Kebun Buah Mangunan, ini dia 9 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana - WisataHits
wisatahits

Kebun Buah Mangunan, ini dia 9 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana

Kebun Buah Mangunan tidak hanya menawarkan keindahan alam. Namun, objek wisata ini seperti perpustakaan raksasa yang menyimpan ilmu pengetahuan yang tak ada habisnya.

Jam buka: 08.00-18.00 WIB
Harga tiket: Rp 5.000/orang | Parkir Rp 5000/mobil – Rp 3000/motor
Kontak:
Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.
Fasilitas umum: Area parkir, mushola, toilet, gazebo, pos pengamatan, ruang pertemuan, akomodasi, penjual makanan dan minuman.
Akses jalan: Baik (Menggunakan kendaraan pribadi)
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

kebunmelalui instagram/intanhst

Yogyakarta memiliki berbagai tempat wisata yang selalu siap untuk dijelajahi dan dijadikan kontes oleh para wisatawan untuk melepas penat setelah berhari-hari atau berminggu-minggu bekerja kantoran.

Salah satunya yang cukup unik dan akan memukau semua orang adalah objek wisata Kebun Buah Mangunan Jogja.

Di tempat ini, Anda akan benar-benar menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan yang telah dianugerahkan kepada masyarakat Yogyakarta pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Seperti apa sih objek wisata yang dijuluki Bumi Di Atas Awan itu? Dan apa saja daya tariknya hingga mampu menghipnotis ratusan hingga ribuan traveler setiap harinya? Baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Bukit Bintang Jogja

Sekilas Tentang Kebun Buah Mangunan di Jogja

Kawasan wisata ini terletak di atas dataran tinggi kota Bantul, Yogyakarta. Di atas permukaan laut, lokasinya berada di ketinggian 200 meter. Sebuah lokasi yang tentunya akan membuat suasana menjadi sangat nyaman karena di atas ketinggian ini udaranya pasti sangat segar.

Objek wisata ini menawarkan keindahan berupa panorama alam dataran tinggi yang masih hijau dan masih sangat alami.

Selain itu, dari sini Anda juga dapat menikmati pedesaan Kota Bantul dengan segala rutinitas penduduknya, pedesaan sangat indah dan menawan.

taman buah pasangan yang sedang jatuh cintavia instagram/wonderful.indonesiaku

Itu tidak semua. Dari kawasan wisata ini, Anda juga bisa melihat keagungan Gunung Sewu yang ada di depannya.

Pada pagi atau sore hari, wisatawan biasanya berduyun-duyun mengambil posisi yang tepat untuk melihat Matahari terbit Di mana matahari terbenam naik turun di celah-celah gunung.

Kawasan wisata ini juga akan terlihateksotikdia di pagi hari. Pada saat ini, awan kabut tebal akan mulai menutupi area tersebut dan membuat Anda merasa seperti berada di atas awan.

Inilah asal mula alasan mengapa tempat ini mendapat julukan Bumi di atas awan.

Oh ya. Sebagai informasi, tempat wisata di Jogja ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2003. Karena sudah berusia sekitar dua belas tahun, tempat wisata ini layak menjadi salah satu tempat wisata favorit di antara banyak objek wisata di Jogja.

Kegiatan wisata

Dengan luas 34 hektar, tentunya banyak sekali aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di sana. Selain menikmati panorama alam, Anda juga bisa belajar banyak tentang tumbuhan di sini.

Beberapa tanaman yang bisa Anda amati dan pelajari adalah rambutan, durian, manggis, jeruk, mangga, pinus, raja rumput atau jamu kerajaan, salak magium, duku, sawo, cempedak, jambu biji dan masih banyak lagi.

Selengkapnya, berikut adalah aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di sini.

Berburu Berbagai Buah

Mengunjungi tempat ini bukan afdol tanpa mencoba rasa dari setiap buah yang ada. Anda bisa mencicipi segala jenis buah-buahan yang namanya tertulis di atas, atau bisa juga Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Harga per kilo buah di sini juga sangat murah, dijamin lebih murah dibanding beli di pasaran. Misalnya untuk 1 kilogram rambutan, Anda bisa mendapatkannya hanya dengan Rp 4000 saja.

Berkemah

Kawasan wisata ini juga sering dijadikan lokasi berkemah pecinta alam. Jika Anda ingin merasakan bagaimana rasanya bermalam di sini, Anda juga bisa berkemah dengan teman-temanmu.

Biayanya juga sangat murah, kamu hanya akan dikenakan biaya Rp 5000 per hari untuk berkemah dan nikmati serunya berbaur langsung dengan alam.

Lihat keajaiban Watu Tumpang

kebun hutan pinusvia instagram/eco_adventurejogja

Sekitar 1 kilometer dari kawasan wisata juga terdapat hutan yang ditanami pinus. Selain bisa bersantai di tempat ini, Anda juga bisa melihat secara langsung keajaiban tumpang tindih watu yang konon merupakan peninggalan Syekh Siti Jenar dan Sunan Kalijaga.

Jika Anda belum pernah mendengar cerita tumpang tindih batu, itu adalah batu besar yang menumpang di atas batu kecil.

Yang menjadi misteri dan belum terpecahkan selama ini adalah keajaiban batu bertumpang tindih tidak jatuh dari batu kecil meskipun sama-sama berada di tanah yang landai.

Selain keajaiban tumpang tindih watu, jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan acara kesenian yang diselenggarakan di hutan pinus.

Pengelola objek wisata ini menyediakan panggung untuk kegiatan tersebut, dengan kursi penonton yang terbuat dari potongan batang pinus yang tumbang.

Penangkapan ikan

Jangan mengira di sini Anda hanya bisa melakukan aktivitas yang hanya berhubungan dengan tanaman atau buah-buahan saja. Bagi yang suka memancing, santai Anda juga akan dibawa ke kolam pemancingan yang disediakan oleh pengelola.

Untuk menikmati serunya memancing, Anda hanya perlu membayar Rp 2000 per hari untuk sewa alat pancing. Namun jika Anda membawanya dari rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk kegiatan ini.

Sepeda

Bersepeda juga merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan.

Hanya dengan membayar biaya sewa Rp 10.000 per orang sudah bisa mencoba trek menurun panjang 2300 meter, dan jalur lintas negara dengan panjang lintasan sekitar 2800 meter.

tes adrenalin

Buat kamu yang suka kegiatan testing adrenalin, pengelola juga menyediakan kendaraan. Untuk kegiatan ini, kamu bisa mencoba serunya ujian adrenalin
berjalan di jembatan gantung yang melintasi Sungai Opak.

Hati-hati, jembatan ini sangat sensitif terhadap gerakan, hanya sedikit gerakan atau hanya tertiup angin, jembatan ini akan bergetar dan membuat jantung Anda berdetak sangat kencang.

Selain itu, kamu juga bisa menguji nyali di arena penerbangan rubah dan Terbang kembali. Biayanya sangat murah. Untuk 10 orang, Anda hanya akan dikenakan biaya pembelian tiket sebesar Rp. 2000 saja.

Renang

Berenang juga menjadi salah satu kegiatan wisata yang banyak dinikmati wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Ada dua kolam renang yang disediakan pengelola dengan biaya retribusi Rp 2000 selama 1 jam.

Kolam ini tidak dalam, bahkan sepertinya dikhususkan untuk anak-anak. Namun, wisatawan dewasa tentu saja masih bisa menikmati segarnya air kolam ini, sendiri atau bersama anak-anak.

Pelajari peternakan sapi

Bagi anda yang senang beternak khususnya ternak sapi. Ada juga area beternak sapi di mana Anda bisa belajar cara beternak sapi dengan benar.

Anda dapat mempelajari semuanya secara gratis. Mulai dari proses pembibitan, cara memperbanyak populasi, hingga proses pembuatan pupuk kandang yang sebenarnya digunakan sebagai pupuk bagi tanaman yang ada.

Ada berbagai macam tanaman hias dan tanaman buah

kebun buah gadis cantikmelalui instagram/gopedia

Disinggung sedikit sebelumnya bahwa di taman ini terdapat banyak jenis tanaman yang tumbuh subur. Tidak hanya tanaman buah, tetapi juga berbagai tanaman hias.

Dan seperti halnya di Kebun Raya Bogor, di sini Anda juga dapat menemukan dan menemukan berbagai tanaman hias atau buah-buahan.

Anda bisa belajar tentang jenisnya, cara menanamnya di berbagai kondisi tanah, cara merawatnya hingga menghasilkan buah yang banyak.

Fasilitas umum

Semua objek wisata wajib menyediakan fasilitas umum untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan pengunjungnya, begitu juga dengan daya tarik wisata ini. Fasilitas umum yang tersedia di sana antara lain:

  1. Tempat parkir
  2. Musholla
  3. kamar kecil
  4. Belvedere
  5. Sudut pandang
  6. Ruang rapat
  7. Akomodasi
  8. Penjual makanan dan minuman

Alamat dan rute menuju lokasi

Peta lokasi wisata:

Tidak sulit untuk menemukan lokasi objek wisata ini. Beralamat di Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Untuk rute perjalanan yang bisa ditempuh, Anda bisa memilih salah satu dari dua rute berikut.

Itinerary dari Yogyakarta

Waktu tempuh dari pusat kota Jogja kurang lebih 1 jam perjalanan. Rute yang bisa ditempuh adalah dari Terminal Giwangan di selatan menuju Jalan Imogiri Timur hingga sampai di pertigaan.

Di pertigaan, belok kiri sampai ketemu pertigaan lain. Kemudian, di pertigaan kedua, ikuti petunjuk yang ada di papan petunjuk objek wisata.

Itinerary dari Kulon Progo

Menuju sobat wisata ini juga bisa melewati jalan Kulon Progo. Rute melewati Jembatan Progo ke arah timur menuju Jalan Sandakan hingga mencapai Jalan Imogiri Timur.

Jadi ketika sampai di jalan ini, Anda bisa mengikuti jalur yang sama dengan jalur yang datang dari arah Jogja di atas.

Harga tiket dan jam buka

Setelah mengetahui objek wisata Kebun Buah Mangunan dengan atraksinya pasti ingin tahu harga tiket masuk dan jam bukanya.

Tetap tenang. Menikmati liburan bersama sahabat wisata ini tidaklah mahal. Untuk masuk, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5000/orang.

Namun jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5000/mobil, dan Rp 3000/motor.

Sedangkan untuk jam buka, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Bagi Anda yang ingin bermalam, di sekitar kawasan, berbagai pilihan tempat menginap atau akomodasi telah ditawarkan. homestay dengan harga sewa mulai dari Rp 300.000/malam.

Jika anda berasal dari luar jogja, anda mungkin memerlukan perusahaan tour terpercaya untuk tour keliling jogja, anda dapat menggunakan paket wisata jogja yang kami rekomendasikan oleh kartanesia.com company

Objek wisata Kebun Buah Mangunan tidak hanya memberikan Anda kebahagiaan, kenyamanan dan kepuasan liburan. Lebih dari itu, dengan mengunjunginya, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu baru yang mungkin belum pernah kamu temukan di tempat wisata lainnya. Selamat berlibur sobat traveller.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button