Kuntum Farmfield, Tempat Wisata dan Belajar Peternakan di Bogor - WisataHits
wisatahits

Kuntum Farmfield, Tempat Wisata dan Belajar Peternakan di Bogor

Kuntum Farmfield adalah salah satu tujuan perjalanan alternatif untuk keluarga yang mau ke bogor jawa barat. Dengan panorama alam yang disuguhkan, wisatawan bisa melakukan berbagai macam tarian, mulai dari memberi makan sapi hingga menunggang kuda.

Harga tiket: Rp50.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Tempat wisata ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berbagai aktivitas bisa dilakukan oleh siapa saja yang pergi ke sana untuk mengisi waktu. Pengunjung Kuntum Farmfield dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasinya tidak terlalu sulit dijangkau, sehingga orang yang pergi ke sana pasti bisa menemukannya dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Keindahannya juga akan memukau siapa saja yang ingin berkunjung ke tempat tersebut hanya untuk menghabiskan waktu bersama kerabat atau teman.

Tempat ini sudah lama dikenal sebagai alternatif wisata lain di Bogor. Dengan konsep agrowisata, rekreasi di tempat ini menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus edukasi bagi wisatawan. Berbagai pengetahuan pertanian bisa didapatkan pengunjung, bahkan jika bisa langsung menanam tanaman.

Daya tarik Kuntum Farmfield

Daya tarik Kuntum FarmfieldKredit gambar: Google Maps Istiana Sutanti

1. Tur Pertanian yang Menyenangkan

Ini adalah daya tarik utama Kuntum Farmfield. Bagaimana bisa? Di tempat ini mengusung konsep yang sangat unik dan menarik perhatian semua orang yang mendengarnya. Dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan udara yang segar, pengunjung dapat mencoba berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan pertanian dan peternakan.

Di tempat ini, wisatawan bisa melihat secara langsung tanaman yang biasanya ada di dapur atau sudah diolah menjadi berbagai masakan lezat. Intinya yang satu ini cukup banyak jenis sayuran yang tumbuh secara alami. Pengunjung juga bisa melihat langsung proses perkembangannya.

Petani di sini bebas memelihara dan merawat semua tanaman dan pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam prosesnya. Mulai dari menanam benih hingga proses pemanenan, pengunjung bisa merasakannya secara langsung. Itu sebabnya tempat ini memiliki sesuatu yang berbeda dari tempat lain.

Uniknya, tempat ini menyediakan sayuran tersebut dalam bentuk organik. Artinya, proses yang digunakan untuk membudidayakannya sangat sangat alami, sehingga jauh dari berbagai macam campur tangan manusia. Penggunaan pestisida hampir tidak terlihat karena tanaman di sana sangat aman untuk dikonsumsi meskipun tidak disterilkan terlebih dahulu.

Beberapa jenis buah juga tumbuh subur di sini. Iklim di sekitarnya memang sangat mendukung tumbuhnya berbagai jenis flora, sehingga tidak terlalu mengejutkan memang. Dibalut dengan pelayanan yang prima, setiap orang akan merasakan sensasi yang tak terlupakan saat memutuskan untuk bersenang-senang di tempat wisata yang satu ini.

Kuntum Farmfield juga menyediakan berbagai hewan yang menjadi produk peternakan di kawasan tersebut. Pengunjung juga dapat mengunjungi kandang semua hewan yang hidup di sana. Beberapa jenis hewan dipelihara di sana, yaitu domba, sapi dan juga domba. Namun, ada juga satwa liar seperti marmut, kuda, dan kelinci.

Merawat semua hewan adalah bagian dari perjalanan terorganisir yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan jika Anda beruntung, beberapa anak ayam dari hewan ini dapat ditemukan di awal musim kawin. Bertemu dengan versi mini sapi, kuda, atau hewan lainnya memang cukup menyenangkan mengingat penampilannya yang selalu imut dan menggemaskan.

2. Berbagai permainan yang ditawarkan

Selain mempelajari berbagai hal tentang agribisnis, pengunjung juga dapat memainkan berbagai macam permainan. Meskipun banyak dari wahana ini juga terkait dengan budaya yang dipraktikkan oleh pengunjung tempat wisata ini. Beberapa dari mereka menangkap ikan dan juga naik di sepanjang tanah hijau yang subur dengan rumput.

Melakukan berbagai aktivitas di sana memang sangat menarik untuk dicoba, mengingat tidak semua tempat wisata sejenis menawarkan permainan, pengunjung juga bisa melakukannya bersama teman, saudara atau keluarga. Dengan jalan-jalan dan bermain game, kemesraan hubungan menjadi semakin dekat.

Kegiatan kreatif lainnya juga bisa dihadirkan oleh orang-orang yang mencintai jiwa seni. Pengunjung bisa melukis pemandangan indah di depan mata dengan kuas di atas kanvas yang disediakan. Dapat menambah semangat berkreasi, terutama bagi anak kecil.

3. Indahnya pesona alam Bogor

Daya tarik Kuntum FarmfieldKredit gambar: Twitter @detikcom

Tanah Bogor dikenal sebagai tempat yang menawarkan pemandangan yang menjanjikan bagi masyarakat sekitar maupun yang datang berkunjung. Selain terkenal dengan tempat wisata puncaknya yang fenomenal, Kuntum Farmfield juga tak kalah menjanjikan. Pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata yang melihatnya.

Suasana damai dan tenteram hadir karena tempat ini terlihat begitu hijau. Pengunjung dapat melihat berbagai vegetasi alam yang tubuh suburnya sengaja dilestarikan oleh masyarakat sekitar. Tempat ini begitu menyegarkan bagi tubuh berkat menghirup segarnya udara bersih yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan yang hidup di sana.

Pikiran pasti akan kembali segar setelah menikmati panorama yang disajikan. Objek ini memang cocok bagi mereka yang penat dengan kehidupan sehari-hari yang agak melelahkan dan melelahkan. Jadi, tidak hanya edukatif tapi tempat agrowisata ini juga menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan mengunjungi kawasan yang asri dan rindang.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Kuntum FarmfieldKredit gambar: Twitter Prabowo

Kuntum Farmfield terletak di Bogor Timur, tepatnya di kawasan Sindangrasa. Alamat tepatnya adalah Jalan Raya Tajur No. 291. Untuk mencapainya cukup mudah. Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan pribadi dan melewati Tol Jagorawi. Keluar dari tol, ikuti rambu mengikuti arah kiri lurus ke Jalan Raja Tajur dan Anda akan sampai di lokasi.

Untuk memasuki area peternakan, pengunjung harus membayar biaya untuk mendapatkan tiket masuk. Selama seminggu, dari Senin hingga Jumat, pengunjung harus membayar 50.000 rupee untuk anak-anak dan orang dewasa. Namun, pada akhir pekan dan hari libur lainnya, harga tiket naik 10.000 rupee.

Bagi pengunjung yang membawa bayi di bawah usia dua tahun, akan dikenakan harga yang berbeda. Namun, harganya cukup terjangkau karena pengunjung bisa mencoba berbagai hal yang sudah disediakan pengelola dengan baik.

Ditambah dengan pilihan aktivitas yang sangat menyenangkan yang bisa dilakukan di lokasi ini. Menambah keseruan saat berkunjung ke sana. Tidak hanya pemandangan hijau yang indah khas pedesaan, tetapi juga ternak dan fasilitas yang tersedia di sana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kuntum Farmfield

Aktivitas Pertanian KuntumKredit gambar: Google Maps Rahman Pasaribu

1. Beri makan hewan ternak

Karena jenis ternak yang berbeda-beda, maka pengunjung akan sangat mudah untuk menyediakan makanan bagi mereka. Namun, kita tentu tidak bisa memberi mereka makanan sembarangan. Pengunjung harus menyediakan makanan yang telah disediakan oleh pengelola untuk diberikan kepada satwa.

Terkadang yang menarik adalah memberi makan marmut atau kelinci. Dengan kelucuan hewan-hewan ini, banyak pengunjung yang menyukainya. Karena hewan tersebut heboh, tak jarang juga ia sangat heboh saat memberinya makan.

2. Berkuda

Aktivitas favorit pengunjung Kuntum Farmfield adalah merasakan sensasi menunggang kuda di sini. Tempat ini memang menjadi rumah bagi beberapa kuda, dan wisatawan bisa menungganginya di area yang cukup luas.

Menunggang kuda di tempat ini menjadi lebih menarik karena daerah sekitarnya merupakan daerah peternakan dan pertanian, sehingga pengunjung akan melewati berbagai medan yang menarik. Udara segar yang mengelilingi tempat ini juga menjadi salah satu hal yang dicari orang.

Tak perlu khawatir bila ingin karena ada beberapa pemandu wisata cantik yang selalu siap melayani pengunjung. Bagi yang ingin menaikinya akan ditemani oleh pemandu. Mereka adalah para profesional yang akan membantu Anda menikmati momen indah tempat tersebut.

3. Tanam sayuran

Inilah aktivitas utama yang harus dicoba dalam perjalanan ke Kuntum Farmfield. Sebagian besar lahan yang tersedia merupakan areal pertanian berbagai jenis sayuran. Pengunjung akan belajar dan mempraktekkan langsung cara menanam sayuran secara organik.

Berbeda dari tempat lain, pengunjung akan mendapatkan topi khas petani saat mencobanya. Dengan cara ini, perasaan yang dialami akan benar-benar menyerupai aslinya.

Pertanian organik memang menjadi salah satu ciri khas tempat yang satu ini. Proses perawatan adalah bagian yang paling berbeda. Untuk ini, tidak sembarang teknik bisa digunakan. Pendirian agrowisata di lokasi ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang hal ini.

4. Panen Bumi

Aktivitas menyenangkan di Kuntum FarmfieldKredit Gambar: Facebook Sekolah Domba Kecil

Tidak hanya cara menanam, akan ada juga cara memanen hasil panen. Pengunjung juga akan mempraktekkannya secara langsung sehingga dapat mengingatnya dalam waktu yang lama. Beberapa teknik tidak berlaku untuk jenis tanaman yang berbeda, jadi hanya metode tertentu yang akan diberikan untuk tanaman tertentu.

5. Melatih kreativitas anak dengan kerajinan lukis

Ada juga kegiatan yang cukup seru, terutama untuk anak-anak. Ada beberapa benda yang bisa dilukis, yaitu keranjang atau topi. Dibutuhkan banyak bakul untuk menampung hasil panen yang dihasilkan. Selain itu, caping berfungsi sebagai topi agar petani tidak kepanasan di bawah terik matahari.

Anak-anak dapat melukis dua benda dengan warna indah yang berbeda. Ini akan sangat melatih kemampuan mereka dan terutama daya pikir mereka. Ini menyenangkan dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

6. Menangkap ikan

Kegiatan lain yang sangat berguna untuk melatih kemampuan balita Anda adalah menangkap ikan di kolam khusus. Pengelola akan menyediakan jaring sehingga dapat digunakan untuk menangkap ikan yang hidup di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kuntum FarmfieldKredit gambar: Google Maps Andrew Sugianto

Tempat wisata edukasi ini memiliki banyak fasilitas seperti toilet, tempat parkir dan juga mushola bagi pengunjung muslim. Beberapa tempat makan dan tempat makan juga terletak di sini dan menyajikan hidangan yang akan memuaskan pengunjung yang lapar. Ada ruangan besar di dalam yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak.

Berkunjung ke kawasan Bogor rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke tempat wisata ini. Kuntum Farmfield memang akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan sehingga pengunjung akan merasakan suasana wisata yang berbeda dan lebih menyenangkan di tempat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button