Pantai Drini - WisataHits
wisatahits

Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini, inilah nama pantai yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan saat berwisata ke Jogja.

Ditambah dengan beberapa pantai lain di kawasan Gunung Kidul, Pantai Drini memiliki hampir semua hal yang membuat pecinta pantai wajib datang berkunjung.

Lantas, atraksi apa saja yang dihadirkan dan aktivitas wisata apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta? Berikut uraian lengkapnya.

pantai-drini-jogja

Pantai Drini

Jogja selain memiliki beberapa tempat wisata yang dibangun sesuai dengan selera masyarakat milenialjuga memiliki beberapa objek wisata pantai yang menggiurkan.

Jika Anda berkunjung ke Jogja, khususnya di kawasan Gunung Kidul, Anda akan menjumpai deretan pantai yang indah dan mempesona dengan pesonanya masing-masing.

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang paling terkenal dan menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Drini.

Memiliki keistimewaan berupa pulau karang di lepas pantai, Pantai Drini berhasil menarik banyak wisatawan setiap harinya.

Pantai ini juga memiliki daya tarik lain yaitu pantainya yang cukup luas dan landai.

Hal ini memungkinkan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas pantai dengan sangat nyaman.

pantai-drini-gunung-kidulinstagram.com/andiidayani

Pantai yang dijuluki Tanah Lot Jogja ini juga menarik karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke sana.

Misalnya, jika Anda suka menjelajah perairan lepas pantai, sudah tersedia persewaan kano.

Selain itu, ada juga persewaan peralatan tuba bagi wisatawan yang ingin menikmati biota laut sambil menyelam.

Dan yang tidak boleh ketinggalan, di pantai drini juga terdapat beberapa warung yang menjual kuliner khas pantai yang bisa anda coba.

Tujuannya adalah pergi ke pantai ini yang akan membawa kebahagiaan dan kepuasan. Tak heran jika pantai ini cepat terkenal dan menjadi salah satu primadona para traveller.

Aktivitas wisata di pantai Drini

Pantai Drini dilengkapi dengan beberapa gardu pandang yang berjejer di tepi pantai. Fasilitas ini dapat digunakan sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati keindahan laut.

Namun bagi Anda yang ingin beraktivitas, beberapa aktivitas di bawah ini juga bagus untuk dilakukan di Pantai Drini.

1. Berenang

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai tanpa merasakan kesejukan airnya. Kini dengan pantai yang landai dan air yang bersih, Pantai Drini sangat cocok dan aman sebagai tempat berenang.

Apalagi di pantai ini ombaknya sangat tenang. Jadi, bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak, bisa mengikutsertakan anak-anak untuk berenang bersama.

Namun perlu diingat bahwa pantai ini sebenarnya terbelah menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh sebuah batu karang besar yang menjorok ke tengah lautan.

Bagi yang ingin berenang, disarankan untuk memilih lokasi di sebelah timur karang karena disitulah tempat yang paling aman.

Sedangkan di sisi barat, ombaknya agak kuat dan umumnya digunakan sebagai tempat sandar kapal nelayan dan pelelangan ikan.

2. Snorkeling di Pantai Drini

snorkeling-di-pantai-driniinstagram.com/chaulaagustiza

Pantai ini juga sering dijadikan lokasi tuba. Penyewaan alat tuba itu juga dapat dengan mudah ditemukan di sekitar pantai.

Nah bagi yang menyukai aktivitas ini dan ingin menikmati kekayaan bawah laut Pantai Drini, maka siapkan dana secukupnya saja untuk menyewa peralatan tuba.

Tarif sewa peralatan tuba sebenarnya tidak terlalu mahal, anda bisa menyewanya dengan biaya kurang dari 100rb.

Baca juga : Pantai Sadranan Yogyakarta

3. Kano

Marah tuba, aktivitas yang menarik untuk dilakukan di pantai ini adalah bermain kano. Dan itu sama dengan alatnya tubapersewaan kano juga mudah ditemukan di sekitar pantai.

Kano lengkap dengan jaket pelampung bisa disewa dengan harga mulai dari Rp30.000 hingga Rp100.000.

4. Memancing

Anda suka memancing dan ingin merasakan sensasi menangkap ikan segar di Pantai Drini? Tenang saja, pantai ini juga menjadi tempat yang sangat menantang bagi pengunjung yang hobi memancing.

Bahkan, tidak hanya untuk orang dewasa, di pantai ini juga tersedia persewaan alat pancing untuk anak-anak.

Dengan biaya sewa Rp 20.000, anak-anak akan disediakan alat pancing lengkap dengan ember untuk menyimpan alat pancingnya.

Baca juga : Keindahan Pantai Ngobaran Gunung Kidul

5. Kamp

berkemah-pantai-driniinstagram.com/fitrah_andriansyah

Kawasan Pantai Drini juga menawarkan lokasi berkemah bagi pengunjung yang ingin menikmati malam di pantai.

daerah berkemah di pantai ini terletak di perbukitan yang menyandang nama Puncak Kasokara. Puncak Kasokara memiliki ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut.

Selain sebagai tempat berkemahbukit-bukit ini juga menjadi tempat paling cocok untuk menikmati segala keindahan yang disuguhkan oleh beberapa pantai Gunung Kidul.

Dari atas bukit Kasokara, keindahan Pantai Drini dan Pantai Baron dapat dilihat dengan sangat leluasa.

Jadi jika ingin menikmati keindahannya Matahari terbit dan matahari terbenam Lebih sempurna lagi, maka lokasinya juga paling mudah dari Puncak Kasokara ini.

Namun untuk mendapatkan izin mendaki puncak Kasokara, kita harus membayar pajak sebesar 2000 rupee.

Jadi jika Anda mau berkemahkita juga harus membayar sewa permukaan 10.000 per malam dan parkir internal 10.000 untuk sepeda motor dan 20.000 untuk mobil.

Baca juga : Ulasan Pantai Pok Tunggal

6. Berburu Foto

Tentu saja akan ada banyak tempat gambar yang kami dapat mengeksplorasi di kawasan Pantai Drini.

Tugas Misalnya di depan pantai, di Puncak Kasokara, bahkan bisa berfoto sambil berkano.

7. Berburu Kuliner

kuliner-pantai-driniinstagram.com/pantai_drini_gunungkidul

Daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Drini tidak hanya tentang aktivitas yang dapat membawa kebahagiaan bagi jiwa dan pikiran kita.

Namun saat perut mulai keroncongan, Pantai Drini juga sudah siap dengan deretan warung yang menjajakan hidangan khas pantai untuk kita jelajahi.

Kios-kios ini menawarkan menu makanan cepat saji dan makanan laut seperti ikan bakar, cumi goreng, udang, nila dan masih banyak lagi menu lezat lainnya.

Kemudian untuk minuman warung juga menyediakan Es Kelapa Muda yang pastinya akan sangat nikmat jika diminum di pinggir pantai.

Baca juga : Pantai Siung Yogyakarta

Alamat Pantai Drini

Alamat lengkap pantai ini berada di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Baron, Pantai Krakal dan Pantai Kukup keduanya berada di Gunung Kidul.

Jika anda mengaksesnya dari pusat kota jogja, untuk menuju pantai drini membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer.

Jalan menuju Pantai Drini

jalan-pantai-driniinstagram.com/ipankputrabatara

Padahal jaraknya cukup jauh dari Kota Jojga jalan menuju pantai Drini sebenarnya tidak terlalu sulit.

Dari pusat kota, arahkan ke Piyungan lalu Pathuk. Sehingga setelah sampai di kawasan Pathuk, perjalanan bisa dilanjutkan lagi menuju lapangan terbang Gading kemudian menuju Pantai Baron.

Yang perlu diingat, lokasi Pantai Drini berada di sebelah timur Pantai Baron.

Demikianlah, setelah sampai di pertigaan yang ada sebelum pintu masuk ke Pantai Baronbelok kiri dan ikuti rambu yang akan membawa Anda ke Lokasi Pantai Drini.

Jam Buka Pantai Drini

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Meski begitu, waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah dari pagi hingga sore hari jika Anda tidak berencana untuk bermalam.

Hari Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Tiket masuk pantai Drini

gambar-pantai-driniinstagram.com/yolandapriscilia

Kita bisa menikmati keindahan pantai ini dengan biaya yang sangat murah. Tiket masuk dibandrol dengan harga 4.000 plus biaya parkir 3.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk RDI 4000
tiket parkir Rp 3.000 (motor) – Rp 5.000 (mobil)

Baca juga : Pantai Indrayanti

Fasilitas umum di Pantai Drini

Tidak hanya menawarkan wahana yang cukup lengkap, pantai ini juga didukung dengan fasilitas umum yang memadai.

Fasilitas di pantai ini antara lain tempat parkir yang luas, toilet, tempat ibadah, gazebo, warung makan dan penginapan.

Akomodasi di Pantai Drini

Untuk akomodasi selain bisa menginap di daerah berkemahkita juga bisa menginap di beberapa hotel atau villa yang letaknya tidak jauh dari lokasi pantai.

Pilihan hotel atau villa Ini termasuk Sea View Sundak Inn, Ombah Sundak, Winahyu Resort Kukup dan Orchid Inn Hotel.

Harga sewa penginapan ini cukup murah, mulai dari Rp 250.000 saja per malam.

hostel-pantai-driniinstagram.com/g_akbars

Baca juga : Pemandangan & Tengara di Jogja

Kesimpulan

Pantai Drini Jogja memang cukup menggoda untuk segera dikunjungi. Keindahan pantai dan banyaknya aktivitas yang bisa kita lakukan menjadi alasan dipilihnya pantai ini sebagai tujuan wisata.

Oleh karena itu jika anda sedang berlibur di kota jogja jangan tunda dan jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai drini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button