Pulau Seram Maluku - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Seram Maluku – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Seram adalah salah satu pulau di Indonesia Maluku yang memiliki pesona alam yang menakjubkan dan menarik untuk dijelajahi. Memiliki berbagai pesona bahari yang terpelihara dan terpelihara.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp125.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Masohi, Kab. Seksi Seram, Kab. Seram Barat, Maluku; Kasus: Cek lokasi

Pulau Seram di Kepulauan Maluku memang sangat populer, terlebih lagi di pulau tersebut terdapat Taman Nasional Manusela. Tentu tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran seperti apa pulau eksotis ini. Meski menjadi tujuan wisata yang cukup populer, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang masih asing dengan pulau tersebut.

Banyak sekali hal unik yang bisa didapatkan dengan memasuki Pulau Seram. Yang tentunya tidak akan didapatkan jika datang ke pulau lain. Dan dengan keunikan tersebut, Indonesia bagian timur sering menjadi tempat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Taman Nasional Manusela di pulau ini memiliki luas kurang lebih 189.000 hektar. yang mana ketika wisatawan ingin mengeksplor destinasi wisata ini, tentunya satu hari tidak akan cukup.

Tempat Wisata Pulau Seram, Maluku

The-Atraksi-Pulau-Seram-MalukuKredit gambar: Google Maps Mr. Thaha Pattiiha

Daya tarik yang dimiliki pulau ini bisa dilihat dari keindahan alamnya. Kondisi alamnya masih sangat asri dan sangat cocok jika menjadi tujuan wisata bersama teman-teman. Sebab, Anda akan melakukan penjelajahan seru di Pulau Seram.

1. Memiliki taman nasional yang terkenal

Taman Nasional Manusela sendiri merupakan gabungan dari dua cagar alam, yaitu Wae Nua dan Wae Mual. dapat dikatakan bahwa taman nasional ini sangat luas apalagi dengan kekayaan alamnya. Lalu ada panorama indah yang pasti sudah terkenal di luar negeri.

2. Ada gunung dan bukit kecil

Bagi Anda yang suka hiking, ada daerah pegunungan dan bukit-bukit kecil yang bisa didaki. Salah satu gunung yang paling populer bagi pecinta kucing adalah Gunung Binaiya. Gunung ini sendiri berada di tengah pulau.

3. Keberadaan hutan mangrove pesisir

Di Pulau Seram juga terdapat tempat wisata yang cukup menarik yaitu hutan mangrove pesisir. Karena tempat ini sendiri juga sering dijadikan sebagai spot foto bagi sebagian wisatawan.

4. Flora dan fauna khas Maluku

Keunikan lain yang dimiliki Pulau Seram adalah flora dan fauna khas Maluku. Misalnya seperti Ketapang, beringin, bakau, kayu putih, dan ada juga cemara laut.Untuk faunanya sendiri banyak dari burung kesturi, kasuari, nuri, nuri, lalu ada yang berjenis rusa dan musang.

Keberadaan flora dan fauna ini langsung dilindungi undang-undang yang melarang siapapun berburu di Taman Nasional Manusela.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Seram

Alamat Pulau SeramKredit gambar: Google Maps Rafael Widya Wiryawan

Pulau Seram terletak di bagian utara Pulau Ambon, Maluku. Pulau ini memiliki beberapa pelabuhan diantaranya Pelabuhan Masohi, Pelabuhan Kairatu dan beberapa pelabuhan lainnya.

Untuk bisa mengunjungi pulau cantik di utara Maluku ini, dari Jakarta kamu bisa naik pesawat menuju Makassar. Kemudian Anda mengambil penerbangan lain ke Bandara Pattimura di Ambon.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan naik mobil selama kurang lebih 1 jam untuk sampai ke pelabuhan Tulehu. Kemudian Anda akan terus naik fast boat hingga akhirnya sampai di Pelabuhan Masohi di Pulau Seram.

Biaya Perjalanan ke Pulau Seram, Maluku

Biaya Perjalanan ke Pulau Seram, MalukuKredit gambar: Google Maps Rachmat Alamsyah

Soal biaya memang wajib disiapkan, apalagi destinasi wisata yang diambil berada di kawasan timur Indonesia. Sebenarnya untuk bisa masuk ke Pulau Seram sendiri itu gratis, tapi ada beberapa hal yang mengharuskan Anda membayar, seperti naik pesawat ke Ambon.

Kemudian Anda juga harus membayar feri. Umumnya untuk naik feri ini ada 2 jenis tarif yaitu VIP dengan harga Rp 260.000 sedangkan untuk kelas ekonomi harga Rp 125.000. Feri ini cukup cepat dalam perjalanan karena hanya memakan waktu biasanya hanya 30 menit dari hostel.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Seram

Kegiatan menarik di Pulau SeramKredit gambar: Google Maps Grace Gwb22

1. Nikmati keheningan malam dengan lampu redup

Pantai Ora di pulau ini memang sangat sepi di malam hari. Tentunya suasana seperti ini akan sangat cocok untuk bisa menghilangkan rasa sesak saat bekerja. Di pantai ini wisatawan tidak akan mengganggu siapapun karena hanya ada suara deburan ombak dan angin malam yang bertiup.

Dengan kondisi lampu yang dipasang di lokasi pantai yang gelap tentu dapat menambah suasana romantis bagi wisatawan pasangan.

2. Berjalan di atas pasir putih

Saat anda berada di Pulau Seram, pada pagi hari anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dan juga air laut yang sangat indah tentunya akan sangat berbeda jika anda masih berada di perkotaan.

Dengan kesegaran yang sangat alami, kehadiran embun pagi akan membuat suasana semakin menyenangkan. Di pulau ini Anda bisa berjalan-jalan di pantai ora yang memiliki pasir putih bersih. Anda juga bisa jogging di pantai ini.

3. Snorkeling di area Coral Park

Kejernihan laut di pantai Ora memungkinkan untuk melihat karang secara langsung. Sehingga di daerah pesisir sering disebut sebagai taman karang.

Wisatawan juga bisa snorkeling, untuk melihat lebih dekat bagaimana terumbu karang di pantai. Dengan aktivitas snorkeling ini pasti akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di Pulau Seram, Maluku.

4. Mendaki Gunung Binaiya

Bagi sebagian orang, panjat tebing adalah hal yang menyenangkan. Untuk itu, bila datang ke pulau eksotis ini, sayang sekali jika tidak mendaki Gunung Binaya. Gunung ini terletak di tengah pulau, sehingga untuk menuju Gunung Binaya tidak terlalu jauh dari hostel.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Seram

Akomodasi murah di sekitar Pulau SeramKredit gambar: Google Maps Rico Ricardo

1. Ora Sunrise View Hosting

Yang pertama adalah hostel bernama Ora Sunrise View yang terletak di sebelah barat laut Seram. Untuk soal harga tentunya akan sangat sebanding dengan instalasi yang didapat. Hostel ini menawarkan pemandangan yang sangat bagus sehingga siapapun yang menginap di hostel ini akan merasa sangat nyaman.

Selain itu, di hostel ini Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Anda akan mendapatkan pemandangan ini hanya dengan menginap di sini.

2. Akomodasi Nusa Nalan Beach Resort

Akomodasi kedua berada di Saleman, Kabupaten Maluku Tengah. Biaya per malamnya juga sangat terjangkau dan cocok untuk anda yang berada di tengah hanimun di Pulau Seram.

Menu makanan yang ditawarkan biasanya ikan dengan porsi raksasa. Soal rasa tidak perlu khawatir, karena dijamin bikin kamu ketagihan. Pelayanan yang diberikan oleh pemilik penginapan juga sangat ramah dan baik. Apalagi dengan keadaan kamar dan cottage yang sangat bersih.

3. Akomodasi Hotel Amboina PIRU

Untuk hostel ketiga ini memiliki nilai plus karena letaknya yang sangat strategis. hotel ini sendiri cukup dekat dengan Pulau Seram, Maluku dan beberapa destinasi wisata lainnya. Untuk fasilitas yang disediakan seperti AC di setiap kamar dan air panas untuk mandi malam. Kondisi kamar juga sangat bersih.

4. Resor Water Holland

Untuk yang terakhir, merupakan hostel yang memiliki rating cukup tinggi, karena merupakan hostel yang sangat nyaman bagi wisatawan. Dengan pemandangan karang dan pantai, tentunya semua orang akan betah tinggal di sini.

Apalagi tempat ini juga sangat cocok untuk menginap. Karena memiliki pelayanan yang ramah dan membantu.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Seram, Maluku

Fasilitas Pulau Seram MalukuKredit gambar: Google Maps Ahmed Hoho

1. Ada banyak akomodasi

Seperti disebutkan di atas, Pulau Seram Maluku ini memiliki banyak fasilitas dan salah satunya adalah akomodasi. Apalagi hostel yang dimiliki pulau ini cukup banyak dan Anda tinggal memilih sesuai budget. Jadi ketika lelah menjelajahi pulau, Anda bisa langsung kembali ke hostel untuk beristirahat.

2. Restoran dengan menu yang enak

Di pulau ini juga terdapat restoran dengan menu-menu yang enak. Umumnya bahan utama menu ini adalah ikan laut yang diolah secara khusus seperti masakan Maluku. Pastinya, semua menu ini akan menggugah selera Anda.

3. Layanan sewa perahu

Jika ingin menikmati keindahan laut, Anda bisa menyewa perahu, dengan harga yang terjangkau untuk beberapa orang. Anda bisa menikmati keindahan alam dan mengagumi matahari terbenam di tengah laut dengan menggunakan perahu.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa diberikan kepada Anda tentang Pulau Seram, Maluku. Jangan lupa siapkan budget untuk bisa menyewa perahu dan akomodasi. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button