Air Pantai Baron Gunungkidul Mendadak Berwarna Coklat, Kenapa? - WisataHits
Yogyakarta

Air Pantai Baron Gunungkidul Mendadak Berwarna Coklat, Kenapa?

Gunungkidul

Air laut di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, hari ini berubah warna menjadi coklat. Apa yang dipicunya?

pemantauan detikJateng Saat ini, air di Pantai Baron terlihat berwarna coklat. Namun, pemandangan ini hanya terjadi secara marjinal, hingga beberapa ratus meter dari bibir pantai.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Kabupaten Surisdiyanto mengatakan, ini bukan kali pertama terjadi. Kejadian serupa kerap terjadi saat derasnya arus sungai yang bermuara di Pantai Baron.

“Airnya berwarna coklat karena sungai yang mengalir ke Pantai Baron tergenang air,” kata Surisdiyanto saat ditemui di Pantai Baron, Gunungkidul, Jumat (18/11/2022).

Air laut di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul berubah warna menjadi coklat pada Jumat (18/11/2022).Air laut di Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul berubah warna menjadi coklat pada Jumat (18/11/2022). Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng

Menurut Surisdiyanto, airnya tidak selalu berwarna coklat. Yaitu, saat sungai yang memasuki Pantai Baron berhenti mengalir deras.

“Biasanya warna air berubah saat sungai yang masuk Baron tidak deras, jadi mungkin dalam dua sampai tiga hari warna air akan berubah,” ujarnya.

Selain itu, perubahan warna air laut di Pantai Baron tidak mempengaruhi aktivitas nelayan. Bahkan beberapa wisatawan tetap datang kembali untuk menikmati suasana di Pantai Baron.

“Karena sudah berkali-kali terjadi di Pantai Baron, kejadian ini tidak mempengaruhi aktivitas nelayan melaut,” jelasnya.

Tonton Video “Kafe Tanpa Ijin Disegel di Babarsari, Ada Perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]
(mendesah / menyesap)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button