingi oleh pepohonan

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Pantai Watu Leter adalah pepohonan yang begitu melimpah dan sangat rimbun. Hal ini terbantu dengan banyaknya pohon pinus yang mengelilingi pantai sehingga pengunjung tidak merasakan panas terik matahari saat berkunjung ke pantai ini.

Tidak hanya pohon pinus, pengunjung yang datang ke pantai ini juga akan menemukan hutan mangrove yang sangat lebat. Hutan menjadi alasan kenapa AC di pantai ini sangat sejuk dan berbeda dengan udara kotor yang biasanya ada di kota-kota besar.

4. Suasana tenang

Pantai Watu LeterKredit gambar: Instagram Watu Leter

Yang membuat Watu Leter begitu unggul dibanding yang lain adalah suasananya yang begitu tenang dan damai. Tidak akan ada kebisingan dari kendaraan berat seperti di kota atau kebisingan yang mengganggu kenyamanan pengunjung. Karena pengunjung yang datang ke pantai ini cukup sedikit dan tidak terlalu ramai.

Meski begitu, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Sebaliknya, masih banyak orang yang belum terlalu mengetahui keindahan tersembunyi yang ada di pantai ini. Untuk itu, pengunjung yang ingin berlibur bersama orang tersayang dalam diam juga lebih memilih menggunakannya.

5. Hamparan pasir yang lembut

Berhenti di Pantai Watu Leter, pengunjung akan langsung dibuat terpana dengan hamparan pasir yang luas dan mempesona. Warnanya kombinasi putih dan coklat, serta tidak ada sampah yang membuat pasirnya tidak menarik.

Pasirnya memiliki tekstur yang cukup lembut dan tidak akan menyakiti kaki Anda jika Anda berjalan tanpa alas kaki di atasnya. Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak mereka bermain pasir dengan membuat kastil mainan.

6. Air laut yang jernih

Daya tarik terakhir yang dimiliki pantai ini tentu saja air lautnya yang begitu bersih dan jernih tanpa tercemar oleh kotoran apapun. Air lautnya memiliki warna yang sangat menarik, yaitu perpaduan warna biru tua dan hijau toska yang berpadu sehingga menghasilkan pantulan air yang begitu memukau mata.

Saking jernihnya, pengunjung yang ingin menaiki kapal dapat dengan jelas melihat ikan-ikan kecil dan makhluk hidup lainnya berenang di bawah kapal tanpa harus menyelam terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena pengelola pantai menjaga kebersihan pantai ini dengan sangat hati-hati.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Watu NantiKredit Gambar: Informasi Instagram Malang Raya

Pantai Watu Leter memiliki lokasi yang cukup mudah dijangkau karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Terletak di kecamatan Sumbermanjing, tempat wisata ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat atau dua dengan waktu tempuh sekitar dua jam dari pusat kota.

Pengunjung yang ingin singgah di tempat ini disarankan memulai perjalanan dari pusat kota Malang agar lebih cepat sampai. Mulailah perjalanan dengan menuju ke arah Malang Selatan. Setelah melewati pantai Sendang Biru, Anda harus melewati pantai Goa Cina terlebih dahulu. Kemudian Anda berjalan selama 20 menit dan kemudian Anda tiba di tujuan Anda.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai Watu Malang NantiKredit gambar: Google Maps Bimo Irianto

Untuk mengunjungi pantai Watu Leter, biaya yang harus dibayar umumnya tidak terlalu mahal. Hanya dengan merogoh kocek 10.000 rupiah saja Anda sudah bisa memasuki pantai dan menikmati segala keindahan yang dipajang di sana. Biaya parkir juga murah, karena kendaraan roda dua dikenakan biaya 5.000 sedangkan mobil dikenakan biaya 10.000.

Lain halnya jika Anda berencana untuk berkemah di pantai ini bersama teman atau rombongan. Anda tidak perlu lagi membayar tiket, cukup membayar biaya parkir tambahan sebesar 3000 jika ingin menginap.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Watu Leter

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Masrur Rofi

1. Bersantai di cabana

Di area pantai Anda akan menemukan beberapa gubuk di sekitar pantai. Gubuk ini terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh, sehingga pengunjung bisa menggunakannya saat ingin beristirahat sejenak.

Anda bisa berbaring atau duduk sambil menikmati panorama di sekitar pantai yang sejuk. Untuk menikmati gubuk ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun sehingga Anda bisa bersantai selama mungkin.

2. Saksikan penyu bertelur

Salah satu keunikan Pantai Watu Leter adalah penyu sering melintasi pantai untuk bertelur. Kadang-kadang, penyu berjalan ke pantai dan bertelur dalam jumlah besar di pasir.

Fenomena ini terlihat jelas ketika mengunjungi pantai ini. Dengan semakin langkanya hewan ini, maka tidak heran jika pengelola pantai menjaga keberadaan penyu ini agar mereka bisa segera bertelur tanpa ada paksaan.

3. Berkemah semalaman

Seperti disebutkan sebelumnya, pengunjung dapat memanfaatkan kondisi pantai yang tenang untuk berkemah dan membangun tenda sendiri. Tentunya tenda harus ditempatkan pada posisi yang tidak terlalu dekat dengan air laut untuk mengantisipasi naiknya air laut secara tiba-tiba.

Pada malam hari, suasana di pantai ini selalu tenang dan Anda tidak akan mendengar gangguan yang mengganggu. Itulah mengapa pantai ini disebut sebagai tempat yang ideal ketika Anda ingin melepaskan diri dari pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang begitu melelahkan.

4. Snorkeling

Aktivitas di Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps iis aisyah

Pengunjung di Pantai Watu Leter dapat melakukan: snorkeling atau berenang bebas di air. Meski hanya diperbolehkan berenang hingga titik tertentu, namun keindahan lautnya begitu memukau.

Anda dapat membawa alat snorkeling dari rumah Anda atau membeli peralatan dari pihak yang menjual peralatan di sekitar pantai. Rasakan keindahan biota laut yang begitu indah hingga disentuh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

5. Berfoto dan bermain di pantai

Kegiatan terakhir yang tidak boleh dilupakan di pantai ini tentu saja memotret segala keindahan yang disuguhkannya. Bawalah kamera atau gunakan kamera ponsel untuk mengabadikan beberapa momen menakjubkan yang bisa dinikmati di pantai ini, terutama pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Selain fotografi, Anda juga bisa bermain bebas di pantai.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Watu nanti.Kredit Gambar: Google Maps Sendang Biru Homestay

Ada beberapa penginapan terdekat yang bisa Anda pilih saat berada di Pantai Watu Leter, antara lain:

1. Pondok Bambu

Pondok Bamboe adalah tempat yang tepat untuk menginap ketika Anda berada di pantai yang indah ini. Jarak menuju pantai ini tidak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 5 kilometer. Pengunjung dapat merasakan pelayanan eksklusif dari hostel ini.

2. Ariesta Homestay

Berikutnya adalah Ariesta Homestay. Jarak ke pantai hanya 4 kilometer, jadi tidak akan memakan waktu terlalu lama untuk mengunjungi pantai. Harganya cukup murah, dan bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan orang yang dibawa.

3. Keluarga angkat Labda Asri

Akhirnya Homestay Labda Asri bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung. Hanya berjarak 3 kilometer, hostel ini memiliki fasilitas yang begitu mewah meski biaya menginapnya tidak terlalu mahal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Watu LeterKredit gambar: Google Maps Seno Sandi

Di Pantai Watu Leter terdapat beberapa fasilitas yang sangat memadai dan mampu memuaskan pengunjung. Dari toilet yang bersih, mushola untuk beribadah dan tempat parkir yang tidak terlalu jauh dari pantai.

Jika pengunjung lapar, tidak perlu khawatir karena sudah banyak warung yang menjajakan makanan tertentu di pinggir pantai. Makanan yang disajikan juga sangat enak dan dijamin mampu menghalau perut yang berdenyut.

Demikian informasi mengenai Pantai Watu Leter yang bisa anda perhatikan jika anda berencana untuk mengunjungi pantai tersebut. Jika Anda masih belum tahu rute mana yang paling cocok untuk menuju pantai, gunakan petunjuk arah yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button