Puncak Karomba, panorama alam yang eksotik dan vila berbentuk rumah tradisional Toraja di Pinrang - WisataHits
wisatahits

Puncak Karomba, panorama alam yang eksotik dan vila berbentuk rumah tradisional Toraja di Pinrang

Puncak Karomba, panorama alam yang eksotik dan vila berbentuk rumah tradisional Toraja di Pinrang

Puncak Karomba merupakan puncak dengan pemandangan alam terbaik. Meski butuh banyak usaha untuk mencapai puncak, semuanya dijamin memuaskan.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 05.00-00.30 WITA, Alamat: Supirang, Kec. Lembang, Kab. Pinrang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Puncak Karomba bisa menjadi pilihan terbaik untuk berlibur. Pemandangan alamnya yang indah mampu menghilangkan penat seketika. Juga, jika Anda datang dengan kerabat. Wisata gunung ini bisa menambah suasana romantis. Jauh dari kehidupan kota, Karomba menawarkan pengalaman liburan yang tenang.

Wisatawan dapat mundur sejenak dari hiruk pikuknya. Fasilitas pendukungnya pun cukup beragam, sehingga tetap nyaman dan aman. Tentunya wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka mendaki atau memiliki jiwa petualang. Puncak yang sulit ini akan memberikan kesan yang tak terlupakan.

Penasaran dengan puncak ini, daya tariknya, harga tiket masuk dan fasilitasnya? Lihat artikel selengkapnya di bawah ini. Wisatawan akan mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan.

Objek Wisata Puncak Karomba

Objek Wisata Puncak KarombaFoto oleh Andibasoamry di Google Maps

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa Karomba merupakan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan pegunungan. Obyek wisata ini banyak sekali. Wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi sebagai berikut.

✦ Pemandangan gunung yang eksotis

Wisatawan sering menyebut Karomba sebagai negeri di atas awan karena keindahannya yang luar biasa. Puncak ini menyuguhkan pemandangan pegunungan dengan ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang masih hijau menjulang tinggi dan cukup sulit membuatnya ideal bagi para pendaki. Jika berkunjung pada pagi atau sore hari, wisatawan bisa melihat hamparan awan yang menyelimuti puncak.

✦ Villa berupa rumah adat Toraja

Di era modern ini, sangat sulit untuk menemukan budaya tradisional termasuk rumah tradisional. Ternyata, di puncak Karomba, wisatawan bisa melihat rumah adat Toraja. Memang rumah adat ini bukanlah rumah adat yang sebenarnya, melainkan sebuah vila yang memiliki konsep tradisional. Tentu saja, ini dapat memperindah posting media sosial.

✦ Kolam renang

Atraksi terakhir dari sirkuit alam ini adalah kolam renangnya. Tak hanya cocok untuk pendaki dewasa, Karomba juga menawarkan kolam renang untuk anak-anak. Jangan khawatir, ada pilihan kedalaman kolam bagi wisatawan yang tidak bisa berenang. Airnya juga jernih dan sejuk, karena masih alami dan berada di atas pegunungan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat puncak KarombaFoto oleh Richard Félix di Google Maps

Wisata Karomba terletak di Pinrang, Sulawesi Selatan. Lokasinya berjarak 400 km dari ibu kota Makassar dan wisatawan harus menempuh waktu sekitar 12 jam jika tidak singgah untuk istirahat. Dari pusat kota Pinrang, Karomba berjarak sekitar 80 km dengan durasi 3 jam. Wisatawan bisa pergi ke Polman atau desa Tuppu.

Lalu belok kanan menuju PLTA Bakaru. Setelah itu akan ada garpu menjadi dua. Ambil cabang kiri menuju Karomba. Sepanjang jalan, pengunjung akan menemukan jalan berliku dan jalan yang tidak rata. Akses jalan yang rumit akan terbayar ketika sudah sampai di puncak gunung. Sebagai saran, sebaiknya naik sepeda motor saja untuk wisata ini, terutama motor trail.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan dan pesona alam Puncak Karomba, wisatawan tidak perlu merogoh kocek sama sekali. Wisata berupa pegunungan ini gratis atau tidak berbayar sama sekali. Hanya membayar biaya parkir yang sangat terjangkau. Untuk sepeda motor biaya parkirnya adalah Rp 2.000. Sedangkan untuk mobil, harga parkirnya Rp 5.000.

Namun karena aktivitas pendakian cukup ekstrim, wisatawan harus membawa uang ekstra. Alokasikan dana untuk kebutuhan mendesak, wisata kuliner, pengobatan pribadi.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas puncak KarombaFoto oleh Muhajir Asiz di Google Maps

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Karomba. Tentunya para pengunjung dapat memilih aktivitas sesuai dengan hobi dan kemampuannya. Apa saja kegiatannya?

1. Mendaki

Puncak Karomba menawarkan sirkuit berupa pegunungan dengan trek yang cukup panjang. Oleh karena itu, sirkuit ini sangat cocok bagi para pendaki yang menyukai tantangan. Treknya cukup ekstrim, sehingga disarankan untuk datang dalam kondisi sempurna.

Selama pendakian, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Karomba yang luar biasa. Hiking juga bisa mendekatkan wisatawan dengan alam. Selama penyembuhan, bisa saat berolahraga. Manfaat panjat tebing sendiri sangat banyak, mulai dari menjaga kesehatan jantung, memperkuat otot kaki, meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi.

2. Berenang di Kolam Renang Puncak Karomba

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di gunung ini adalah berenang. Salah satu daya tarik Karomba adalah adanya kolam renang dengan air yang jernih. Berenang di sini tentunya akan menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran sejenak. Uniknya, Gunung Karomba menawarkan banyak pilihan kolam dengan tingkat kedalaman yang bervariasi.

Ini akan sangat membantu wisatawan yang tidak bisa berenang atau membawa anak kecil. Namun, aktivitas ini sebaiknya dilakukan bagi orang dengan daya tahan tubuh yang kuat. Mengingat udara di Karomba cukup dingin, dikhawatirkan pengunjung akan masuk angin.

Jika memang tujuan awal kunjungan Anda adalah untuk berenang, maka jangan lupa membawa perlengkapan berenang. Selalu awasi gerak-gerik anak dan jangan biarkan ia lepas dari pengawasan.

3. Mencicipi kuliner

Jangan khawatir jika Anda lapar di tengah pendakian. Pasalnya, akan banyak warung makan yang menawarkan kuliner tradisional yang nikmat. Ada juga makanan lokal yang siap memanjakan lidah Anda. Menu masakannya cukup variatif dengan resep khas yang diturunkan dari generasi ke generasi. Harga makanannya juga cukup murah dan pas di kantong pendaki.

4. Lihat matahari terbenam

Puncak Karomba menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Keberadaannya di puncak gunung membuat wisatawan leluasa merenungi aspek alam. Salah satunya menyaksikan matahari terbenam.

Diselimuti awan, pemandangan matahari terbenam perlahan akan memukau siapa saja yang melihatnya. Hal itu akan menambah suasana romantis bagi wisatawan yang datang berpasangan.

5. Kamp

Setelah lama mendaki dan mencapai puncak, wisatawan bisa berkemah. Jika memang tujuan mendaki adalah berkemah, ingatlah untuk membawa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya.

Cobalah untuk tetap tenang dan tidak membuang sampah sembarangan saat berkemah. Jaga sikap dan ucapan Anda untuk meminimalkan hal-hal buruk karena puncak ini masih alami. Kalau tidak mau ribet, wisatawan bisa menginap di vila-vila yang tersedia. Villa Puncak Karomba terbilang unik karena menyerupai rumah adat Toraja.

6. Berburu Foto

Kegiatan terakhir ini sangat relevan dengan kehidupan saat ini. Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas fotografi, sangat cocok mengunjungi Karomba. Ada berbagai spot foto menarik yang bisa dijadikan perlengkapan fotografi. Tentu saja, hasilnya dapat diunggah ke jejaring sosial untuk menunjukkan atau mengulas kunjungan alam ini.

Selain foto, pengunjung juga bisa merekam video untuk kebutuhan konten. Nantinya, hasil video tersebut bisa dipublikasikan di YouTube, Instagram Reels, atau platform lainnya. Hal ini dapat meningkatkan jangkauan audiens sehingga nama tersebut semakin dikenal masyarakat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak KarombaFoto oleh Alief Mansyur di Google Maps

Meski merupakan wisata alam yang agak terpencil, namun fasilitas Pegunungan Karomba masih memadai. Wisatawan dapat menghabiskan liburannya dengan nyaman karena fasilitas yang lengkap. Saat baru masuk wisata, akan tersedia area parkir yang cukup luas untuk meletakkan kendaraan. Ada juga kamar mandi bersih, kursi istirahat, warung makan, dll.

Jangan khawatir jika lelah mendaki, karena ada penginapan unik berupa rumah adat Toraja. Harga akomodasi juga cukup terjangkau. Namun, pastikan Anda memesan vila jauh-jauh hari agar tidak penuh.

Pemandangan dari atas Karomba memang sangat mempesona. Jika Anda ingin mundur dari kehidupan kota, Anda harus mengunjungi negeri di atas awan ini. Selain itu, ada banyak kegiatan menarik yang bisa meningkatkan hubungan dengan pasangan, teman, dan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button