Pantai Carita Pandeglang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Carita Pandeglang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Carita di Pandeglang tidak hanya menawarkan panorama Gunung Anak Krakatau di kejauhan, pantai ini juga menawarkan pemandangan hamparan pasir putih.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukaramé, Kec. Carita, Kab. Pandéglang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Tidak jauh dari ibu kota, Pandeglang memiliki pantai yang indah dan menawan bernama Pantai Carita. Dimana keindahan pantai yang satu ini, bahkan terkenal sampai mancanegara. Menghadap ke Selat Sunda, banyak sekali pesona yang ditawarkan pantai seluas 2,5 hektar ini. Menawarkan berbagai wisata bahari, pantai ini cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Agar tidak semakin penasaran, yuk kita simak keindahan Pantai Carita berikut ini.

Atraksi Pantai Carita

Aktivitas di Pantai CaritaKredit Gambar: Google Maps Yohanes Mario

Pantai yang terletak di pesisir utara bagian barat provinsi Banten ini memiliki kontur tanah landai yang ditumbuhi pasir putih. Dengan ombak yang cenderung tenang, menjadikan pantai ini sebagai laut yang aman untuk dijadikan tempat rekreasi. Kekayaan biota laut dan terumbu karang milik Pantai Carita tak kalah menarik untuk dijelajahi. Selain itu, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata keluarga.

Pantai yang menghadap ke Selat Sunda ini menawarkan pemandangan yang menawan, sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang masih mengunjunginya lebih dari satu kali. Dimana pengunjung yang datang ke pantai akan dimanjakan dengan panorama pasir putih yang berpadu dengan indahnya laut biru.

Adanya hembusan angin yang tidak terlalu kencang, sehingga ombak yang menyerempet pantai tidak terlalu tinggi. Kemudian angin sepoi-sepoi akan menyentuh dedaunan pohon kelapa yang berjejer di tepi pantai, dan akan menimbulkan gemerisik yang menyejukkan hati. Saat hari cerah, pengunjung dapat melihat indahnya panorama Gunung Anak Krakatau dari kejauhan.

Kedekatan selat tidak membuat Pantai Carita kekurangan wisata bawah laut. Meski memiliki luas laut yang sempit, pantai ini memiliki kekayaan biota laut dan terumbu karang yang menawan. Seiring dengan keindahan bawah laut ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas untuk berkenalan dengan kehidupan laut dan terumbu karang yang menarik dengan snorkeling atau menyelam.

Alamat dan rute menuju kawasan pantai Carita

Alamat Pantai CaritaKredit gambar: Google Maps Budi iteruT

Terletak di kecamatan Carita Pandeglang, pantai cantik ini tidak begitu jauh dari pantai Tanjung Lesung dan pantai Anyer. Artinya akses menuju pantai mudah ditemukan. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan akses jalan, meski jauh dari kota, kondisi jalan menuju pantai ini cukup baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan lubang atau jalan yang belum beraspal.

Wisatawan yang datang dari Jakarta dapat mengambil jalan yang melewati Tol Jakarta Merak. Setelah itu, wisatawan tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Anyer. Karena lokasi pantai Carita berada satu jalur dengan pantai Anyer. Berkat rute ini, wisatawan hanya membutuhkan waktu 3 jam perjalanan. Sedangkan pengunjung yang datang dari arah Bogor dapat mengambil jalan yang menuju Pandeglang atau melalui jalan menuju Serang.

Harga Tiket Masuk Pantai Carita Pandeglang

Harga tiket masuk Pantai CaritaKredit gambar: Google Maps Budi itu

Bisa dikatakan tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau, sehingga wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk pengunjung perorangan hanya dikenakan biaya Rp 15 ribu. Namun harga tiket ini belum termasuk biaya parkir. Biaya parkir dikenakan sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan pribadi seperti sepeda motor, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp 30 ribu.

Untuk jam buka atau jam buka, bisa dikatakan pantai ini buka 24 jam sehari. Wisatawan bisa leluasa berlibur di pantai hingga malam hari. Namun, tiket masuk ke pantai ini hanya dijual dari pagi hingga sore hari. Jadi, jika wisatawan ingin berkunjung pada malam hari, sebaiknya datang pada sore hari. Karena pada malam hari, para agen di pintu masuk wisata tidak lagi menjual tiket.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Carita

Aktivitas di Pantai CaritaKredit gambar: Google Maps Iqbal Jalaludin

Dengan keindahan bawah lautnya, snorkeling dan diving adalah dua aktivitas populer di Pantai Carita. Namun tidak hanya itu, di pantai ini sendiri juga terdapat beberapa macam aktivitas seperti banana boat dan jetski. Dengan mengeluarkan uang sesuai dengan biaya yang telah ditentukan, wisatawan akan diajak berwisata dengan menaiki perahu berbentuk pisang yang ditarik oleh jetski.

Saat ombak laut datang, perahu berbentuk pisang itu akan terbalik hingga penumpangnya terlempar ke laut.Sementara itu, aktivitas jet ski cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati laut carita lebih sulit namun tetap privat. Dimana kegiatan ini dapat menarik wisatawan untuk naik jetski sambil merasakan angin di tengah laut.

Tak hanya itu, pantai ini juga menawarkan aktivitas menantang lainnya seperti wave skating atau istilah keren selancar. Meski bukan pantai pantai selatan, ombak di pantai ini cukup tinggi dan cocok untuk pemula yang ingin belajar surfing atau peselancar tingkat lanjut. Pantai ini juga terkenal sebagai tempat memancing, dimana biasanya orang memancing dari teluk atau dari atas bukit karang yang tersebar tidak jauh dari pantai.

Selain bermain jet ski, wisatawan juga bisa berlayar melalui Selat Sunda dan menikmati suasana laut yang aman dan nyaman, lho. Selain itu, sambil berlayar, pengunjung juga bisa menikmati indahnya panorama Pegunungan Carita hingga Anyer dari tengah lautan. Salah satu tujuan perjalanan adalah mengunjungi Taman Laut Kabua (Pulau Hilang) yang pada zaman dahulu diyakini merupakan gugusan bukit di Kadipaten Caringin yang hancur diterjang Tsunami Krakatau tahun 1883.

Pelayaran ini juga akan menuju destinasi lain yaitu untuk menyaksikan keunikan Pulau Burung yang hanya berjarak satu kilometer dari Taman Laut Kabua. Jika wisatawan kurang puas hanya berlayar di sekitar Selat Sunda dan Pantai Carita, mereka bisa berlayar ke kawasan pegunungan Anak Krakatau. Dimana di tempat ini wisatawan akan melihat gunung berapi yang masih aktif dan terletak di tengah lautan.

Di sekitar wilayah pesisir juga banyak terdapat pulau-pulau kecil yang sebagian terlihat di permukaan dan sebagian lagi tidak. Biasanya pulau tak kasat mata ini berada di bawah laut, namun dengan perairan yang dangkal. Manakah dari spot-spot tersebut yang menjadi destinasi favorit para pemancing ikan laut, apalagi di pantai ini saja wisatawan juga akan disuguhi panorama matahari terbenam, dengan suara deburan ombak yang bermain di latar belakang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Carita

Fasilitas Pantai CaritaKredit gambar: Google Maps Yusup Karsa88

Menjadi salah satu destinasi wisata utama di Pandeglang, bisa dikatakan fasilitas yang dimiliki pantai ini terbilang lengkap. Dimana dapat dilihat dari banyaknya hotel-hotel kecil yang dapat ditemukan wisatawan di sekitar pantai. Tentunya hotel atau hostel ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin berkunjung dan menginap di pantai bersama teman atau keluarga.

Tidak hanya itu, fasilitas penting lainnya juga telah disediakan oleh pengelola pantai Carita. Salah satunya adalah lifeguard yang selalu menjaga dan mengawasi keselamatan pengunjung pantai. Selain itu, fasilitas umum seperti toilet, kamar kecil, dan mushola juga tersedia. Apalagi jenis wisata kuliner juga ada. Sedangkan wisatawan perlu khawatir saat berkunjung ke Pantai Pandeglang.

Akomodasi di sekitar Pantai Carita Pantai

Akomodasi Pantai CaritaKredit gambar: Penggemar GP snalpot Google Maps

Menghabiskan waktu menjelajahi Pantai Carita akan terasa seperti terburu-buru jika hanya untuk sehari. Sebagai tempat menginap, terdapat berbagai jenis akomodasi yang dapat digunakan pengunjung. Untuk masalah tarifnya juga bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu Rp 1,3 juta. Dimana perbedaan harga ini tergantung dari kualitas hostel yang akan dipilih wisatawan.

Jika ingin yang murah, wisatawan bisa memilih menginap di hotel atau hostel standar. Namun, jika ingin menikmati fasilitas mewah, Anda bisa memilih menginap di resort atau vila. Dimana wisatawan dapat menemukan hotel, villa dan resort di sepanjang Jalan dan Pantai Carita. Lokasinya tidak jauh dari pantai, yang berarti beberapa hotel memiliki pemandangan pantai yang indah.

Demikian ulasan tentang Pantai Carita di Pandeglang, Banten. Pantai dengan panorama Gunung Anak Krakatau ini, menampilkan keindahan pantai dan juga alam bawah laut yang begitu megah. Apalagi banyak aktivitas menarik yang dipadukan dengan fasilitas yang lengkap membuat siapa saja yang ingin berkunjung ke pantai ini iri. Nah, apakah Anda tertarik untuk berkunjung?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button