Gili Asahan, pulau cantik dan spot favorit para pecinta snorkeling di Lombok Barat - WisataHits
wisatahits

Gili Asahan, pulau cantik dan spot favorit para pecinta snorkeling di Lombok Barat

Gili Asahan, pulau cantik dan spot favorit para pecinta snorkeling di Lombok Barat

Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang tersembunyi termasuk Gili Asahan di Lombok.

Biaya kunjungan: Mulai Rp 150.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Batu Putih, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika kita berbicara tentang Lombok, tentu tidak jauh dari keindahan alamnya yang kerap membuat takjub setiap orang. Di pulau kecil ini terdapat banyak tempat wisata alam yang mempesona, termasuk Gili Asahan Lombok. Daerah kecil ini sangat terkenal dengan biota lautnya yang kaya.

Sampai saat ini jika ditanya tentang daerah yang memiliki pantai yang indah dan pemandangan alam yang mempesona, sebagian besar orang mungkin akan menjawab Bali. Padahal Pulau Lombok juga memiliki pesona alam yang tidak kalah indahnya. Untungnya, kini banyak orang yang mulai merasakan pesona alam Lombok.

Gili Asahan merupakan sebuah kawasan di Lombok Barat yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Bagi wisatawan yang memiliki hobi diving atau snorkeling wajib memasukkan wisata alam ini ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Tak hanya aneka ikan kecil, wisatawan juga bisa melihat terumbu karang yang indah.

Atraksi yang ditawarkan Gili Asahan

Foto oleh Mila Di Bella di Unsplash

Bicara soal daya tarik, ada banyak hal menarik yang bisa wisatawan temukan di Gili Asahan. Karena pulau kecil yang cantik ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai saja. Berikut berbagai tempat wisata yang sangat mempesona di pulau kecil desa Batu Putih Lombok.

✦ Pemandangan pantai yang menawan

Daya tarik pertama yang bisa langsung dilihat wisatawan saat berkunjung adalah pemandangan pantai yang menawan. Sesampainya di pulau ini, mata wisatawan akan dimanjakan dengan pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Apalagi disekelilingnya juga terdapat pepohonan yang membuat pemandangan semakin indah.

✦ Taman selam rahasia di lokasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pulau Lombok yang indah ini adalah surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Di Gili Asahan yang indah, ada tempat menyelam bernama Secret Garden. Di sini, wisatawan bisa langsung melihat ikan-ikan kecil berenang di antara bebatuan yang indah.

Selain itu, wisatawan yang menyelam di spot Secret Garden bisa melihat hewan laut nudibranch. Hewan ini merupakan spesies hewan laut yang warnanya cantik dan bentuk tubuhnya lembut. Dive spot ini juga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berfoto karena memiliki visibilitas air sekitar 25 meter.

✦ Situs snorkeling Belongan

Selain itu, ada tempat snorkeling Belongan, di mana wisatawan bisa menemukan banyak karang puncak atau koral yang menjulur ke atas. Panjang koral puncak ini bisa mencapai 5 meter, dan diameternya sendiri bisa mencapai 2 meter. Untuk melihat pemandangan seperti ini, wisatawan wajib mengunjungi Gili Asahan.

Selain melihat Pinnacle Coral, di tempat snorkeling ini wisatawan juga bisa melihat banyak lobster, ikan kecil, dan frogfish. Namun saat menyelam di sini, wisatawan harus berhati-hati, karena kedalaman kawasan ini hanya sekitar 10-15 meter.

✦ Tempat snorkeling di Sanking Point

Spot snorkeling berikutnya adalah Sanking Point yang kedalamannya sekitar 25-30 meter. Area snorkeling ini lebih didominasi oleh anemon laut yang terlihat seperti tumbuhan namun sebenarnya adalah hewan. Selain itu, di kawasan ini juga banyak terdapat ikan-ikan kecil yang cantik dan karang yang berwarna-warni.

✦ Pemandangan matahari terbenam

Saat hari semakin larut dan matahari terbenam, banyak wisatawan yang beristirahat di pantai. Karena pemandangan sunset di pantai ini sangat indah. Suasana yang tenang, langit yang berubah menjadi jingga, dan warna air laut yang juga berubah, akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan serunya menyelam dan snorkeling, pulau cantik di lepas pantai Lombok ini bisa menjadi pilihan terbaik. Karena setelah puas dan lelah menyelam, wisatawan bisa duduk santai memandangi pantai menunggu matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju pulau

Biaya Pulau Gili AsahanFoto oleh Adismara Putri Pradiri di Unsplash

Bagi wisatawan yang menanyakan lokasi Pulau Gili Asahan, pulau cantik ini berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju pulau cantik ini, wisatawan bisa terlebih dahulu terbang ke Bandara Internasional Lombok. Setelah itu, menuju kota Mataram yang bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Setelah sampai di kota Mataram, wisatawan bisa langsung menuju desa Sekotong Tengah menggunakan mobil atau motor. Setibanya di Desa Sekotong Tengah, perahu milik warga akan membantu menyeberang ke Gili Asahan. Durasi penyeberangan mungkin sekitar 20 menit.

Biaya tur pulau

Gili Asahan segarFoto oleh Uber Scuba Gili di Unsplash

Mengenai biaya masuk ke pulau ini, Anda tidak perlu khawatir karena benar-benar gratis. Namun wisatawan perlu menyiapkan biaya untuk keperluan lain seperti biaya sewa perahu, biaya sewa pemandu wisata dan biaya akomodasi.

Jika wisatawan ingin mencoba menyelam atau snorkeling, siapkan uang untuk menyewa peralatan tersebut. Biaya sewa alat selam mulai dari Rp 150.000. Sedangkan biaya sewa alat selam biasanya mulai dari Rp 200.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan di Gili AsahanGambar Caredit: Google Maps Maria Priscallia

Pulau kecil di lepas pantai Lombok ini terkenal sebagai surganya para pecinta diving dan snorkeling. Tapi ternyata masih banyak hal seru dan seru lainnya yang bisa dilakukan di sini selain menyelam. Apa yang bisa Anda lakukan di pulau ini selain menyelam dan snorkeling? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Menikmati keindahan laut dengan kano

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut namun tidak ingin berenang atau snorkeling, tidak perlu khawatir. Karena untuk menjelajahi keindahan laut di sini kamu bisa menggunakan sampan. Nantinya, wisatawan akan didampingi pemandu saat mengemudikan sampan, sehingga keamanan terjamin.

2. Berkendara di sekitar pantai

Pantai Gili Asahan memiliki garis pantai yang sangat indah dan bisa dibilang cukup luas. Jika Anda berjalan mengelilinginya, tentu akan sangat melelahkan. Jadi di pantai ini banyak terdapat kuda-kuda cantik yang bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling pantai, kuda-kuda ini milik warga sekitar yang disewakan kepada wisatawan.

3. Menyelam atau snorkeling di Gili Asahan

Aktivitas terakhir yang tak kalah menarik untuk dilakukan di pulau ini adalah diving atau snorkeling. Dengan kegiatan ini wisatawan dapat langsung menikmati pemandangan biota laut yang sangat kaya. Saat menyelam, ikan-ikan cantik dan terumbu karang akan terlihat lebih jelas.

Jadi, selain duduk santai menikmati pemandangan sekitar pantai, wisatawan bisa mencoba menunggang kuda, kano, menyelam atau snorkeling. Selama berada di pulau cantik ini, wisatawan tidak perlu khawatir bosan atau tidak tahu harus berbuat apa.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Image Caredit: Google Maps Loetfi Ono

Untuk fasilitas wisata tidak perlu khawatir karena cukup lengkap. Di sini tersedia penginapan, wisata bahari, penyeberangan kapal, toilet umum, tempat ibadah dan masih banyak lagi.

Penginapan di pulau cantik ini juga tersedia dalam banyak pilihan, ada villa, resort atau hotel biasa. Beberapa rekomendasi yang bisa dipilih termasuk Pearl Beach Resort, Avatar Raja Bungalow, dan Amahelia Luxury Resort.

Oleh karena itu, Gili Asahan merupakan tempat wisata yang sangat ideal dan cocok, terutama bagi para pecinta diving dan snorkeling. Dan kalau soal akses, wisatawan tidak perlu bingung lagi. Karena kini tersedia berbagai sarana transportasi yang bisa mengantarkan wisatawan dengan aman, untuk menuju pulau indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button