Hotel Grand Inna Malioboro segera direnovasi untuk melestarikan peninggalan sejarahnya - WisataHits
Yogyakarta

Hotel Grand Inna Malioboro segera direnovasi untuk melestarikan peninggalan sejarahnya

jakarta

Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau InJourney berencana merenovasi Hotel Grand Inna Malioboro di Yogyakarta. Hal ini dimaksudkan untuk melestarikan bangunan yang terdaftar.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengungkapkan rencana tersebut Selasa (29/11/2022) di Semarang, Jawa Tengah. Redesign Hotel Grand Inna Malioboro ini merupakan bagian dari pengembangan pariwisata Joglosemar (Yogyakarta, Solo dan Semarang) untuk mendukung destinasi prioritas di Jawa Tengah, Candi Borobudur.

“Pengembangan akan kami lakukan dengan merenovasi Hotel Grand Inna Malioboro. Kami ingin ada bangunan bersejarah yang bagus,” kata Dony kepada wartawan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Menurut Dony, prioritas pengembangan wisata Joglosemar adalah melestarikan warisan budaya. Hal ini dikarenakan budaya tersebut cukup menonjol di daerah Yogyakarta.

Hotel Grand Inna Malioboro di 60 Jalan Malioboro Yogyakarta merupakan hotel tua yang memiliki sejarah panjang. Menurut Budaya.kemdikbud.go.id, hotel ini dibangun pada 10 September 1911 dan beroperasi sejak 15 September 1912.

Dahulu hotel ini bernama Grand Inna Malioboro Grand Hotel de Djokja dan dimiliki oleh Naamlooze Vennootschap (Perusahaan Umum) Grand Hotel de Djokja dengan direktur J. Jansen. Hotel ini dibangun dengan ciri bangunan bergaya kolonial transisi. Buktinya, ada sejumlah ciri khas, terlihat dari bentuk denah, bahan yang digunakan, bentuk atap pelana dan tameng, bentuk atap pelana yang khas, tiang-tiang yang menempel di dinding, dan menara di bagian depan bangunan.

Pembangunan Hotel Grand Inna Malioboro telah disahkan melalui Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia No. PM.89/PW.007/MKP/2011.

“Pemberian dan renovasi Hotel Grand Inna Malioboro akan kami mulai pada Desember 2022 dengan desain utama yang baik namun tetap mempertahankan karakter sejarah bangunan hotel. Nantinya, pelestarian heritage akan dipadukan dengan fasilitas yang baik,” kata Dony.

Target Dony adalah menyelesaikan renovasi dan furnishing Hotel Grand Inna Malioboro pada November 2023.

Selain Hotel Grand Inna Malioboro, Stasiun Tugu menjadi prioritas perencanaan dan renovasi di Yogyakarta. Tujuannya sama, yaitu pemugaran dan pelestarian bangunan yang terdaftar.

Sementara di Semarang, InJourney berkonsentrasi pada pengembangan kawasan kota tua. Sedangkan di Solo, Candi Mangkunegaran, Lokananta, dan Stasiun Solo Balapan diprioritaskan.

Saksikan Wajah Baru Mandalika, Sarinah untuk video TMII
[Gambas:Video 20detik]
(perempuan/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button