Curug Cimahi Exotic Bandung Wisata Air Terjun Tertinggi - WisataHits
wisatahits

Curug Cimahi Exotic Bandung Wisata Air Terjun Tertinggi

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug atau juga dikenal dengan sebutan air terjun merupakan wisata alam yang cocok untuk dijadikan liburan yang penuh aksi. Di Bandung terdapat sebuah air terjun yang cukup terkenal dengan keunikannya, yaitu Curug Cimahi. Terletak di Cimahi, sesuai dengan nama air terjunnya. Ketinggiannya mencapai 87 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di kota Bandung.

Nama yang diberikan bukan karena letaknya di Cimahi, melainkan karena air terjun tersebut merupakan aliran Sungai Cimahi yang berhulu dari Danau Situ Lembang. Meski berada di perkotaan, udaranya selalu sejuk dan menyegarkan, bahkan bisa mencapai 18-22 derajat Celcius. Karena lokasinya yang ketinggiannya mencapai 1050 mdpl, jadi jangan lupa membawa penghangat tubuh saat berkunjung!

Tempat Wisata Curug Cimahi

Air Terjun CimahiKredit gambar: Google Maps Refi Wisnu

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang mendatangkan banyak wisatawan ke tempat tersebut. Khusus untuk Curug Cimahi, apa saja daya tarik utamanya? Berikut telah kami rangkum secara lengkap!

1. Air terjun tertinggi

Daya tarik pertama yang menarik banyak wisatawan adalah ketinggiannya. Ketinggiannya yang mencapai 87 meter cukup membuat wisatawan terpukau dengan air yang jatuh dari atas. Semburan air yang bisa mencapai beberapa meter dari titik utama membuat daya tarik tersendiri. Suasana sejuk seakan menyelimuti meski tak dimaksudkan.

Apalagi banyaknya pepohonan di Air Terjun Kertawangi bisa menambah indahnya suasana alam. Suara gemericik air dari ketinggian seolah mengabaikan suara kendaraan yang lewat di balik tebing.

Banyaknya hewan juga tidak bisa diabaikan untuk menambah pesona alam. Monyet, serangga dan beberapa jenis hewan lainnya melengkapi keindahan alam yang tak terlupakan. Bahkan pengunjung biasa pun bisa melihat hewan itu dari dekat. Khusus kera di habitat liar, petugas melarang mereka memberi makan karena dapat membahayakan diri sendiri.

2. Pesona Air Terjun Pelangi

Perum Perhutani Bandung Utara selaku pihak pengelola Curug Cimahi melakukan inovasi yang belum pernah dilakukan di tempat lain. Kreativitas manajer ini patut diapresiasi dan diapresiasi. Pasalnya, mereka menyediakan lampu di sekitar air terjun. Dengan efek pancaran cahaya lampu, air terjun seolah memancarkan pelangi saat malam tiba.

Inilah alasan mengapa Air Terjun Cimahi disebut juga Curug Pelangi. Kecanggihan teknologi juga turut andil dalam penyebaran berita. sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dan ingin melihat secara langsung.

Karena fenomena buatan manusia ini hanya bisa dilihat saat matahari sedang surut, Anda harus tetap berada di tempat ini saat itu juga. Semoga cuaca saat berkunjung cukup cerah sehingga pengelola tidak menutup tempat wisata tersebut. Ya, demi keselamatan pengunjung, pengelola akan langsung menutup lokasi jika cuaca tidak memungkinkan untuk berwisata.

3. Mitos Curug Cimahi

Daya Tarik Curug CimahiKredit gambar: Google Maps Agung Praja Hudaya

Adanya mitos Air Terjun Cimahi yang beredar di masyarakat juga menjadi salah satu daya tarik yang menguntungkan. Entah siapa yang memulai cerita ini dan akhirnya banyak yang percaya. Dikatakan bahwa pengunjung yang datang ke situs tidak boleh menjalin hubungan, karena diyakini hubungan mereka tidak akan bertahan lama, yaitu putus cinta.

Secara ilmiah hal ini tidak dapat dibuktikan, masih banyak pengunjung yang bertahan setelah mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Pada akhirnya, cerita tersebut masih menjadi mitos hingga saat ini. Memang perlu dipertahankan untuk menambah pesona tersendiri. Sebagai warga negara yang lekat dengan nilai-nilai sejarah dan budaya, ada baiknya menghormati mitos-mitos yang diyakini warga sekitar.

4. Kemudahan Akses Lokasi

Daya tarik terakhir adalah kemudahan akses menuju lokasinya yang masih berada dalam peradaban perkotaan. Berbeda dengan air terjun lainnya, pengunjung harus melewati jalan berliku dan terjal yang penuh tantangan. Di sini Anda bisa langsung menuju pintu lokasi wisata sesaat setelah turun dari kendaraan.

Alamat dan rute ke lokasi

Alamat Air Terjun CimahiKredit gambar: Google Maps Irwan Mediariana

Bagi anda yang tertarik dengan pesona alam Curug Cimahi silahkan datang ke lokasi di Jl.Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Untuk kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur alternatif yang lebih mudah yaitu Lembang – Parongpong yang selalu searah dengan Dusun Bambu. Silakan ikuti jalurnya sampai menemukan Universitas Advent Indonesia, ini adalah poin yang perlu Anda ingat karena lokasinya tidak jauh dari universitas.

Setelah itu ada tanjakan, tanjakan dan jembatan yang harus dilalui, berhati-hatilah dan tetap waspada saat melintasinya. Setelah sampai di terminal Cisarua berarti sudah sampai di lokasi Curug Cimahi, karena gerbangnya ada di sebelah terminal.

Kenyamanan juga tercapai meski Anda menggunakan transportasi umum. Referensinya sama, yaitu terminal Cisarua. Ambil jurusan angkutan kota Ledeng-Parongpong yang bisa kamu dapatkan di Jalan Setiabudi tepatnya di terminal Ledeng. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkot tujuan Parongpong-Padalarang dan berakhir di terminal Cisarua.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun CimahiKredit foto: Instagram. .

Tidak perlu membawa banyak uang untuk mengunjungi tempat wisata Curug Pelangi. Harga tiket masuknya hanya Rp 15.000 per orang, ditambah parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Dengan biaya ini, Anda dapat melakukan banyak aktivitas seru dan juga menikmati pemandangan alam liar di waktu luang Anda.

Mengenai jam buka, Anda bisa datang pukul 07.00 atau lebih awal. Jam tutup berbeda dengan tempat wisata lain di air terjun, yang utamanya pada sore hari, pada pukul 20.00. Karena ada perasaan pelangi yang hanya bisa dilihat pada malam hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Cimahi

Aktivitas Menarik Air Terjun CimahiKredit Gambar: Google Maps Dhe Setiawan

Banyak hal menarik menanti Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Sebagian besar aktivitas menarik yang bisa dilakukan selalu berkaitan dengan objek wisata yang kami sebutkan di atas.

1. Menikmati Keindahan Curug Cimahi

Tujuan utama Anda ketika datang ke air terjun dari ketinggian 87 meter ini tentunya untuk menikmati pesona alam yang diberikannya. Ini adalah kegiatan yang menarik untuk dilakukan, meskipun hanya membutuhkan mata dan perasaan untuk melakukannya. Sesekali Anda bisa bermain air atau sekadar basah-basahan.

Untuk kegiatan renang, pengelola memiliki aturan tertulis yang tidak boleh dilakukan. Memang kedalaman airnya mencapai 2 meter dengan arus yang cukup lumayan. Selain itu, debit air yang turun dari atas air terjun juga bisa membahayakan pengunjung pemandian. Ada baiknya untuk terus mematuhi aturan ini demi keselamatan Anda sendiri.

2. Perjalanan yang menyenangkan

Tidak sulit untuk menemukan lokasinya, karena masih di perkotaan. Namun untuk sampai ke air terjun yang dimaksud, Anda harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan menuruni bukit. Ada total 587 anak tangga yang harus Anda daki untuk sampai ke sana. Bukan jumlah yang sedikit tentunya, karena butuh stamina dan tenaga untuk melewatinya.

Perjalanan semakin seru ketika monyet liar menemani setiap langkah Anda. Terkadang mereka juga mengeluarkan suara khas untuk menginformasikan keberadaan mereka. Jika lelah di tengah perjalanan, ada posko yang siap digunakan sebagai tempat peristirahatan sementara. Agar lebih aman dan tidak berbahaya, gunakan alas kaki yang tidak licin, berupa sepatu atau sandal. Tidak disarankan untuk memakai sepatu karena dapat membuatnya lebih licin.

3. Bersantai di gazebo

Anda hampir pasti tidak akan menemukan tempat ini di tempat lain, yaitu Pandang Viewpoint. Di sana Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama alam luar biasa yang tercipta dari volume air yang terus mengalir. Dari kejauhan terlihat sangat indah dan mempesona, seperti air yang menyebar sebelum dan sesudah titik akhir tampak membentuk kabut halus.

Di sekitar pos pengamatan juga banyak pepohonan. Mata tak lepas dari warna hijau pohon. Anda bisa berdiri atau duduk, karena telah disediakan tempat duduk santai, dilengkapi dengan meja bundar kecil.

Aktivitas Menarik di Curug CimahiKredit gambar: Google Maps Hendri Setiawan

4. Melihat Air Terjun Pelangi

Adanya lampu warna-warni di sekitar air terjun seperti yang sudah kami jelaskan tadi membuat air terjun ini terlihat seperti memancarkan cahaya seperti pelangi. Sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, Anda tidak akan menemukannya di tempat lain. Ini adalah kegiatan yang sering menjadi kegiatan utama bagi wisatawan. Melihat dari jauh saja sudah cukup kepuasan yang bisa dirasakan oleh hati.

Untuk menikmati keindahannya, disarankan untuk menunggu hingga sore atau malam hari. Jangan khawatir, karena jam tutup masih lama, yaitu jam 8 malam. Jadi Anda punya waktu sekitar 3 jam lagi untuk menikmatinya.

5. Berburu spot foto

Aktivitas menarik lainnya di Curug Cimahi pastinya adalah hunting spot foto. Bahkan, itulah alasan utama pengunjung datang ke sini. Banyaknya spot yang bisa dijadikan foto membuat perlunya mempersiapkan kamera dengan sebaik mungkin.

Misalnya, saat Anda berada di tempat yang menguntungkan, Anda dapat menggunakannya untuk melihat bidikan hebat dengan air terjun di latar belakang dari kejauhan. Di sebelahnya, pepohonan rindang hampir menutupi air terjun. Dengan sudut gelap, Anda dapat membuat karya foto yang sangat unik.

Spot foto lain yang sangat dinanti adalah pada malam hari, tepatnya saat ada fenomena air terjun pelangi. Siapa yang tidak ingin mengabadikan momen yang hanya bisa ditemukan di sana, bukan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun CimahiKredit gambar: Google Maps Irma Mustafa

Bukan tidak mungkin suatu saat Curug Pelangi akan semakin terkenal dan akan selalu banyak pengunjung yang datang. Saat ini, ratusan pengunjung menikmati pemandangan alam air terjun setiap hari. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan fasilitas untuk menunjang perjalanan yang Anda jalani. Tempat parkir yang cukup luas, mushola dan toilet yang nyaman menjadi fasilitas utama yang akan Anda temukan di sana.

Fasilitas lainnya adalah rumah makan dengan berbagai menu umum yang biasa Anda temukan di wilayah Jawa. Ada juga pusat informasi dan pos jaga yang siap membantu dan menjawab pertanyaan. Jangan lupa juga untuk memiliki tempat piknik yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk merantai dan hang out bersama rombongan.

Demikian informasi lengkap mengenai tempat wisata di Bandung yaitu Curug Cimahi. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu anti slip yang sangat membantu saat naik turun tangga yang licin. Persiapkan daya tahan khusus sebelumnya, perjalanan Anda mudah, tetapi cukup panjang, terutama ketika Anda kembali ke rumah karena Anda harus menaiki 587 anak tangga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button