Perkemahan di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Perkemahan di Jawa Timur

SURABAYA, iNews.id – Perkemahan di Jawa Timur (Jatim) kini banyak diminati oleh para pecinta liburan outdoor. Selain memiliki beberapa tempat perkemahan, perkemahan Jawa Timur juga terkenal dengan panorama yang indah dan udara yang sejuk.

Selain itu, kebanyakan camping ground juga memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari kamar mandi bersih, mushola, taman bermain anak, instalasi listrik dan air hingga spot foto Instagrammable.

Perkemahan di Jawa Timur tidak hanya tersedia di daerah pegunungan tetapi juga di daerah pesisir. Tempat ini cocok bagi anda yang menyukai suara deburan ombak, memancing dan sejenisnya.

Di bawah ini adalah rekomendasi tempat camping di Jawa Timur untuk dikunjungi bersama keluarga.

tempat tidur pertama

tempat tidur malang  (Foto: travellingyuk).tempat tidur malang (Foto: travellingyuk).

Perkemahan di Jawa Timur ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang suka bermain air. Hal ini dikarenakan lokasi perkemahan ini dilalui oleh aliran Sungai Kalisat yang jernih.

Anda bisa mendirikan tenda tepat di tepi sungai ini. Suara percikan air

Tingkat kesejukannya tidak perlu diragukan lagi. Perkemahan tidak hanya terletak di perbukitan, tetapi juga di tengah hutan pinus.

Situsnya juga cukup luas, yaitu sekitar 2,5 hektar (ha). Terletak di Desa Perhutani Dudun Slekoerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tempat ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari Jalan Raya Malang-Batu.

Selain itu, Bedding juga dilengkapi dengan fasilitas mulai dari booth, tempat duduk hingga Flying Fox. Karena keindahan alamnya, beberapa wisatawan menyebut tempat tidur sebagai salah satu yang paling direkomendasikan.

2. Taman Rumah Mobil Batu

Taman RV Batu.  (Spesial).Taman RV Batu. (Spesial).

Perkemahan di Jawa Timur ini merupakan salah satu tempat yang paling populer, terutama bagi mereka yang tidak ingin jauh dari mobil. Karena tempat perkemahan di sini tertata dengan jelas dan menawarkan tenda dan tempat parkir serta pasokan listrik dan air dalam satu tempat atau petak.

Ukurannya pun beragam, dari versi standar satu mobil dan satu tenda hingga versi deluxe tiga mobil dan tiga tenda. Penataan ini juga membuat perkemahan ini lebih privat.

Jangan khawatir jika Anda tidak membawa tenda atau perlengkapan camping. Karena perkemahan ini memiliki segalanya mulai dari peralatan masak, selimut, kasur hingga lubang api.

Jangan tanya tentang suasana. Karena berada di lereng Gunung Panderman Batu, sejuk sekali. Bahkan di sore hari, tempat ini selalu berkabut, sehingga berkemah Anda terasa tenang.

3. Taman Hutan Mojosemi

Taman Hutan Raya Mojosemi (Foto: Mearindo).Taman Hutan Raya Mojosemi (Foto: Mearindo).

Salah satu bumi perkemahan di Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan liburan Anda selanjutnya adalah Taman Hutan Raya Mojosemi. Perkemahan ini terletak di Jalan Raya Sarangan, Kabupaten Magetan, atau sekitar 1 kilometer di atas Telaga Sarangan.

Lokasi perkemahan ini cukup sejuk karena berada di tengah hutan pinus. Kabut tebal sering turun di tempat ini, yang membuat perkemahan ini menyenangkan.

Perkemahan ini terletak di kompleks wisata Mojosemi. Di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan anak untuk membuat liburan Anda menyenangkan.

Berdasarkan catatan Indonesia, Mojosemi awalnya adalah tempat perkemahan. Namun pengelola tempat ini, seiring dengan perkembangannya, membangun taman dinosaurus yang bisa bergerak dan berbagai pilihan permainan lainnya.

Sejak saat itu, kawasan ini tidak pernah sepi pengunjung. Selain itu, ada juga coffee shop dan food court yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Kini Taman Hutan Raya Mojosemi menjadi tempat wisata yang populer di Magetan. Selain tempatnya yang asyik, ada banyak paket wisata di tempat ini. Harga tiketnya juga sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

4. Campuran Pacet

Perkemahan Padusan Pacet.  (sendiri).Perkemahan Padusan Pacet. (sendiri).

Perkemahan di Jawa Timur ini lebih baik dibandingkan dengan tempat perkemahan lain di Jawa Timur. Karena tidak ada tiket alias gratis.

Meski gratis, fasilitas di bumi perkemahan ini terbilang lengkap. Karena sudah ada empat kamar mandi bersih dengan air yang tidak pernah berhenti. Anda juga bisa mendirikan tenda tepat di samping mobil, jadi tidak perlu khawatir jika membawa banyak perbekalan.

Lebih asyiknya lagi, di tempat ini juga terdapat aliran air yang cukup deras. Jadi Anda tidak perlu repot hanya untuk mengambil air untuk mencuci, memasak atau bahkan bermain untuk anak-anak.

Di sekitar lokasi juga terdapat toko yang buka 24 jam. Jika Anda malas memasak, Anda bisa memesan makanan dan minuman di tempat, termasuk sambungan listrik untuk penerangan atau lainnya.

Lokasi perkemahan ini tepat di atas pasar wisata Pacet dengan air panas. Areanya juga cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk camping massal.

5. Pulau Bawean

Nusantara di Gresik sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu pulau yang terkenal adalah Pulau Bawean. Terkenal dengan rusanya, pulau ini menawarkan sisi keindahan yang berbeda saat Anda menikmati sunset dan sunrise di lokasi yang sejuk.

Jadi sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin melakukan kegiatan camping dan bermalam di pulau bawean ini.
Alamat: Kumalasa, Sangkapura, Gresik, Jawa Timur.

6. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo (khusus).Ranu Kumbolo (khusus).

Perkemahan di Jawa Timur yang patut Anda coba adalah Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru, Lumajang. Berada di ketinggian 2.400 m dpl, bumi perkemahan ini sangat sejuk.

Lokasinya yang berada tepat di tepi Danau Ranu membuat perkemahan ini menjadi pilihan utama para pemanjat tebing. Selain itu, di belakang danau juga terdapat dua bukit hijau yang menjulang tinggi yang membuat bumi perkemahan ini indah.

Dikutip dari situs pendakian Napaktilas. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Abdurrahman Saleh di Malang. Untuk perjalanan santai, Anda juga bisa naik kereta api ke Stasiun Kota Baru di Malang.

Dari kota Malang, cukup naik angkutan umum ke desa Tumpang. Kemudian berhenti di Terminal Tumpang. Selanjutnya naik jeep sewaan, berkendara ke Ranu Pani lalu jalan kaki ke Ranu Kumbolo, jalan kaki juga cukup mudah.

7. Bernah de Vallei

Camping Bernah di Vallei PacetCamping Bernah di Vallei Pacet

Perkemahan terdekat di Jawa Timur adalah Bernah de Vallei. Bumi perkemahan ini terletak di kawasan pegunungan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, lokasi yang cukup besar memberi Anda kesempatan untuk memilih tempat yang strategis untuk mendirikan tenda. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan sungai, kolam renang atau fasilitas umum lainnya.

Perkemahan ini menawarkan kesejukan dan pemandangan alam serta hutan pinus yang indah. Di area camping terdapat aliran sungai yang jernih, serta taman bermain anak dan kolam renang.

Banyaknya taman bermain yang tersedia membuat bumi perkemahan ini cocok untuk keluarga. Karena ada banyak atraksi yang menghibur untuk anak-anak. Ada persewaan ATV, taman kelinci, auto pad dan outbond ground, serta spot foto yang instagramable.

8. Welut Panggang Puthuk

Putuk Panggang Welut (Foto: IG @roryasrory).Putuk Panggang Welut (Foto: IG @roryasrory).

Perkemahan Jawa Timur ini terletak di lereng Gunung Penanggungan. Berbaring di bawah hutan pinus membuat perkemahan ini sangat sejuk. Cocok untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga di akhir pekan.

Dikutip dari situs Napaktilas, banyak fasilitas pendukung di sekitar perkemahan. Mulai dari warung yang menjual makanan dan minuman murah hingga mushola dan toilet. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto-foto seru, karena banyak spot-spot yang instagramable.

Selain hutan pinus, ada dua air terjun yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu Coban Curah Watu dan Coban Watu Gedeg. Di bawah air terjun terdapat sungai kecil dengan bebatuan yang cukup licin dan tajam. Jadi berhati-hatilah jika ingin bermain air di sini. Jalur menuju air terjun juga lebih curam dan cukup menguji kesabaran.

Layaknya perkemahan keluarga, tempat ini juga menyediakan listrik dan air bersih. Namun untuk mengaksesnya harus menggunakan peralatan sendiri seperti kabel atau selang.

9. Alas Pelangi

Alas pelangi (Foto: Wisata).Alas pelangi (Foto: Wisata).

Perkemahan di Jawa Timur yang patut Anda coba adalah Alas Pelangi di Kecamatan Trawas, Mojokerto. Seperti bumi perkemahan Mojokerto pada umumnya, bumi perkemahan Alas Pelangi berada di bawah hutan pinus, jadi jangan khawatir panas.

Menariknya, bumi perkemahan di sini juga terletak di Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang. Pada malam hari, pemandangan kota Mojosari terlihat seperti gugusan bintang. Ditambah dengan udara yang dingin, suasana menjadi lebih romantis.

Mengingat banyaknya keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika Alas Pelangi menjadi salah satu tempat camping yang paling populer di Trawas bagi para wisatawan.

Akses menuju tempat ini juga relatif mudah. Dikutip dari situs Napaktilas, untuk menuju tempat ini Anda harus melewati jalan menanjak yang berasal dari Kota Mojosari. Namun, kemiringannya tidak curam dan masih bisa dilalui tanpa kendala. Jalan sudah aspal mulus. Sehingga sangat nyaman untuk disalip oleh sepeda motor dan mobil.

Penerbit : Ihya Ulumuddin

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: jatim.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button