Pulau Kelapa, pulau indah dengan keindahan bawah laut di Jakarta - WisataHits
wisatahits

Pulau Kelapa, pulau indah dengan keindahan bawah laut di Jakarta

Pulau Kelapa, pulau indah dengan keindahan bawah laut di Jakarta
Harga tiket: Dari Rp 200.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Kelapa, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Kelapa merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Kepulauan Seribu Jakarta yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini memiliki berbagai atraksi yang ditawarkan.

Kawasan Kepulauan Seribu memang menjadi tempat wisata paling populer di kawasan Jabodetabek. Menyuguhkan keindahan alam yang sangat asri, banyak aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan di kawasan kecil Jakarta ini. Pulau Kelapa adalah salah satu tempat wisata terbaik untuk dikunjungi.

Sama seperti Pulau Harapan yang juga merupakan bagian dari kawasan Kepulauan Seribu, pulau yang banyak ditumbuhi pohon kelapa ini memiliki penduduk mayoritas suku Bugis dan Mandar. Di sepanjang garis pantai, wisatawan akan terpukau dengan deretan pohon bakau yang menghijau.

Sedangkan di sisi lain pulau yaitu dermaga timur dan utara dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi untuk digunakan melaut Pulau Kelapa sendiri termasuk dalam salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki penduduk cukup padat.

Atraksi Pulau Kelapa

Objek Wisata Pulau Kelapa JakartaKredit gambar: Twitter pulau cinta

Seperti kebanyakan pulau di Kepulauan Seribu yang dijadikan destinasi wisata, Pulau Kelapa memiliki daya tarik utama berupa keindahan alam lautan, pantai dan pulau-pulau yang selalu asri. Berikut adalah atraksi utama yang ditawarkan:

1. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik utama pulau di Kepulauan Seribu ini tentu saja pemandangan alamnya yang indah. Pulau dengan luas sekitar 13 hektar ini dikelilingi oleh lautan biru dengan perairan yang jernih. Wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan alam berupa hamparan pasir putih bersih di tepi pantai.

Apalagi di pinggir pantainya dikelilingi rimbunnya pohon kelapa dan deretan hutan bakau yang membuat pemandangan semakin asri dan segar.

2. Wisata Kehidupan Laut

Selain menikmati pemandangan alam laut dan pantai yang luas, daya tarik yang ditawarkan Pulau Kelapa juga termasuk wisata biota laut.

Pulau ini memiliki konservasi penangkaran penyu yang bisa dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui seluk beluk hewan laut ini. Penangkaran penyu di pulau ini dapat dijadikan sebagai tempat edukasi yang menarik bagi anak-anak untuk belajar cara merawat penyu dan mengenal berbagai jenis penyu.

Apalagi habitat terumbu karang yang masih alami di bawah laut juga bisa langsung dinikmati wisatawan.

3. Sajikan seafood segar

Layaknya pulau wisata lain di kawasan Kepulauan Seribu yang kaya akan hasil tangkapan hewan laut, Pulau Kelapa juga menawarkan atraksi sajian hewan laut segar yang baru ditangkap nelayan.

Wisatawan bisa mencicipi aneka hidangan seafood seperti ikan segar, udang, kerang, kepiting dengan harga terjangkau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Kelapa JakartaKredit Gambar: Google Maps Sri R

Pulau Kelapa merupakan salah satu pulau yang berada di kawasan gugusan Kepulauan Seribu. Pulau wisata ini terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Untuk keluar dari Kepulauan Seribu hanya ada satu pilihan transportasi yaitu transportasi laut karena pulau ini terletak terpisah dari DKI Jakarta. Beberapa rute bisa ditempuh untuk menuju ke sana dari beberapa dermaga atau pelabuhan di Tangerang dan Jakarta.

Rute pertama yang bisa ditempuh adalah dari Pelabuhan Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang dari pelabuhan Marina Ancol menuju pulau ini kurang lebih 1-2 jam.

Sedangkan penyeberangan dari Pelabuhan Muara Angke memakan waktu sekitar 2,5-3 jam dengan kapal feri.

Biaya perjalanan ke Pulau Kelapa

Tiket Pulau Kelapa JakartaKredit gambar: Google Maps Daeng Adri

Tarif masuk ke salah satu pulau wisata Kepulauan Seribu ini sangat terjangkau, hanya Rp 5.000. Konsekuensi anggaran yang harus disiapkan adalah biaya transportasi atau penyeberangan ke pulau atau pulang dari pulau.

Anggaran penyeberangan berbeda-beda tergantung rute yang ditempuh. Misalnya, jika wisatawan berangkat dari Pantai Marina Ancol, maka biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp200.000 hingga Rp250.000 untuk boat trip.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kelapa

Kegiatan di Pulau Kelapa JakartaKredit gambar: Google Maps Muhammad Hadyan Azizi Wisesa

Dengan total jumlah pulau di Kepulauan Seribu yang mencapai hampir 300 pulau, ada banyak pilihan wisata yang bebas dipilih wisatawan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan tempat lainnya.

1. Berfoto di Spot Keren

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi tempat wisata tentu saja berburu spot foto yang keren. Termasuk dalam gugusan pulau Kepulauan Seribu, pulau ini sangat kaya akan spot foto yang keren dan menakjubkan.

Wisatawan bisa menyusuri pantai untuk mencari tempat terbaik untuk berfoto bersama teman, keluarga atau sendiri. Biasanya wisatawan memilih berfoto pada sore hari saat matahari terbenam karena pemandangannya lebih menawan.

2. Mengunjungi Pulau Harapan melalui jembatan

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di pulau cantik ini adalah mengunjungi pulau terdekat melalui jembatan yaitu Pulau Harapan. Sebuah jembatan kayu dibangun untuk menghubungkan Pulau Kelapa ke Pulau Harapan.

Adanya jembatan ini tentunya memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Harapan tanpa harus menggunakan transportasi laut lagi. Jadi wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih jika ingin mengunjungi pulau selanjutnya karena cukup berjalan kaki menyeberangi jembatan.

3. Olahraga air

Bosan berkeliling pulau dan berfoto? Pulau Kelapa juga menyuguhkan aktivitas menarik berupa water sport yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang.

Air lautnya yang jernih dengan biota laut yang masih alami membuat banyak wisatawan memilih untuk snorkeling atau scuba diving di sini. Banyak wisatawan yang memilih menyelam ke laut untuk melihat keindahan terumbu karang dengan ikan laut yang berwarna-warni.

Sedikitnya ada 20 spot snorkeling di pulau ini, seperti Pulau Macan, Kayu Angin Genteng dan lain-lain.Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak anaknya bermain air atau berenang di pantai. Air laut dengan ombak yang tenang membuat aman untuk berenang bersama anak-anak di tepi laut.

4. Bersantai di bawah pohon yang sejuk

Setelah lelah berkeliling pulau, wisatawan bisa duduk santai di bawah rimbunnya pohon bakau yang berjejer sempurna di sepanjang pantai. Tak hanya dipenuhi pohon kelapa, ternyata pulau ini juga memiliki hutan bakau yang cukup luas.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Memasang Pulau Kelapa JakartaKredit gambar: Google Maps Seongchoul Myung

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kelapa cukup lengkap mengingat pulau ini memiliki penduduk tetap yang sudah lama tinggal di sana. Fasilitas umum juga telah disediakan oleh pemerintah setempat untuk mendukung kegiatan wisata di kawasan Kepulauan Seribu.

Beberapa fasilitas yang tersedia di pulau ini antara lain homestay, warung makan dan kafe, tempat ibadah, fasilitas kesehatan umum, taman bermain anak, ATM dan lain-lain.

Seperti namanya, pulau kelapa memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar pulau. Letak pulau ini sendiri berdekatan dengan pulau-pulau terkenal lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka, dll. Sehingga banyak wisatawan yang memutuskan untuk singgah di sana untuk beristirahat di pulau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button