Pantai Watu Ulo Jember - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Watu Ulo Jember – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Watu Ulo merupakan salah satu pantai terindah dan unik di Jember. Garis pantai yang seolah membelok dari timur ke selatan seperti lengkungan indah dengan latar perbukitan menawan.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sumberrejo, lingkungan. Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Jember, sebuah daerah di bagian timur pulau Jawa, memang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain terkenal dengan event JFC, Jember juga terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Salah satu yang unik dan sangat populer di kalangan wisatawan adalah Watu Ulo pantai atau Pantai Watu Ulo.

Watu Ulo artinya Ular Batu. Nama tersebut mengacu pada kondisi pantai dimana terdapat bebatuan dengan kontur mirip sisik ular yang membentang di sepanjang bibir pantai dan menjorok ke laut seperti ular yang sedang tidur. Batu memanjang seolah menjadi jembatan bagi wisatawan untuk menuju pantai. Namun hal ini dilarang karena berbahaya dan demi menjaga keberadaan batu unik ini.

Pantai Watu Ulo yang masih menjadi bagian dari pantai selatan Pulau Jawa memiliki ombak yang cukup besar dengan banyak gugusan batu karang yang menghiasinya. Sedikit berbeda dengan pantai selatan pada umumnya, pasir di pantai ini berwarna hitam dan lembut. Namun, hal ini semakin menambah keunikan dan eksotisme wisata tepi laut ini.

Atraksi Pantai Watu Ulo

Pantai Watu UloKredit gambar: Google Maps Haris Rizq Falih

Pantai yang juga menjadi andalan pariwisata di Kabupaten Jember ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, terutama saat musim perayaan dan pada hari libur nasional. Hal ini dikarenakan berbagai daya tarik pantai ini, antara lain:

1. Tradisi Larung Sesaji

Beragamnya budaya yang ada di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara khususnya. Wisata pantai ini begitu dekat dengan tradisi dan budaya Jawa sehingga arak-arakannya sering dikejar oleh siapa saja yang berkunjung ke pantai ini.

Tradisi Larung Sesaji atau biasa dikenal dengan Sea Gathering yang merupakan “Hari Ketupat” bagi masyarakat Jawa, berlangsung pada tanggal 7 bulan Syawal. Dalam tradisi ini, masyarakat setempat membuang sesajen ke laut lepas sebagai bentuk rasa syukur dan penghargaan atas hasil laut yang mereka terima selama ini.

Prosesi Larung Sesaji menjadi pemandangan yang menarik dan unik bagi wisatawan luar Jember, khususnya manca negara. Tak heran jika sebelum adanya tradisi sesaji larung, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai Watu Ulo ini.

2. Sejarah legendaris dan aura mistis yang kental

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pantai selatan Jawa memiliki aura mistis yang sangat kental. Begitu juga dengan kunjungan ke Pantai Ulo ini. Kisah di balik asal mula nama Watu Ulo menambah deretan panjang cerita mistis dari pesisir selatan. Asal usul pantai ini terdiri dari berbagai versi yang berkembang di masyarakat dan efektif sebagai teknik pemasaran pantai ini.

Belum ada yang bisa membuktikan kebenaran cerita tersebut. Namun, ada konsistensi dari kesimpulan cerita. Bahkan, Watu Ulo terbentuk dari seekor ular besar atau naga dan dipotong menjadi tiga bagian yang tersebar. Kepalanya Banyuwangi, badannya Jember, sedangkan ekornya Jawa Tengah.

3. Situs Eksotis

Pantai Watu Ulo memiliki pasir hitam yang mirip dengan Pantai Payangan yang letaknya berdekatan. Memandang ke laut lepas di ufuk timur, Anda akan disuguhi garis pantai yang membentang hingga Taman Nasional Meru Betiri dan perbukitan Pantai Payangan.

Garis pantai panjang yang seolah-olah berbelok dari timur ke selatan di ujungnya, tampak seperti lengkungan raksasa dengan latar perbukitan dan langit biru di hari yang cerah.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Pantai Watu Ulo

Alamat Pantai Watu UloKredit gambar: Google Maps Haris Rizq Falih

Pantai eksotis ini terletak di ujung selatan Kabupaten Jember, tepatnya berada di desa Sumberejo, Jember, Jawa Timur. Pantai ini berjarak 40 kilometer dari pusat kota. Untuk menuju tempat wisata tepi laut ini, Anda bisa menempuh dari arah barat (Lumajang) dan dari arah timur (Banyuwangi).

Lokasi pantai Watu Ulo cukup mudah dijangkau karena masih berada di jalur pantai populer lainnya di Jember. Akses menuju lokasi cukup baik, hanya beberapa jalan dari desa Sumberejo yang masih terjal. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat bahkan bisa menggunakan bus untuk menuju tempat wisata tersebut.

Jika Anda memulai dari pusat Kota Jember, rute yang harus diikuti adalah mulai dari pertigaan Rambi Puji dan terus menuju Balungan. Setelah sampai di Balungan, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Ambulu, setelah di kecamatan ini anda baru saja memasuki desa Sumberejo dan sampai di lokasi Watu Ulo.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi Watu Ulo sangat terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000,00/orang. Dengan harga yang terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati pesona alam pantai ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Watu Ulo

Aktivitas Menarik di Pantai Watu UloKredit gambar: Google Maps Dee Fatah

1. Berenang

Berwisata ke pantai belum lengkap rasanya jika belum bermain pasir dan air laut, meski termasuk pantai selatan, berenang tidak dilarang di pantai ini. Untuk menghindari ombak besar, Anda bisa berenang di bagian antara bukit dan batu ular.

2. Perjalanan dengan kapal

Wisata Pantai Ulo juga menjadi tempat peristirahatan kapal nelayan. Tidak hanya untuk memancing, Anda juga bisa menyewa kapal-kapal ini untuk menikmati indahnya pemandangan alam sekitar dari tengah laut.

3. Bersantai

Dengan garis pantai yang cukup panjang, Anda bisa menjelajahi pantai ini dengan menyusurinya bersama orang-orang tersayang. Nikmati keindahan pemandangan dan angin yang sejuk dan menenangkan.

Jika lelah berjalan-jalan, Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati es krim kelapa muda segar dan beberapa jenis makanan lezat yang dijual di warung-warung sekitar lokasi.

4. Selfie

Panorama alam di sekitar Pantai Watu Ulo Jember begitu unik dan indah. Tidak hanya cantik sebagai objek foto, tetapi juga sebagai latar belakang foto selfie Anda. Kawasan wisata ini memiliki banyak tempat indah dan unik yang wajib Anda abadikan dalam jepretan Anda dengan lensa kamera atau ponsel pintar Anda.

Salah satu tempat favorit wisatawan adalah langit senja atau matahari terbenam. Perpaduan rona jingga di atas langit, dengan garis pantai yang membentang seolah ke arah perbukitan, semakin mempesona dengan pantulan cahaya gemerlap dari air laut yang bagai berlian.

Penginapan murah dekat pantai Watu Ulo

Penginapan murah dekat pantai Watu UloKredit gambar: Google Maps Reinkarnasi 88

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau luar negeri, tidak perlu khawatir akan menginap dan beristirahat dimana. Karena ada beberapa hostel yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai Watu Ulo.

1. Hotel Ambulu

Hotel ini berjarak 9,6 kilometer dari Wisata Pantai Ulo dan beralamat di Jalan Manggar, Ambulu. Hotel ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin berlibur dengan penuh gaya pejalan kaki. Tidak hanya mengutamakan ekonomi, tetapi juga kenyamanan istirahat setelah seharian berpetualang.

Hotel Ambulu begitu asri dan segar dengan berbagai tanaman yang tertata rapi di halaman dan di kiri-kanan pintu masuk. Meski tidak terlalu besar, hotel ini menawarkan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Kebersihan dan ketertiban terjaga, pelayanan yang diberikan juga ramah, hangat dan lincah.

Fasilitas yang disediakan antara lain, Wifi gratis, parkir mobil besar, AC di kamar, restoran, dan bagian penerima tamu buka 24 jam sehari. Dengan berbagai fasilitas tersebut, hotel mengenakan harga mulai dari Rp 130,000.00/malam. Harganya cukup terjangkau bagi wisatawan dan sudah terjamin kenyamanannya.

2. Resor Hutan Papuma

Hotel ini dapat dicapai hanya dalam waktu 7 menit dari Pantai Watu Ulo yang terletak di kawasan Kebu, Wuluhan, Kabupaten Jember. Asrama dengan konsep gubuk kecil dengan suasana yang segar dan asri, menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi para pengunjung yang menginap di sana.

Harga setiap kamar berbeda dan dengan perlengkapan yang berbeda, semua disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Tarif sewa kamar mulai dari Rp 500.000,00/malam. Sedikit lebih mahal memang, tapi sebanding dengan fasilitas yang disediakan. Kebersihan dan ketertiban terjaga, pelayanan ramah serta pemandangan yang disuguhkan sangat memanjakan mata.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan hotel ini antara lain ruang karaoke, internet gratis, parkir gratis yang cukup luas, dan layanan penyewaan kendaraan. Hostel ini sangat cocok bagi para traveller yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan akses kemana saja. Karena berada di jalur wisata pantai yang sangat populer di Jember.

3. Homestay di tepi laut

Hostel ini terletak di Sumberejo, Ambulu. The Seaside Homestay hanya berjarak sekitar 1,01 kilometer dari Pantai Watu Ulo. Homestay ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang berlibur di Jember. Karena homestay ini memiliki akses yang cukup mudah ke beberapa lokasi strategis di Jember.

The Seaside Homestay menawarkan perlengkapan yang cukup lengkap, seperti kamar mandi plus shower, area relaksasi, televisi dan tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Dengan konsep ocean view cottage, homestay ini harga kamar mulai Rp 175.000,00/malam.

Homestay yang nyaman, rapi, bersih dan ekonomis. Sesuai dengan tema liburan anggaran Anda. Homestay ini juga bisa dipesan melalui situs booking online.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Ulo Jember

Fasilitas di Pantai Watu Ulo JemberKredit gambar: Google Maps Agus Wahyudi

Fasilitas yang disediakan pantai ini cukup lengkap. Fasilitas umum dasar seperti toilet, ruang ganti, mushola dan area parkir sudah ada dan dalam kondisi baik dan juga cukup terawat. Selain fasilitas tersebut, Anda juga akan menemukan beberapa fasilitas pendukung.

Beberapa fasilitas pendukung tersebut antara lain taman bermain, warung makan dan pusat informasi. Keberadaan pusat informasi itu sendiri sangat mudah dijangkau. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang wisata Watu Ulo dan sekitarnya, dan juga bisa membantu untuk mengetahui keberadaan masyarakat yang terpisah dari rombongan karena asyik bermain di pantai.

Demikian ulasan lengkap tentang objek wisata Pantai Watu Ulo di Jember. Meski semakin banyak bermunculan wisata pantai baru, pesona pantai ini tidak akan tergantikan. Aura mistis dan keunikan pantainya semakin menggelitik rasa penasaran para wisatawan untuk pergi ke sana. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa menjadikan Pantai Waru Ulo sebagai destinasi wisata anda nantinya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button