Promosikan Pariwisata di Purworejo, FIB UGM Yogyakarta dan Yayasan Nuhantra Ajari Siswa SMA Purworejo Menulis Reportase Pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Promosikan Pariwisata di Purworejo, FIB UGM Yogyakarta dan Yayasan Nuhantra Ajari Siswa SMA Purworejo Menulis Reportase Pariwisata

pendidikan
Promosikan Pariwisata di Purworejo, FIB UGM Yogyakarta dan Yayasan Nuhantra Ajari Siswa SMA Purworejo Menulis Reportase Pariwisata

PURWOREJO- Puluhan siswa SMA/SMK/MA se-Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengikuti Workshop Penulisan Fitur pada Sabtu, 23 Juli 2022 di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Workshop Penulisan Fitur dengan tema “Destinasi Wisata di Purworejo, Ayo Piknik ke Purworejo” ini diselenggarakan oleh dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo dan Yayasan Nuhantra Bhakti Budaya Purworejo. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UGM juga terlibat dalam kampanye tersebut

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah penyair-budayawan Purworejo, Soekoso DM, dosen program studi bahasa dan sastra Indonesia FIB UGM, Dr. Sudibyo, M.Hum, Dr. Cahyaningrum Dewojati, M.Hum, Drs. Heru Marwata, M.Hum, dan Saeful Anwar, SS, MA Mereka menyampaikan materi yang sama, yaitu tentang pengalaman menulis feature dengan versi berbeda dari pengalaman masing-masing nara sumber.

Siswa yang berpartisipasi tidak hanya mendapatkan materi tentang cara menulis feature yang baik, tetapi juga berkesempatan mendapatkan doorprize berupa buku yang ditulis oleh nara sumber dan diberikan kepada peserta yang aktif bertanya.

Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UGM, Dr. Sudibyo, M.Hum menjelaskan bahwa Workshop Penulisan Laporan Objek Wisata Purworejo ini bertujuan untuk berkontribusi dalam mempopulerkan objek wisata Purworejo agar lebih dikenal, diminati dan dikunjungi masyarakat.

“Selain itu, workshop ini juga bertujuan untuk membimbing siswa-siswi SMA/SMK/MA di Purworejo untuk menggali potensi dirinya secara tertulis tentang hal-hal yang dekat dengan dirinya dan kehidupannya yaitu destinasi wisata,” kata Sudibyo.

Workshop ini bertujuan untuk menjadikan karya tulis mahasiswa sebagai sarana promosi dan dokumentasi penting bagi destinasi wisata di Purworejo, khususnya bagi calon wisatawan muda dan masyarakat umum.

“Seperti tahun lalu, karya mahasiswa akan diterbitkan dalam buku kumpulan fitur setelah melalui proses konsultasi dan perbaikan,” ujarnya.

Mengingat Purworejo memiliki destinasi wisata yang cukup banyak, tim PkM berharap mahasiswa dapat mengeksplor semua objek wisata dan menuliskannya dalam bentuk fitur yang gamblang dan menarik.

“Semoga bisa menjadi salah satu bahan bacaan penting bagi para pemandu wisata dan wisatawan yang akan berkunjung ke Purworejo,” pungkasnya.

reporter : Widiarto
editor : Imam Hairon

Source: suaraindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button