Pantai Cemara Tuban - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Cemara Tuban – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket – Pantai Cemara di Tuban adalah destinasi terbaik untuk menghabiskan liburan, bersantai dan berfoto sambil menikmati pesona pantai yang eksotis.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Kota Tuban memang kurang terekspos di sektor pariwisata, meski memiliki destinasi wisata tepi laut yang menarik. Pantai Cemara sangat populer dan sering dikunjungi. Ini terkenal karena menawarkan pemandangan dan pemandangan yang menarik bagi pengunjung. Pantai ini terbuka untuk umum dan Anda dapat dengan mudah mengaksesnya jika Anda berkunjung ke Tuban.

Pada tahun 1980-an, pantai ini tidak disebut cemara seperti sekarang ini, melainkan Pantai Tasikharjo. Perubahan nama tersebut kemudian berubah karena abrasi yang membuat pantai lebih mudah diakses. Setelah itu, pantai ini berganti nama dengan pengelolaan yang lebih baik, sehingga wisatawan meningkat setiap tahunnya.

Pasca abrasi, Pemkot Tuban mulai menanam pohon cemara di sana agar terlihat lebih hijau dan mencegah abrasi lebih lanjut. Dengan ditanamnya cemara, lama kelamaan menjadi Pantai Cemara seperti namanya sekarang. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, berikut rangkuman informasi menarik tentangnya.

Atraksi Pantai Cemara Tuban

Aktivitas di Pantai Tuban CemaraKredit gambar: Pengemudi Serbis Google Maps

1. Keberadaan pohon cemara

Jika sebelumnya pantai identik dengan pohon kelapa, maka di pantai ini Anda akan menemukan banyak pohon pinus yang ditanam di dekat pantai. Jadi jika Anda kepanasan karena cuaca pantai di siang hari, Anda bisa beristirahat di sana di bawah rindangnya pepohonan pinus.

Selain membuat suasana semakin sejuk dan hijau, juga memberikan nuansa eksotis tersendiri yang tidak mudah Anda temukan di pantai-pantai lain di sekitar pulau Jawa. Ini juga memainkan peran penting dalam melindungi pantai dari paparan abrasi di masa depan. Pohon cemara di sana kini bisa dijadikan spot selfie dan properti.

2. Bersihkan pantai

Berkat pengelolaan yang baik, pantai ini kini memiliki garis pantai yang bersih dan bebas sampah. Pasirnya yang lembut dan bisa dijadikan arena bermain untuk anak-anak dan orang dewasa. Yang juga menarik adalah warna pasir pantainya yang berwarna kecoklatan dan memiliki kontur yang lembut sehingga mudah digunakan sebagai tempat bermain.

Selain pantainya yang bersih, kamu juga bisa menemukan berbagai spot foto menarik untuk dikunjungi. Spot foto ini telah dihias dengan berbagai ornamen cantik, sehingga memungkinkan Anda untuk memanfaatkannya sebagai spot hunting foto. Di kalangan wisatawan yang menyukai fotografi, pantai ini cukup terkenal.

3. Fasilitas lengkap

Meski baru mendapat perhatian pemerintah kota Tuban, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai fasilitas lengkap di sana. Mulai dari restoran, tempat ibadah, tempat istirahat, hingga tempat ibadah bagi yang beragama Islam. Makanan yang disajikan juga cukup terjangkau untuk kantong.

Anda juga bisa mencoba wahana ATV yang disediakan oleh Cemara Beach Manager. Dengan mengendarai ATV, Anda tidak perlu khawatir untuk menjelajah dan berjalan di pasir pantai, karena Anda dapat menjelajahinya dengan kendaraan ATV yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk Pantai Cemara

Alamat Pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Auliya Qa

Tempat wisata pantai ini terletak di Tuban, khususnya di desa Sugihwaras yang terletak di Jenu. Untuk mencapai tempat ini, Anda hanya perlu berkendara selama 15 menit dari pusat kota Tuban, Jawa Timur. Dengan demikian, jaraknya tidak begitu jauh dan dapat diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Perkiraan jarak yang akan ditempuh sekitar 6 kilometer.

Anda dapat mencapai pantai dari terminal Tuban Baru, terminal ini terletak di pusat kota Tuban dan mudah diakses karena jalannya mulus dan beraspal. Dari terminal, Anda bisa mengikuti jalan langsung menuju Pantai Cemara. Melewati jalan utama, Anda dapat dengan jelas melihat susunan pohon pinus yang ditanam di dekat pantai.

Pantai ini terletak di sebelah barat terminal Tuban Baru, sehingga Anda bisa mengendarai kendaraan ke arah barat. Karena itulah tempat ini juga terkenal sebagai spot sunset yang menarik.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Cemara, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, karena merupakan kunjungan lokal dan tidak dipungut oleh pemerintah. Tentunya Anda harus membayar biaya parkir agar kendaraan yang Anda tinggalkan selalu dijaga dengan baik oleh penjaga yang bertugas.

Untuk sepeda motor, Anda hanya perlu membayar sekitar 3000 rupee, sedangkan untuk mobil hanya sekitar 5.000 rupee. Jarak dari tempat parkir ke pantai tidak begitu jauh, jadi Anda bisa berjalan kaki ke pantai. Anda bisa mengunjungi pantai ini setiap hari mulai dari hari libur hingga weekdays dan weekdays.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Cemara

Aktivitas menarik Pantai CemaraKredit gambar: Google Maps Krisna A. Wibawa

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari, Pantai Cemara bisa menjadi tempat yang bisa Anda pertimbangkan. Di pantai, selain duduk di atas pasir pantai dan di dekat pohon cemara, Anda juga bisa duduk di gazebo yang dibangun di dekat pantai untuk menikmati semilir angin dan pemandangan yang indah.

Di sana Anda bisa berteduh dari terik matahari bersama teman dan keluarga. Tempat ini juga sering dijadikan tempat berkumpulnya rombongan wisata yang menghabiskan liburan mereka di sana. Sambil menikmati semilir angin laut, Anda bisa sembari mencicipi masakan dan minuman yang dijual para pedagang di pinggir pantai.

2. Jalan-jalan di pantai

Karena panjangnya garis pantai, Anda dapat berjalan-jalan di pantai karena pantai ini memiliki kemiringan yang khas dan mudah untuk dijelajahi. Warnanya yang kecokelatan lembut, lembut dan tidak kasar, menjadikannya tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan di sore atau pagi hari, saat matahari belum bersinar dengan teriknya.

Selain jalan-jalan menyusuri pantai, Anda juga bisa bermain deburan ombak di dekat pantai. Jika tertarik, Anda bisa bermain dan mengoleksi berbagai spesies laut yang digerakkan oleh ombak, antara lain berbagai biota laut, krustasea, dan berbagai hewan laut bercangkang lainnya.

3. Naik sepeda gunung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa naik ATV dan menjelajahi pantai, karena biaya sewa hanya 20.000 rupee untuk permainan, Anda dapat langsung bermain untuk tumpangan. Jangan khawatir, Anda akan menggunakan perlindungan yang direkomendasikan saat mengendarai ATV yang Anda sewa.

Dengan mengendarai ATV, Anda dapat dengan mudah menjelajahi pantai dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Setelah puas menaiki ATV, Anda bisa kembali menikmati indahnya pantai dengan duduk-duduk menunggu matahari terbenam atau menikmati hidangan yang ditawarkan restoran.

4. Menonton seni pertunjukan

Beberapa kali dalam sebulan, Anda dapat dengan mudah menemukan pertunjukan seni dan budaya lokal yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Tuban untuk menarik wisatawan, orang asing dan orang asing. Anda dapat dengan mudah melihat budaya dan kondisi sosial masyarakat dengan melihat budaya dan seni yang ditampilkan.

Beberapa pertunjukan seni yang ditampilkan adalah wayang, tarian dan budaya di larung untuk laut, ada juga pertunjukan teater pada waktu-waktu tertentu yang menceritakan kisah kehidupan Adipati Sumenep atau Ronggolawe yang menjadi ikon sejarah di pantai. .

Akomodasi Murah Di Sekitar Pantai Cemara

Akomodasi Murah Di Sekitar Pantai CemaraKredit gambar: saluran Google Maps srinoto86

Anda yang ingin bermalam setelah mengunjungi Pantai Cemara di Tuban bisa singgah dan beristirahat di hostel berikut ini. Anda bisa menyesuaikannya dengan anggaran yang Anda miliki sesuai dengan anggaran yang telah Anda siapkan. Berikut rekomendasi yang sering diberikan kepada wisatawan.

1. Tamu Geng dan Restoran

Lokasinya tidak jauh dari Pantai Cemara dan mudah dijangkau pengunjung menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Di dalam hotel, fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari televisi, kulkas, hingga kamar mandi dalam kamar.

Untuk satu malam hanya perlu merogoh kocek sekitar 250.000 rupiah, bisa lebih jika memilih kamar dengan fasilitas yang lebih baik. Hotel ini telah menerima banyak ulasan positif dari para tamu, jadi jangan khawatir tentang layanan yang ingin diberikan staf.

2. Hotel Taman Hijau

Lokasinya tidak jauh dari pantai Cemara dengan akses yang mudah karena dekat dengan pusat kota. Jaraknya hanya 5 kilometer dari pantai dan bisa ditempuh dari mana saja dari pusat kota Tuban hingga terminal Tuban yang baru. Hotel ini juga dekat dengan alun-alun dan tujuan wisata lainnya.

Untuk satu malam, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 350.000 rupee. Meski cukup mahal, berbagai fasilitas dan layanan menarik bisa Anda dapatkan di sini, seperti tempat yang nyaman, layanan laundry dan masih banyak lagi. Jangan lupa booking sebelum booking agar kamar tidak penuh.

3. Vila Mewah Kaya Bali

Terakhir, bagi Anda yang ingin beristirahat dengan nyaman, Anda bisa menginap di Bali ichh Luxury Villa yang menawarkan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Karena mendapatkan review bagus dari pelanggan yang sudah pernah berkunjung, Anda tidak perlu ragu untuk mampir dan istirahat sejenak di tempat ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Cemara

Fasilitas Pantai CemaraKredit gambar: Pengemudi Serbis Google Maps

Untuk fasilitas, pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan secara umum oleh wisatawan yang berkunjung, antara lain:

Tempat istirahat, Anda bisa beristirahat di belvedere atau di rerimbunan pepohonan yang berada di pinggir pantai. Di sana kamu bisa menikmati pantai dengan lebih leluasa karena angin lebih sejuk dan matahari tidak bersinar terik.

Ruang salat dan wudhu terpisah untuk pria dan wanita. Tempat ibadah ini didedikasikan bagi mereka yang beragama Islam dan membutuhkan tempat ibadah pada waktu-waktu tertentu.

Toilet umum bersih dan nyaman digunakan, sehingga wisatawan dapat berganti pakaian atau melakukan aktivitas pribadi dengan lebih leluasa.

Inilah informasi menarik yang perlu Anda ketahui jika ingin berkunjung ke Pantai Cemara di Tuban. Saat berada di sana, ingatlah bahwa Anda tidak boleh berkunjung selama musim hujan karena cuacanya buruk, sehingga banyak rencana liburan tidak berjalan dengan baik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button