Pantai Karang Hawu, pantai indah dengan legenda Nyi Roro Kidul di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Pantai Karang Hawu, pantai indah dengan legenda Nyi Roro Kidul di Sukabumi

Pantai Karang Hawu, pantai indah dengan legenda Nyi Roro Kidul di Sukabumi

Pantai Karang Hawu adalah salah satu pantai di Teluk Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Keindahan yang berbeda membuat pantai ini menjadi favorit para wisatawan.

Harga tiket: Rp 2.600 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cikakak, Kec. Cilosok, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Karang Hawu merupakan salah satu pantai di Jawa Barat yang memiliki pesona menarik dan unik. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan sejuta pesona wisata pantai yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Banyak wisatawan menjadikan tempat ini sebagai kunjungan favorit.

Pantai indah di Jawa Barat ini terkenal dengan nuansa mistis yang dikaitkan dengan mitos penguasa pantai selatan. Masyarakat setempat juga mempercayai mitos Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan. Beberapa wisatawan percaya dan beberapa tidak percaya mitos ini.

Tidak hanya itu, tanah yang indah ini juga terkenal dengan ciri khas tebing pantai yang menjorok ke laut, Karang yang menjorok ke laut dengan lubang di beberapa bagian memberi julukan pantai ini Karang Hawu. Selain itu, lubang tersebut berbentuk seperti oven atau hawu dalam bahasa Sunda.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Karang Hawu

Objek Wisata Pantai Karang HawuFoto: Google Maps/Imron Rosyadi (saluran IR)

Beragam atraksi di Pantai Karang Hawu, Sukabumi semakin menarik minat wisatawan. Selain mitos yang diyakini warga sekitar, masih banyak wisatawan yang fokus pada keindahan pantai dan daya tariknya.

✦ Legenda Nyi Roro Kidul

Menurut sejarah masyarakat setempat, hal itu bermula dari Putri Prabu Siliwangi atau Nyi Roro Kidul yang memiliki wajah cantik dan halus. Hal ini justru menimbulkan rasa iri hati para selir raja. Pada akhirnya para selir mengirimkan sihir yang menyebabkan sang putri menderita penyakit kulit.

Penyakitnya tidak dapat disembuhkan, sehingga sang putri dengan mudah diusir dari istana. Kemudian Nyai Roro Kidul berjalan ke selatan lalu bertapa di Bukit Karang Hawu. Singkat cerita, sang putri bisa sembuh namun akhirnya menjadi warga Pesisir Selatan dengan julukan Ratu Pantai Selatan.

✦ Pantai yang indah dengan segala pesonanya

Pantai yang indah ini memiliki ombak yang cukup kuat namun sangat menenangkan. Kondisi pantai yang terlihat sangat asri akan membuat wisatawan melupakan segala rasa was-was.

✦ Pegunungan Ulama

Dari bibir pantai, wisatawan dapat dengan jelas melihat dua buah gunung yang terlihat megah. Kedua gunung tersebut adalah Pegunungan Rahayu dan Pegunungan Winarum. Daerah dataran tinggi memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa menjumpai tempat suci dan keramat Ulama Agung Sukabumi bernama Syeh Hasan Ali. Sebelumnya, tempat ini merupakan tempat bersejarah dan tempat pertemuan 40 ulama besar.

✦ 7 sumur menakjubkan

Sumur yang dimaksud bukanlah seperti sumur pada umumnya, melainkan cekungan yang dikelilingi bebatuan. Disebut 7 sumur karena terdapat 7 sumur yang memiliki kegunaan yang unik. Karang ini berbentuk melingkar dan memanjang ke bawah dan dianggap sebagai tempat penyembuhan penyakit medis dan non medis.

✦ Spot foto terbaik pantai Karang Hawu terbaru

Tidak hanya ombaknya yang besar, warna biru lautnya juga bisa digunakan untuk berselancar. Bagi wisatawan yang suka berfoto, Pantai Karang Hawu tentu menjadi pilihan yang tepat dengan pemandangan yang memukau. Apalagi ada berbagai spot foto terbaik yang hampir sama dengan pantai-pantai di Pulau Dewasa.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Karang HawuFoto: Google Maps/Kl Enzo

Alamat Pantai Karang Hawu terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cilosok, Sukabumi, Jawa Barat. Tempatnya sendiri dekat dengan kawasan wisata Pelabuhan Ratu, sekitar 16 kilometer dari pasar ikan Pelabuhan Ratu. Lokasi yang strategis ini semakin menarik wisatawan untuk berlibur.

Apalagi akses menuju pantai Karang Hawu cukup mudah karena bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkutan umum dari Pelabuhan Ratu dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah.

Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dari Jawa Tengah disarankan menggunakan tol Cipali untuk menghemat waktu tempuh 1 jam. Bagi wisatawan dari Jakarta, Bekasi, dan Tangerang bisa melalui tol Jagorawi. Sedangkan wisatawan dari Banten dapat menggunakan jalur Pantura Express melalui Tol Merak.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Harga tiket masuk ke pantai Karang Hawu sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 2.500 per orang. Biaya inipun sudah termasuk biaya parkir kendaraan roda dua. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat, berarti membayar biaya parkir.

Dengan harga terjangkau, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan tebing dan deburan ombak laut yang menggoda.Waktu buka pantai mempesona ini 24 jam sehari. Pengunjung harus selalu menjaga kebersihan dan bersikap sopan meskipun harga tiket masuknya murah.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Karang HawuFoto: Google Maps / Sigsur

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Karang Hawu. Tentunya kegiatan ini akan membuat wisatawan semakin betah untuk mengunjungi pantai indah ini.

1. Lihat ombak besar

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan adalah mengamati ombak besar. Biasanya beberapa peselancar memanfaatkan ombak besar tersebut untuk berselancar di Pantai Karang Hawu. Namun bagi pemula tidak disarankan untuk bermain selancar, nikmati saja ombaknya yang besar.

2. Memancing di Pantai Karang Hawu

Bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing juga bisa melakukan aktivitas tersebut di pantai. Menikmati aktivitas memancing sambil menunggu matahari terbenam merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Ada berbagai jenis ikan yang bisa didapatkan dengan memancing di pantai.

3. Mengunjungi Tugu Nyi Roro Kidul

Berdasarkan mitos pantai Karang Hawu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas mengunjungi Petilasan Nyi Roro Kidul. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pantai membuat pengunjung sering datang ke sini. Tepatnya terletak di Gunung Winarum yang dikeramatkan, bersebelahan dengan makam Syekh Hasan Ali.

4. Nikmati memasak

Kegiatan berwisata tidak akan seru jika belum menikmati kuliner yang tersedia. Di pantai cantik ini tersedia beragam makanan, mulai dari olahan seafood hingga makanan khas Sukabumi. Yang lebih seru lagi, kuliner yang tersedia bisa dinikmati sambil melihat pantai yang indah dan menawan.

5. Menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam

Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit di pantai yang indah ini akan sangat memukau, apalagi dengan ombaknya yang besar. Hamparan pasirnya yang luas menciptakan pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Hal ini tentu saja bisa membuat siapa saja terpesona saat berkunjung ke pantai bernama Karang Hawu ini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Karang HawuFoto: Google Maps/Agung Rizqi Syelandi

Tidak hanya ombak, mitos, tebing, matahari terbit dan terbenam, pantai yang indah ini lebih dari itu. Berbagai fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, mushola, restoran, toko luka mata, persewaan papan selancar juga tersedia. Wisatawan pasti merasa nyaman dengan fasilitas yang disediakan.

Pantai Karang Hawu memang cocok dijadikan destinasi wisata dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Terlepas dari mitos yang ada, pantai cantik ini menyuguhkan pemandangan yang unik dan menawan. Selain itu, lokasi rute yang mudah membuat pantai ini semakin menarik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button