Tiket Keraton YOGYAKARTA dan Tempat Wisata - WisataHits
wisatahits

Tiket Keraton YOGYAKARTA dan Tempat Wisata

Harga Tiket Masuk Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat: Rp 8.000-Rp. 15.000. Jam buka: 08:30-14:00 WIB. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu ikon sejarah pariwisata di Yogyakarta selain Candi Borobudur. Istana yang Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan. Kompleks keraton kini sebagian diubah menjadi museum koleksi milik kesultanan.

Keraton Yogyakarta masih mempertahankan warisan budaya seperti upacara adat dan artefak kuno lainnya. Nilai filosofis dan mitologis masih melingkupi kehidupan keraton di Yogyakarta.

Baca: HOT SPOT DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket masuk sama untuk kunjungan hari kerja dan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 8.000
Tiket masuk turis internasional Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk TAMAN PINTAR dan Wahana di Yogyakarta

Bagi wisatawan asing, Anda dapat mengetahui semua tentang Keraton Yogyakarta pada artikel ini.

Jam Buka Keraton Yogyakarta

Sejak Keraton Yogyakarta dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang mengunjunginya. Dari wisatawan domestik hingga wisatawan asing, pelajari isi Kompleks Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta buka setiap hari dari pagi hingga siang hari.

Jam operasional
Jam buka 08.30 – 14.00 WIB

Kawasan Keraton Yogyakarta sayang untuk dilewatkan

Kraton Ngayogyakarta HadiningratKraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Yogyakarta adalah karya Sultan Hamengkubuwana I, kepala arsitek dan pendiri Kesultanan Ngayogyakarta. Kemampuannya dalam bidang arsitek diakui oleh para ilmuwan dari Belanda. Kompleks ini adalah salah satu contoh terbaik arsitektur megah Jawa. Dilengkapi dengan halaman dan paviliun yang luas, istana ini juga memiliki tujuh aula yang mewah.

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika berkunjung ke sini adalah berjalan melalui semua bagian istana. Bagi wisatawan, mengunjungi situs sejarah yang masih berfungsi seperti dulu merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Meskipun beberapa di antaranya telah diubah menjadi museum, fasilitas umum, dan bangunan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Sari

Gapura gladag-panguran adalah pintu masuk Keraton Yogyakarta

Gerbang Masuk Keraton YogyakartaGerbang menuju kawasan Kraton.

Ini adalah gerbang utama untuk memasuki kompleks keraton Yogyakarta dari utara. Gerbang ini pernah digunakan sebagai tempat penyerahan daftar jaga dan tempat pengusiran.

Kompleks alun-alun utara

Terletak di bagian utara Keraton Yogyakarta, yang kini semakin menyusut. Lokasi ini digunakan untuk acara rakyat dan kerajaan yang melibatkan masyarakat sekitar. Pada hari-hari biasa digunakan sebagai tempat parkir dan lapangan sepak bola oleh warga sekitar.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Pelangi Yogya

Masjid Agung

Merupakan masjid agung kesultanan yang terletak di sebelah barat kompleks alun-alun utara. Kompleks yang lebih dikenal dengan Masjid Agung Kauman ini dikelilingi tembok tinggi. Bangunan utama berbentuk mahkota persegi tertutup dengan atap tiga lantai.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Prambanan

Kompleks kinerja

Kompleks ini merupakan bangunan utama yang dulunya dikenal dengan nama Tratag Rambat. Sekarang berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan wisata, acara keagamaan dan upacara tradisional keraton lainnya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Borobudur

kompleks siti hinggil ler

Kompleks ini digunakan untuk mengadakan upacara resmi kerajaan. Kompleks ini terletak lebih tinggi dari tanah di sekitarnya dan terdapat deretan pohon Gayam.

kompleks sri manganti

kumpulan alat musik gamelan jawa tradisionalBeberapa koleksi alat musik tradisional Jawa seperti gamelan disimpan di Istana Kesultanan Yogyakarta.

Terletak di selatan kompleks kamandhungan ler terhubung dengan regol sri manganti. Kompleks ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan pusaka keraton dan alat musik gamelan. Terkadang juga berfungsi sebagai tempat diadakannya acara-acara wisata keraton.

konten yang kompleks

lebih dikenal sebagai keben karena ada pohon keben di halaman. Di tengah ada bangunan Kecamatan Ponconiti yang merupakan bangunan utama. Kabupaten ini sekarang digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara-acara adat seperti garebeg dan sekaten.

Kompleks Siti Hinggil Kidul (Sasana Hinggil)

Siti Hinggil, lebih dikenal sebagai Sasana Hinggil Dwi Abad terletak di utara Alun-alun Selatan. Sekarang digunakan untuk pertunjukan seni pertunjukan seperti wayang kulit, pameran, dll.

Kompleks Kamagangan

Kompleks ini memiliki gapura dengan patung dua ular yang merupakan simbol tahun berdirinya keraton. Di kompleks ini ada Kuartal magang di tengah halaman. Berfungsi sebagai tempat upacara Lagu bedhol dan pertunjukan wayang kulit.

Kompleks Kedhton

Gedung Keraton Yogyakartabangunan istana

Kompleks ini merupakan pusat keraton secara keseluruhan, terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pertama adalah pelataran kedhaton yang merupakan bagian dari sultan. Bagian kedua adalah bagian dari istri dan anak Sultan, dan terakhir bagian dari anak Sultan. Tidak semua kompleks ini terbuka untuk umum, terutama dari distrik Kencono ke barat.

Kompleks Kamandhungan Kidul

Kompleks ini memiliki bangunan utama Kecamatan Kamandhungan. Di selatan berdiri gerbang, Kamandhungan Regolyang merupakan gerbang paling selatan.

Alun-alun Selatan

Terletak di selatan area, yang merupakan pusat hiburan populer. Jika pada malam hari tempat ini dipadati pengunjung yang menikmati hidangan ala angkringan. Di tengah alun-alun terdapat dua pohon beringin besar yang menjadi mitos bagi masyarakat.

Plengkung nirbaya (plengkung gadhing)

Merupakan ujung selatan poros utama kawasan Keraton. Gerbang ini digunakan sebagai jalur keluar untuk prosesi pemakaman panjang Sultan di Imogiri. Tempat ini tidak terbuka untuk umum.

Kalender Kegiatan Menarik di Keraton Yogyakarta

Selain berjalan-jalan di sekitar bangunan istana, pengunjung dapat menyaksikan beberapa pertunjukan di dalam istana. Pertunjukan ini berlangsung secara rutin di keraton dengan waktu dan hari yang telah ditentukan. Ada juga pertunjukan berupa upacara adat yang diadakan untuk memperingati hari-hari tertentu.

  • Pertunjukan Gamelan pada hari Senin dan Selasa dari pukul 10:00 hingga 12:00 WIB
  • Pertunjukan wayang kulit pada hari Sabtu dari pukul 09:00 hingga 13:00 WIB
  • Pertunjukan tari pada hari Minggu dan Kamis mulai pukul 19:00 hingga 12:00 WIB
  • Pembacaan puisi pada hari Jumat dari pukul 10:00 hingga 11:30 WIB
  • Pertunjukan Wayang Golek pada hari Rabu dari pukul 09:00 hingga 12:00 WIB

Lokasi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta terletak di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pusat kota Yogyakarta akan memudahkan wisatawan untuk sampai ke istana kesultanan ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button