PANTAI TANJUNG BIRA Tiket dan Kegiatan - WisataHits
wisatahits

PANTAI TANJUNG BIRA Tiket dan Kegiatan

PANTAI TANJUNG BIRA Tiket dan Kegiatan

Harga tiket masuk Pantai Tanjung Bira : Rp 10.000 – Rp 30.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Bontobahari, Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia, 92571.

Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu destinasi menawan yang identik dengan Kabupaten Bulukumba. Pesona keindahannya sangat menawan dengan hamparan pasir putih dan gradasi air laut tiga warna Di hari yang cerah, birunya langit terpantul menjadi primadona laut di ujung Sulawesi Selatan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Saat memasuki area pantai, pengunjung harus membayar tiket. Harga tiket yang ditawarkan juga relatif terjangkau. Tiket ditetapkan dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada hari kunjungan wisatawan.

Biaya masuk
Hari Pelancong domestik Pelancong asing
Tiket masuk dari Senin sampai Jumat Rp 10.000 Rp 20.000
Tiket masuk Sabtu – Minggu, hari libur nasional Rp 15.000 Rp30.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi PANTAI BARA Bulukumba

Jam buka

Menikmati keindahan pantai ini bisa dilakukan kapan saja. Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari dan tidak ada batasan waktu untuk berkunjung.

Waktu operasional Jam buka
Setiap hari 24 jam

Berbagai Aktivitas di Pantai Tanjung Bira

Keindahan pantai ini memang sudah terkenal tidak hanya di Sulawesi Selatan saja. Tapi juga di kalangan wisatawan domestik. Hamparan pasir putih dan gradasi 3 warna air laut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain berbagai kegiatan menarik lainnya. Ini beberapa.

Menikmati keindahan pantai

Warna air laut tiga lapis mempesona di pantai Tanjung Bira, Bulukumba Tiga lapis warna air lautnya mempesona – Foto: GoogleMaps/Aricko Khena Kaban

Pantai Tanjung Bira terletak di ujung selatan daratan provinsi Sulawesi Selatan. Perairan lautnya memiliki tiga lapisan warna yang terlihat indah dari jauh. Gradasi warnanya hijau muda kebiruan yang memantulkan langit biru.

Identik dengan Bulukumba, pantai ini terkenal dengan panorama lautnya yang tidak ada bandingannya dengan Maladewa. Wisatawan dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam pantai. Laut biru bersih dengan ombak kecil tenang terbentang luas.

Baca: Tiket Masuk PANTAI LOSARI dan Berbagai Kegiatannya

Pantai pasir putih

Pasir putih halus di pantaiBerjalan tanpa alas kaki di atas pasir putih halus – Foto: Instagram/rjtandini

Wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang relatif sepi, tidak seramai wisata pantai lainnya. Keindahan pantai pasir putih dan laut biru bisa dinikmati sebagai private beach. Suasana nyaman yang disajikan di sini memberikan efek relaksasi, terutama di pagi hari.

Ciri khas lainnya adalah memiliki pasir putih yang halus dan bersih di sepanjang garis pantai. Wisatawan bisa berjalan tanpa alas kaki di atas pasir yang dingin sambil menikmati pemandangan. Tekstur pasirnya yang lembut menemani wisatawan menyusuri kawasan pesisirnya.

Di sisi timur pantai Anda bisa melihat bukit-bukit kapur yang tertata alami. Selain jalan santai, wisatawan bersama keluarga dan anak-anak suka bermain pasir di sini. Mereka membangun istana pasir untuk mengubur sebagian tubuh mereka di dalam pasir untuk menambah keceriaan liburan mereka.

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Berenang

Air laut di pantai ini begitu jernih dengan pantulan cahaya berwarna hijau kebiruan. Kejernihan air lautnya seakan menggoda wisatawan untuk menikmati kesegarannya. Wisatawan yang tidak bisa berenang bisa menyewa ban pelampung untuk bermain di air.

Wahana banana boat di Pantai Tanjung Bira

Wisatawan yang ingin aktivitas lebih menantang bisa mencoba wahana tersebut perahu pisang. Sarana hiburan ini biasanya menjadi permainan favorit para wisatawan. Perahu karet berbentuk pisang ini bisa menampung lima orang sekaligus.

Wisatawan bisa merasakan serunya menantang arus saat wahana air ini ditarik oleh perahu motor. Dalam permainan water sports ini, wisatawan akan diajak berkeliling pantai sebanyak tiga kali.

Berlari

Peserta Event Sport Tourism di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan - unafajarSalam kepada para pelari yang mengikuti event sport tourism – ​​Foto: Instagram/unafajar

Kawasan Pantai Tanjung Bira yang landai menjadi tempat yang tepat untuk berlari. Beberapa acara olahraga juga diselenggarakan di tempat wisata ini. Peserta akan berlari sambil menikmati keindahan alam dan pantai Bulukumba.

Sebuah acara wisata olahraga Acara yang berlangsung adalah Bira Beach Run yang diikuti oleh banyak pelari. Sembari menyusuri pantai, peserta bisa berswafoto di tempat-tempat menarik yang mereka lewati.

Acara olahraga yang diadakan di tempat wisata ini memiliki nilai besar dalam mempromosikan pariwisata. Turis asing yang mengikuti wisata olahraga Sekitar 60% akan kembali melakukan perjalanan.

Menikmati sunset di Pantai Tanjung Bira

Menikmati momen sunset di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan - Andi Pangeran RezaMenikmati sunset di pantai Tanjung Bira – Foto: GoogleMaps/Andi Prince Reza

Sambil bersantai di sore hari, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai yang menenangkan. Terutama menyaksikan matahari kembali ke atas tempat tidur dan melukis cakrawala. Banyak wisatawan yang menunggu saat rona jingga bersinar di ufuk barat.

Tidak hanya matahari terbenam, Pantai Tanjung Bira juga menawarkan panorama Matahari terbit yang sama menawannya. Matahari terbit langsung terlihat dari cakrawala laut lepas di depan pantai.

Menginap untuk malam ini

Berbagai jenis akomodasi tersedia di area dekat pantaiAkomodasi di kawasan Pantai Tanjung Bira – Foto: Foto: Instagram/minantyrochantha

Untuk menikmati waktu liburan yang lebih fleksibel, wisatawan bisa bermalam di Tanjung Bira.

Wisatawan dapat menemukan penginapan mulai dari hotel, villa hingga bungalow yang langsung menghadap ke laut.Wisatawan juga dapat memilih untuk bermalam dengan menyewa homestay di rumah warga sekitar pantai.

Akomodasi di kawasan pantai seringkali penuh saat musim liburan. Biasanya wisatawan berjumlah puluhan, namun pada akhir pekan mencapai ratusan. Apalagi untuk liburan panjang, wisatawan bisa mencapai lebih dari seribu orang.

Snorkling di Tanjung Bira

Snorkeling di Tanjung BiraSnorkeling di perairan dekat Pantai Tanjung Bira – Foto: Instagram/pritta_damanik

Melakukan tuba di perairan Pantai Tanjung Bira, wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Liukang. Dari bibir pantai, pulau ini terlihat jelas karena letaknya yang persis di depan pantai. Untuk mencapai Liukang Loe, wisatawan bisa menyewa perahu motor sekitar 10-15 menit.

Penyelaman permukaan di sini populer di kalangan wisatawan karena biota bawah lautnya yang indah. Air lautnya yang sangat jernih membuat pemandangan bawah laut yang menakjubkan terlihat jelas. Wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang, bintang laut dan ikan laut yang berwarna-warni.

Wisata budaya di tempat produksi Pinisi

Di lokasi Pantai Tanjung Bira, Anda bisa menemukan banyak persewaan sepeda motor untuk menjelajahi kawasan tersebut. Selama kunjungannya, wisatawan bisa singgah di Tanah Beru, tempat pembuatan perahu pinisi. Lokasi tempat wisata budaya ini tidak jauh dari pantai.

Desa ini dikenal sebagai sentra pembuatan kendaraan laut yang menjadi kebanggaan masyarakat Bugis oleh para pengrajin lokal. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan kapal terkenal dunia. Sejumlah negara telah memesan perahu layar tradisional dari Indonesia ke desa ini.

Umumnya kapal phinisi memiliki dua tiang utama dan tujuh layar. Tiga layar berada di depan, dua di depan dan dua di belakang. Sebuah perahu setinggi 13 meter dan panjang 40 meter dibangun dalam sembilan bulan.

Kuliner khas

Berada di pinggir pantai membuat menu utama kawasan pantai Tanjung Bira bertema makanan laut. Beberapa masakan khas Manado dan Toraja disajikan di restoran sekitar kawasan wisata. Rasanya yang pedas dan asam serta menggunakan banyak bumbu menjadi ciri khas kulinernya.

Rata-rata bahan baku yang terdapat pada pilihan menu adalah ikan laut Konro dan Coto Makassar juga menjadi pilihan wisatawan untuk citarasa tradisional.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Bira

Obyek wisata pantai ini terletak di Jl Bontobahari, Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571. Jaraknya sekitar 200 km atau 4-5 jam perjalanan dari Makassar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button