Pantai Soge Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Soge Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Soge Pacitanpantai eksotis yang indah di tepi jalan selatan untuk menikmati matahari terbenam dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dondong, Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam yang mengesankan, terutama yang berkaitan dengan gua dan mendapat julukan Kota Seribu Gua. Selain terkenal dengan wisata goanya, Pacitan memiliki sejumlah tempat wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kawasan ini, termasuk Pantai Soge.

Mungkin sedikit dari Anda yang tahu tentang pantai Pacitan ini. Pantai ini hampir menyerupai pantai Senggigi dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan birunya air laut mampu mengundang siapa saja untuk datang kesini. Yang paling keren dari Pantai Soge adalah lokasinya yang berada di seberang jalan raya.

Ketika Anda sedang bepergian dan tiba-tiba menemukan pantai yang begitu indah, Anda pasti merasa telah menemukan harta karun. Hal inilah yang membuat banyak pengguna jalan berhenti menikmati pesona Pantai Soge. Apa saja daya tarik pantai pasir putih ini? Simak beberapa informasinya di bawah ini.

Tempat Wisata Pantai Soge Pacitan

Pantai Soge PacitanKredit gambar: Google Maps Ayye Arifin

Berbeda dengan sejumlah pantai yang namanya sudah terkenal, nama Pantai Soge sendiri masih asing bagi wisatawan luar Pacitan. Akibatnya, masih jarang wisatawan yang datang ke pantai ini, sehingga suasana pantai cenderung lebih tenang dan damai. Jika Anda menyukai tempat wisata yang tidak terlalu ramai, pantai ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

1. Pesona pantai dari pinggir jalan

Bagi Anda yang sering bepergian dan melewati jalan dari Pacitan ke Trenggalek, Anda tentu sudah tahu Pantai Soge. Pantai ini memanjang di sepanjang perlintasan selatan sehingga wisata bahari ini mampu memberikan suasana yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Pantai yang menawan ini terletak di pinggir jalan. Terlepas dari segalanya, kebersihan pantai ini tetap terjaga. Membentangnya air laut biru ditambah dengan hamparan pasir putih dan deru ombak membuat siapapun yang melewati pantai ini pasti akan terpana dengan keindahannya.

2. Memiliki pasir putih

Keindahan tempat ini akan jauh lebih mempesona begitu Anda menginjakkan kaki di objek wisata ini. Pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman karena memiliki pasir putih yang sangat lembut dan dapat menciptakan perasaan yang menyenangkan begitu Anda melepas sepatu.

Siapapun bebas berjalan-jalan di sepanjang tepian Pantai Soge untuk merasakan sensasi liburan yang tidak didapatkan di tempat wisata lainnya. Ditambah dengan birunya air laut, pantai ini juga sering menjadi tempat menarik untuk berfoto bersama teman atau bahkan menjadi tempat berfoto sebelum pernikahan.

3. Suasana tenang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Pantai Soge merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pacitan yang bisa dibilang tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal inilah yang memberikan suasana tenang di pantai ini dan cocok bagi Anda yang ingin bersantai setelah seminggu beraktivitas.

4. Muara Sungai

Salah satu hal yang paling menarik dari pantai ini adalah adanya mulut. Muara sungai ini memiliki air yang cukup jernih dan juga pasir putih. Inilah salah satu alasan mengapa wisatawan dari anak-anak hingga orang dewasa betah bermain di muara sungai ini.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 150 meter dan mengelilingi hamparan pasir putih yang mengalir tepat di tengahnya. Muara yang berkelok-kelok ini semakin indah dari atas

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Soge

Alamat Pantai SogeKredit gambar: Google Maps Bernard Bernard

Bagi Anda yang berencana mengunjungi pantai indah ini dari pusat kota Pacitan, Jawa Timur, Anda perlu menempuh jarak sekitar 24 kilometer selama kurang lebih setengah jam menggunakan kendaraan umum. Jika Anda berangkat dari kota Surabaya, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 7 jam, 3,5 jam dari Tulungagung dan sekitar 4 jam dari Kota Solo.

Namun jika ingin menikmati setiap wisata pantai dengan panorama lautnya, waktu yang dibutuhkan tergantung masing-masing traveler. Dari Kota Pacitan menuju kawasan Pantai Soge dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Dari kota, Anda bisa lurus ke timur menuju kecamatan Tulukan dan terus ke timur hingga sampai di kawasan Ngadirojo.

Dari kecamatan Ngadirojo ambil arah pasar Wiyoro sampai ketemu pertigaan, setelah itu belok kiri sampai ketemu PLTU dan pilih arah ke kanan. Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan deretan pantai hingga ke Desa Sidomulyo. Sesampainya di desa ini, kita bisa melihat pantai ini yang terbentang luas di sisi kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan

Harga Tiket Masuk Pantai PacitanKredit gambar: Google Maps Hayasha Robbani

Seperti halnya memasuki kawasan wisata lainnya, wisatawan yang ingin memasuki kawasan pantai juga harus membeli tiket masuk. Bisa dikatakan tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Meski wisatawan bisa memarkir kendaraannya di pinggir jalan, pihak pengelola pantai sudah menyediakan lahan parkir agar keamanan kendaraan pengunjung tetap terjaga. Kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Soge

Aktivitas menarik Pantai SogeKredit gambar: Google Maps Vivananda VL

1. Joging di pantai

Olahraga murah seperti jogging di sepanjang pantai adalah salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Soge. Pasalnya, pantai ini mulai dibuka untuk umum pada pukul tujuh pagi. Otomatis sangat cocok bagi anda yang ingin berolahraga sambil menikmati damainya suasana pantai di pagi hari.

2. Permainan air

Pantai ini memiliki air yang relatif jernih ditambah dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga sangat aman bagi pengunjung yang ingin bermain air atau berenang bersama bayi. Selain bisa bermain air di pantai, pengunjung juga bisa menikmati serunya bermain di muara Sungai Soge.

Muara sungai ini memiliki air yang jernih dengan pasir putih di tengahnya. Bisa dikatakan muara sungai ini cukup panjang sehingga dapat memberikan ruang yang cukup bagi pengunjung yang ingin berlama-lama bermain air atau bermain bola di tepi muara sungai ini.

3. Jalan-jalan di pantai

Ada dua cara menikmati pesona bahari pantai Soge. Pertama, berjalan di sepanjang pantai tanpa memakai sepatu. Dengan cara ini, Anda bisa merasakan sensasi lembut pasir putih dan deburan ombak yang menerpa kaki Anda.

Namun jika ingin melihat keindahan pantai lebih dekat, pengelola kawasan wisata ini menyewakan speedboat dengan harga sewa yang cukup terjangkau, yakni hanya 15.000 rupiah per orang. Speedboat ini milik warga sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Jadi Anda tidak perlu khawatir, keselamatan dan keamanan Anda benar-benar terjamin.

4. Bersantai di gazebo

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Soge bersama keluarga besar lebih memilih menikmati suasana pantai di gazebo. Gazebo ini disediakan secara sukarela oleh pengelola kepada pengunjung. Anda bisa duduk santai sambil menyantap jajanan yang sudah Anda siapkan di luar rumah sambil mengobrol dan menikmati semilir angin pantai bersama keluarga.

5. Perburuan Foto

Rasanya kurang lengkap bila mengunjungi suatu tempat wisata tanpa mengabadikan suasana dan aktivitas yang kita lakukan di sana. Pantai Soge misalnya, objek wisata ini menjadi primadona bagi pengunjung yang memiliki hobi fotografi. Karena pantai ini dikelilingi pemandangan yang bisa membius siapa saja.

Anda juga akan dimanjakan dengan pasir putih dengan air laut yang biru, deretan pepohonan yang rindang dan perbukitan di kejauhan. Selain itu, pantai hits ini juga tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman tanpa harus terganggu dengan berlalunya wisatawan lain di sekitar Anda.

Akomodasi murah dekat pantai Soge

Akomodasi murah dekat pantai SogeKredit gambar: Google Maps Ratna Hapsari

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Soge namun berencana untuk bermalam, Anda tidak perlu khawatir. Pacitan adalah kota dengan jutaan turis, jadi ada banyak akomodasi yang bisa Anda sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

1. Halo.

Hostel pertama yang bisa Anda pilih untuk bermalam sebelum mengunjungi Pantai Soge adalah Hello Inn. Hostel ini terletak di desa Sidoharjo. Untuk bisa mengunjungi pantai ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari hostel ini.

Harga per malamnya sendiri cukup terjangkau, mulai dari 180.000. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti tempat tidur, kamar mandi, AC, Wi-Fi dan area parkir.

2. Mulya Asih Inn

Hostel ini terletak di desa Ngadirojo, desa tempat pantai Soge berada. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 11 menit dengan jarak tempuh sekitar 900 meter untuk bisa mengunjungi pantai ini. Untuk soal harga, hostel ini mematok harga untuk bermalam dengan harga yang cukup terjangkau bagi para backpacker.

3. Rumah Laut Harry

Homestay ini merupakan homestay yang cukup dikenal oleh para peselancar. Karena pemiliknya adalah seorang pelempar yang cukup terkenal. Mulai dari Rp 70.000 semalam, Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas super lengkap di hostel yang lokasinya relatif dekat dengan pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Soge Pacitan

Fasilitas Pantai Soge PacitanKredit gambar: Google Maps Florence Mellia

Karena lokasinya yang cukup terpencil, sehingga sedikit sekali pengunjung yang berkunjung ke Pantai Soge, pemerintah setempat sepertinya tidak terlalu memperhatikan fasilitas wisata di kawasan pantai tersebut.

Hanya ada beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan saat mengunjungi pantai ini. Salah satunya adalah tempat parkir yang cukup luas dengan biaya parkir yang sangat terjangkau. Selain itu, ada juga gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh dari terik matahari dan juga sejumlah warung makan yang dikelola warga sekitar.

Itulah beberapa hal tentang Pantai Soge yang terletak di Kabupaten Pacitan. Bagi anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota dan ingin merasakan ketenangan suasana pantai, datanglah ke pantai yang indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button