5 Fakta Pantai Jogan, Surga Tersembunyi Di Gunung Kidul Dengan Air Terjun - WisataHits
Yogyakarta

5 Fakta Pantai Jogan, Surga Tersembunyi Di Gunung Kidul Dengan Air Terjun

Intip gaya hidup selebriti – Bingung saat mencari tujuan wisata? Pantai Jogan bisa menjadi rekomendasi Anda untuk berakhir pekan. Pantai indah ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Purwodadi.

Pantai ini juga dekat dengan Pantai Nglambor. Di sebelah barat, dekat dengan Pantai Siung.

Yang menambah keindahannya adalah pantai ini diapit oleh berbagai pegunungan kapur. Bagi Anda para pemanjat tebing, Anda bisa mencoba memanjat tebing-tebing kapur yang mengelilingi pantai.

Banyak wisatawan yang tidak mengetahui pantai ini. Padahal pantai ini memiliki banyak pemandangan yang mempesona.

Perjalanan panjang dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Jogan tidak akan sia-sia ketika Anda bisa melihat langsung keindahan Pantai Jogan. Pengunjung yang masih tenang serasa berada di tempat privat.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada pagi hari. Selain udaranya yang sejuk, Pantai Jogan terlihat indah di pagi hari.

Banyak hal menarik dari pantai seperti itu harta karun di Gunungkidul. Tanpa basa-basi lagi, inilah 5 fakta tentang Pantai Jogan. Mendengarkan!

1. Memiliki air terjun yang langsung menuju ke laut

Peta Google

Foto: Google Maps

Pantai ini juga dikenal sebagai Air Terjun McWay di California di Indonesia Kamu tahu.

Pasalnya, pantai ini memiliki keunikan yaitu air terjun yang menjorok langsung ke laut. Air terjun di pantai ini dikenal dengan Air Terjun Pengantin.

Nama “Bride Waterfall” memiliki alasan khusus. Konon, Anda bisa mendapatkan jodoh dengan mandi di air terjun tersebut.

Air terjun yang menjulang tinggi di atas laut merupakan barang langka di Indonesia, bahkan di dunia. Ini juga salah satu yang membuat pesona pantai ini tidak bisa dihindari.

Perlu diketahui bahwa air terjun di sini sendiri merupakan air terjun musiman. Itu artinya saat musim hujan tiba, limpasan air terjun akan deras. Ini terlihat lebih bagus seperti ini.

Namun, situasinya berbeda di musim kemarau, yang mengurangi limpasan air terjun. Bahkan bisa mengering, menyebabkan air terjun kehilangan daya tariknya.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, ada dua cara untuk menikmati air terjun ini. Yang pertama adalah Berkano, Anda harus memiliki peralatan lengkap untuk ini.

Sedangkan cara selanjutnya adalah memperkosa yang tidak kalah menantang. Teknik ini dilakukan dengan mengayuh turunan yang licin dan basah.

Karenanya, ini membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian ekstra dengan metode kedua ini. Membuat meluncur Anda harus berlatih itu sebelumnya.

Latihan diperlukan untuk meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga hasil dari kegiatan pendakian ini tidak berbahaya.

2. Kisah Pantai Jogan

Peta Google

Foto: Google Maps

Sejarah Pantai Jogan berasal dari nama Jujugan. Kata ini dalam bahasa Jawa sendiri berarti “tujuan”.

Artinya, pantai ini memiliki arti sebagai tempat untuk pergi. Telusuri kalibrasi, nama itu konon diambil karena dulu tempat itu menjadi tujuan Sunan Kalijaga menyendiri selama 40 hari 40 malam.

Dari sinilah tempat tersebut dinamakan Pantai Jogan. Nama pantai tersebut terbawa hingga saat ini.

3. Rute Menuju Pantai Jogan

Peta Google

Foto: Google Maps

Lokasi Pantai Jogan berada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Dibutuhkan waktu 2 hingga 2,5 jam berkendara menuju pantai ini dari pusat Kota Jogja.

Jangan takut tersesat meski baru pertama kali ke sana. Banyak rambu jalan memudahkan Anda untuk sampai ke kota pantai ini. Kalau tidak, Anda bisa mengandalkannya Peta Google untuk menemukan rute yang efektif ke Pantai Jogan.

Lokasi pantai ini berdekatan dengan berbagai wisata pantai Gunung Kidul lainnya. Di sebelah barat Pantai Jogan Gunungkidul terdapat Pantai Nglambor dan Pantai Siung Gunung Kidul.

Di sebelah timur adalah Pantai Timang. Jadi jika Anda kurang puas dengan Pantai Jogjan maka Anda bisa melihat-lihat pantai Gunung Kidul terdekat lainnya.

Mudah untuk menemukan jalan menuju Pantai Jogan Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan banyaknya papan penunjuk arah atau papan informasi yang tersebar di sepanjang jalan untuk menuju ke sana.

Dibutuhkan sekitar dua jam dengan mobil dari Jogja untuk mencapai Pantai Jogan. Menyusuri jalan aspal mulus yang berkelok-kelok melalui perbukitan karst yang merupakan sisa-sisa lautan jutaan tahun silam.

Sesampainya kita di Pos Retribusi Pantai Siung, berarti Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut akan terlihat papan kayu yang menunjuk ke arah Jogan.

Akses ke sana juga lancar. Jadi untuk menuju kesana anda bisa menggunakan mobil atau motor.

Meski jalan menuju pantai ini naik turun dan berkelok-kelok, namun tidak perlu khawatir. Jalan menuju pantai mudah digunakan.

Jalan menuju Pantai Jogan dari pusat kota Yogyakarta bisa mengarah ke Jalan Imogiri Barat. Kemudian ambil jalan menuju ke Jalan Siluk Panggang.

Jalan Siluk Panggang agak sepi menghadap sawah. Setelah itu, jalan melalui pertigaan menuju Wonosari dilanjutkan menyusuri Jalan Pantai Selatan Jawa.

Lanjutkan ke selatan atau menuju Pantai Siung. Ikuti jalan untuk sampai ke pantai ini.

Berkendara ke pantai ini biasanya memakan waktu 2-2,5 jam dengan jarak 80 kilometer. Perjalanan panjang akan terbayar dengan indahnya pemandangan pantai ini. Selain itu, Anda akan menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan.

Selama perjalanan menuju pantai ini anda akan menemukan persawahan, perkebunan dan perkampungan. Beginilah perjalanan akan terlihat menyenangkan.

4. Biaya masuk ke Pantai Jogan

Peta Google

Foto: Google Maps

Untuk biaya masuk, Anda tidak perlu khawatir. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000 per orang.

Dengan harga yang terjangkau, Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus. Mulai dari pantai ini, Pantai Siung hingga Pantai Nglambor.

Biaya parkir di pantai ini juga sangat murah. Sepeda motor akan dikenakan biaya Rp 3.000. Harga mobil hanya Rp 5.000.

Kemudian biaya parkir bus sebesar Rp 20.000. Seberapa terjangkau biaya masuk dan parkir di pantai ini?

5. Fasilitas di sekitar Pantai Jogan

Peta Google

Foto: Google Maps

Menjadi pantai baru, fasilitas di pantai ini tidak terlalu lengkap. Lokasi pantai ini juga tidak sepopuler pantai lainnya.

Ada beberapa fasilitas di pantai ini, seperti: B. Toilet, stand makanan dan minuman, pendopo dan tempat parkir yang luas. Dengan tiket masuk yang terjangkau, wisatawan tidak bisa protes ketika mendapatkan fasilitas yang pas-pasan.

Meski demikian, Pantai Jogan sangat layak untuk dikunjungi. Jika ingin bermalam di pantai ini, kawasan penginapan terdekat ada di sekitar pantai Indrayanti yang berjarak sekitar 15km atau memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Itu dia beberapa fakta menarik dari Pantai Jogan. Cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan tenang menyegarkan dari hiruk pikuk kota.

Pantainya tenang dan sepi, dengan suasana asri yang akan memanjakan mata Anda. Sebagai? Ingin mengunjungi Pantai Jogan? (bb)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button