Pantai Drini, objek wisata pantai yang eksotis di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Drini, objek wisata pantai yang eksotis di Gunung Kidul

Pantai Drini salah satu tempat wisata pantai favorit di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang menawarkan pemandangan alam yang indah, tebing karang dan air laut yang jernih dapat memanjakan setiap orang yang mengunjunginya.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Drini, atau sering disebut Virgin Beach oleh masyarakat sekitar, merupakan salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini dinamakan demikian karena lokasinya yang berada di daerah terpencil masih sangat asri, bersih dan belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Pantai yang terbagi menjadi sisi barat dan timur ini sangat indah dan siap memanjakan pengunjung dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Pasalnya, saat pengunjung datang langsung disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan udara yang sangat segar.

Tak hanya pantai pasir putih yang indah menjadi fokus objek wisata ini. Wisatawan juga disuguhkan hidangan laut yang lezat, bermain kano, menyeberang ke Pulau Drini dan masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat ini.

Tempat wisata pantai drini jogja

Aktivitas Pantai DriniKredit gambar: Google Maps Ayu Wijayadi

1. Pantai perawan

Seperti namanya, pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga keadaannya masih sangat asri. Anda bisa melihat pantai dan laut yang selalu bersih dan udaranya sangat segar.

2. Pemandangan alam yang menawan

Pantai ini disebut juga Tanah Lot Kota Yogyakarta karena pemandangannya yang mirip dengan tempat wisata di Pulau Bali dan sangat indah. Apalagi dengan pasir putihnya yang bersih, lautnya yang biru dengan ombak yang tidak terlalu ganas, pepohonannya dan kekayaan biota laut yang melimpah.

3. Puncak Kosakora dan Bukit Amarei

Anda bisa datang ke Bukit Kosakora atau Bukit Amarei di tengah pantai. Perbukitan yang berada tidak jauh dari pantai ini memiliki pemandangan perbukitan yang menakjubkan. Apalagi jika dikunjungi saat matahari terbenam.

4. Tebing karang yang menakjubkan

Ada banyak tebing karang yang indah di sekitar Pantai Drini. Anda bisa menjelajahi tebing-tebing karang dan melihat betapa kayanya sumber daya alam dan betapa hijaunya tempat ini. Anda juga bisa melihat ganggang hijau dan ganggang tumbuh dan ditemukan berlimpah di sekitar tebing ini.

5. Datanglah ke Pulau Drini

Pulau di depan pantai ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di kawasan wisata ini. Pulau karang yang sebelumnya harus menunggu air laut surut sebelum bisa dikunjungi, kini telah menyediakan jembatan khusus untuk diseberangi. Panorama yang disuguhkan dari atas pulau ini sangat indah.

6. Cobalah wahana air yang mendebarkan

Pengelola dan warga sekitar menawarkan banyak wahana air seru yang bisa dinikmati saat berkunjung ke pantai. Wisatawan bisa bermain dan menjelajahi laut di pantai ini dengan kano.

7. Makanan lautnya yang khas

Bagi wisatawan yang datang karena ingin mencicipi jajanan khas pantai tidak perlu khawatir karena kekayaan pantai ini sangat beragam. Didukung oleh para nelayan yang selalu menyediakan bahan-bahan segar langsung dari laut, pantai ini merupakan salah satu pantai yang menawarkan makanan lezat dan juga memuaskan lidah Anda.

Ada banyak jenis masakan yang bisa dicicipi. Mulai dari udang, ikan, dan olahan hasil laut lainnya yang bisa dinikmati sambil bersantai di gazebo atau duduk di tikar tepi pantai.

8. Banyak spot foto keren

Selain alamnya yang menawan, Pantai Drini juga menawarkan tempat untuk berfoto khusus bagi pengunjung yang tentunya sangat menarik. Spot-spot tersebut antara lain prasasti logo pantai dengan latar belakang laut biru yang luas, perahu nelayan yang sangat fotogenik dan payung warna-warni.

Alamat dan rute menuju tempat wisata di pantai drini

Alamat Pantai Drini PantaiKredit gambar: Google Maps Andi Tour

Tempat wisata alam di tepi pantai kota Yogyakarta ini terletak di desa Banjarejo, tepatnya di kecamatan Tanjungsari, wilayah Gunungkidul. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 60 km atau waktu tempuh 2-3 jam untuk sampai ke tempat ini.

Rute yang bisa ditempuh adalah dari pusat kota Yogyakarta menuju kawasan Piyungan, Pathuk, hingga ke lapangan terbang Gading. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Pantai Baron. Di pertigaan sebelum memasuki Pantai Baron, belok kiri dan ikuti saja rambu yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Drini.

Anda tidak perlu khawatir tersesat atau terjebak karena banyaknya rintangan. Memang akses jalan dan jalan masuk ke pantai ini sudah beraspal dan cukup baik untuk dilalui kendaraan besar sekalipun.

Harga Tiket Masuk Pantai Drini Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai DriniKredit gambar: Google Maps Nizar Al Atsary

Berkunjung ke Pantai Drini tidak harus mahal. Tempat 24 jam ini hanya membutuhkan tiket masuk seharga Rp 10.000, dengan durasi kunjungan tidak terbatas. Namun perlu diingat bahwa meski pantai buka 24 jam sehari, wisatawan hanya bisa membeli tiket saat loket tiket sedang beroperasi.

Kemudian, selain tiket masuk, pengunjung juga perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir. Kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000, sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Menariknya, di tempat ini wisatawan bebas memilih tempat parkir yang ingin digunakan dan kemanapun masuk, harga masuk yang dikenakan tetap sama.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Drini

Aktivitas di Pantai DriniKredit gambar: Google Maps AG

1. Saksikan matahari terbenam yang indah

Bagi anda yang datang ke pantai ini, sayang sekali jika melewatkan sunset yang menakjubkan. Dengan pantai yang terbelah menjadi dua sisi, tentunya wisatawan akan mendapatkan dua sunset dengan nuansa yang berbeda.

2. Nikmati pemandangan sambil bersantai

Bagi wisatawan yang hanya ingin bersantai, Anda bisa duduk di bawah payung warna-warni di pantai yang indah dan menikmati pemandangan alam yang indah. Atau dengan membayar Rp 50.000, Anda dan keluarga bisa duduk-duduk di gazebo yang nyaman di tepi pantai sambil menyeruput makanan pantai yang banyak dijual.

3. Kano

Penikmat olahraga dayung atau wahana air harus mencoba kano di pantai. Dengan membayar sekitar Rp 50.000, Anda dan pasangan sudah bisa menyewa kano dan bermain dayung di waktu senggang. Apalagi dengan pemandangan laut yang sangat mempesona.

4. Berenang

Laut yang tidak memiliki ombak besar membuat tempat ini sangat kondusif untuk permainan air. Anda dapat dengan nyaman berenang di laut sambil menikmati pemandangan biota laut yang berenang di sekitar Anda.

5. Bermain voli pantai

Situs yang luas ini cocok untuk kegiatan olahraga kelompok, seperti voli pantai dan sepak bola pantai.

6. Joging

Garis pantai yang panjang membuat pantai ini sangat luas untuk dijelajahi. Anda bisa mencoba jogging dari satu ujung pantai ke ujung lainnya sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

7. Jelajahi Perbukitan Karang

Pantai Drini yang masih jarang dikunjungi ini memiliki banyak bukit karang yang indah dihiasi lumut dan biota laut yang unik. Menjelajahi perbukitan ini bisa menjadi salah satu program saat berkunjung ke pantai ini.

8. Berkemah dan Mendaki Kosakara

Anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah di bukit kecil ini. Dengan membayar tiket masuk Rp 10.000 dan membawa peralatan camping sendiri, Anda bisa menikmati pemandangan alam dan sunset sambil merasakan sensasi camping di pinggir pantai.

9. Coba masakan khas pantai

Ada banyak pilihan seafood di pantai ini yang wajib kamu coba saat berkunjung. Olahan ikan, udang, dan banyak hewan laut lezat lainnya dapat dipesan dari restoran-restoran yang berjejer di tepi pantai. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

10. Mengunjungi Pulau Drini

Bagi anda yang ingin mencoba wisata pantai dengan cita rasa yang berbeda, anda bisa datang ke pantai ini dan mencoba jembatan penyeberangan menuju Pulau Drini. Dengan membayar mulai dari Rp 5.000 kamu sudah bisa mencoba menyeberangi jembatan ini menuju pulau tengah pantai yang sangat hijau dan memiliki pemandangan yang menakjubkan.

11. Ambil gambar

Berkunjung ke pantai tidak lengkap tanpa berfoto. Ada banyak spot foto menarik di pantai ini, seperti perahu nelayan, payung warna-warni, logo nama pantai yang unik dan tentunya pemandangan yang indah.

Penginapan murah di sekitar pantai drini

Akomodasi Pantai Pantai DriniKredit gambar: Google Maps Trio’san

1. Hotel Kampoeng Drini

Hotel yang terletak hanya 68 meter dari pantai ini menawarkan harga yang menarik dan kamar dengan fasilitas yang lengkap dan berkualitas. Dengan harga mulai dari Rp 300.000, Anda akan menikmati fasilitas kamar lengkap dengan AC, TV, dan shower. Apalagi lokasinya dekat dengan stasiun kereta api, pusat perbelanjaan kota Yogyakarta dan tempat wisata lainnya.

2. Rumah Joko Samudro

Guest house yang terletak di kawasan Pantai Kukup dan dekat dengan pesisir pantai Yogyakarta ini menawarkan tempat yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Dengan biaya kamar mulai dari Rp 126.000,- Anda sudah bisa mendapatkan kamar dengan nuansa tradisional khas Jawa.

3. Vila & Pondok Radika Paradise

Hostel di Jl.Pantai Selatan Jawa Kawasan Pantai Indrayanti tidak hanya dekat dengan Pantai Drini tetapi juga dekat dengan tempat wisata lain di Yogyakarta. Dengan harga mulai dari Rp 450.000, Anda mendapatkan fasilitas kamar lengkap dengan AC, teras, dan shower. Selain itu, tempat ini juga menawarkan resepsionis 24 jam dan layanan kamar.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas Pantai DriniKredit gambar: Google Maps Ambar Retnowati

Di kawasan wisata ini terdapat fasilitas umum yang sangat memadai bagi para wisatawan yang datang. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, terutama untuk menampung bus wisata besar, penjual suvenir, ruang cuci dan toilet, gazebo, bahkan mushola.

Anda juga tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat makan karena di pinggir pantai banyak terdapat resto atau rumah makan dengan harga yang terjangkau dan makanan yang enak. Banyak juga toko oleh-oleh, tempat persewaan perahu atau kano, gazebo untuk pengunjung dan spot foto dengan atribut yang unik.

Pantai Drini adalah bagian dari kota Yogyakarta yang menarik wisatawan karena banyak pesonanya. Tempat yang menyerupai Tanah Lotnya Pulau Jawa ini mampu membius baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button