Empat kota dingin di Jawa Timur kecuali Batu - WisataHits
Jawa Timur

Empat kota dingin di Jawa Timur kecuali Batu

Empat kota dingin di Jawa Timur kecuali Batu

Iklan PMB ITB Tuban

Berita Baru, Surabaya – Diketahui bahwa Jawa Timur memiliki banyak daerah dataran tinggi. Bahkan, puncak tertinggi di Pulau Jawa juga berada di Jawa Timur, yaitu Mahameru.

Di Jawa Timur misalnya, banyak terdapat daerah dengan suhu dingin. Bukan hanya dataran rendah seperti Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan suhu dinginnya adalah Kota Batu. Kota Batu terletak di ketinggian 680 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut.

Kota wisata ini juga diapit oleh 3 gunung yaitu Gunung Panderman, Arjuna dan Welirang. Sehingga suhu rata-rata di Kota Batu mencapai 19-24 derajat Celcius pada tahun 2019-2021. Selain Kota Batu, ada 4 kota lain di Jawa Timur yang juga mengalami suhu dingin. Yuk simak ulasan berikut ini, Rek!

Daerah dingin di Jawa Timur kecuali Kota Batu:

1. Kota Malang

Berita Terkait: Lansia Rentan Covid-19, Gubernur Jatim: Dukung mereka untuk melewati masa sulit pandemi ini

Situs resmi BPS Kota Malang menyebutkan bahwa suhu rata-rata di kota pendidikan ini akan mencapai 24-25 derajat Celcius pada tahun 2021. Suhu maksimum mencapai 31,4 derajat Celcius dan suhu minimum 14,9 derajat Celcius.

Maka tak heran jika banyak warga Surabaya Raya pergi ke Malang untuk bersenang-senang.

2. Kota Mojokerto

Kota Mojokerto merupakan dataran dengan ketinggian rata-rata 22 meter di atas permukaan laut. Suhu udara maksimum 34,8 derajat Celcius, yang biasanya terjadi pada bulan Januari dan November.

Sedangkan suhu udara minimal bisa mencapai 14,8 derajat Celcius yang biasanya terjadi pada bulan Februari. Demikian dikutip dari artikel di situs resmi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

3. Kota Probolinggo

Kota Probolinggo terletak pada ketinggian 0 hingga kurang dari 50 meter di atas permukaan laut. Namun keseluruhan area relatif landai.

Suhu udara berkisar antara 26 hingga 31 derajat Celcius. Kota Probolinggo terkenal dengan salah satu destinasi wisatanya yaitu Gunung Bromo.

4. Kabupaten Magetan

Magetan terkenal dengan wisata dataran tinggi seperti Telaga Sarangan dan Pendakian Gunung Lawu. Maka tak heran jika di perkotaan masih dingin.

Suhu udara berkisar antara 26 hingga 27 derajat Celcius. Jumlah curah hujan di dataran tinggi adalah 2.500-3.000 mm, sedangkan di dataran rendah antara 1.300-1.600 mm.

Berita Terkait: Semangat Lawan Berita Palsu, Beritabaru.co Luncurkan Biro Tuban

Sosialisme dari Utopia ke Indonesia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button