Pantai batu hiu - WisataHits
wisatahits

Pantai batu hiu

Pantai batu hiu

Pantai batu hiu merupakan salah satu pantai di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini sudah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Jawa Barat untuk menghabiskan liburan keluarga.

Saat ini akhir pekan apalagi saat musim liburan panjang tiba, daerah Pantai Hiu akan dipenuhi ratusan wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan dan eksotisme pantai yang melegenda ini.

pantai-batu-hiu-pangandaran

Pantai batu hiu

Pantai memiliki kekuatan “magis” tersendiri untuk menarik wisatawan datang dan mengunjunginya.

Meski banyak tempat wisata modern yang dibangun, namun cita rasa liburan pantai rasanya tidak pernah bisa dikalahkan oleh jenis tempat wisata lainnya.

Tapi bagusnya di Indonesia banyak sekali objek wisata pantai yang bisa kita kunjungi. Dari Sabang sampai Merauke, hamparan pantai indah yang memanjakan mata bisa ditemukan dengan mudah.

Yang tak luput dari catatan tentunya adalah Pantai Batu Hiu di Pangandaran, Jawa Barat. Pantai yang dikenal dengan Tanah Lot Jawa Barat ini merupakan salah satu pantai yang bisa dijadikan tempat kompetisi setelah seharian beraktivitas.

pantai-batu-hiu-di-pangandaran

Ada apa di Pantai Batu Shark?

Pantai Batu Hiu menawarkan keindahan alam pantai yang berpadu dengan deburan ombak Laut Selatan yang terkenal.

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini memiliki melihat yang sangat luas dimana ombak besar menggulung dan air laut yang biru menyatu dan membentuk sebuah keindahan yang sulit untuk digambarkan.

Saat menginjakkan kaki di pantai ini untuk pertama kalinya, Anda akan disambut oleh sebuah gerbang atau pintu masuk yang berbentuk seperti hiu yang menganga, dengan gigi yang tajam.

Pintu ini merupakan pintu masuk untuk memanjat tebing yang biasanya digunakan sebagai tempat atau tempat bersantai para wisatawan untuk lebih menikmati keindahan Pantai Batu Hiu.

Gerbang hiu ini ada hubungannya dengan nama pantai ini dengan nama Batu Hiu. Ini juga menjadi penanda bahwa pantai yang Anda kunjungi adalah Pantai Hiu Bantu.

pantai-batu-hiu-barat-jawa

Selain gerbang hiu yang meninggalkan kesan tersendiri, pantai ini juga menawarkan panorama alam yang mempesona. Garis pantainya yang memanjang dan bebatuannya yang menjorok ke arah bibir pantai menjadi pemandangan yang akan sangat sulit untuk dilupakan.

Daerah di sekitar Pantai Batu Hiu juga sejuk dan rindang dengan banyak pohon kelapa dan jenis tanaman lain yang tumbuh di tempat teduh.

Di bawah rindangnya pepohonan, Anda bisa duduk santai bersama anggota keluarga sambil menikmati makanan ringan dan minuman ringan.

Selain itu, Pantai Batu Hiu juga memiliki Tugas foto yang akan sangat menarik bagi anda yang sangat suka berada di depan kamera.

Meski tidak dirancang khusus, Tugas Foto natural ini tak kalah cantiknya Tugas foto di tempat wisata lainnya.

Tempat Anda dapat mengambil foto di pantai Batu Hiu di sekitar pantai, di area gerbang hiu, di pantai, hingga puncak bukit kecil dapat Anda temukan Tugas fotografi romantis.

pantai-batu-hiu-pangandaran-jawa barat

Selengkapnya apa saja yang ada di pantai Batu Hiu, di pantai ini juga Anda bisa menemukan tempat penangkaran penyu hijau yang konon populasinya sudah mulai berkurang. Suaka penyu ini terletak sekitar 15 kilometer dari pantai Batu Hiu.

Di penangkaran penyu ini, kamu bisa langsung melihat dan berinteraksi dengan penyu hijau yang lucu dan menggemaskan ini.

Dari waktu ke waktu Anda juga bisa mengambil hiu di habitat aslinya, yaitu di pantai.

Asyiknya, untuk melihat dan berinteraksi dengan penyu tidak dipungut biaya apapun.

Di tempat penangkaran, ada kotak amal tetapi Anda tidak diwajibkan untuk memberikan sumbangan atau bentuk kompensasi lainnya.

Legenda Pantai Hiu Batu

sejarah-batu-hiu-pantai

Pantai Batu Hiu tidak hanya dikenal dengan keindahannya tetapi juga legenda yang mengiringi dan mengiringi keberadaannya.

Ada cerita atau cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi pintu rahasia untuk memecahkan misteri mengapa pantai ini disebut pantai Batu Hiu.

Cerita dimulai dengan sekelompok prajurit kerajaan dari Mataram yang konon telah dibuang dan didaratkan di pantai ini sekitar abad ke-11 yang lalu.

Pasukan yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede ini menghuni pantai ini untuk beristirahat dan singgah sejenak di perbukitan sekitar pantai.

Suatu ketika, pemimpin pasukan, yaitu Nini Gede memerintahkan semua pasukannya untuk menyebar di sekitar pantai untuk mencari makanan.

Tak lama kemudian, salah satu prajurit bernama Ki Braja Lintang muncul dan mengabarkan bahwa ia mendapat makanan berupa ikan hiu besar yang ditangkapnya di pantai.

misteri-pantai-batu-hiu

Namun alih-alih puas dengan makanan yang diterima para prajurit, Aki Gede dan Nini Gede tampak tidak senang dan memerintahkan prajurit untuk melepaskan kembali hiu tersebut ke laut.

Belum sampai di tepi laut, hiu itu tiba-tiba jatuh dan tiba-tiba berubah menjadi batu besar berwarna hitam berbentuk hiu.

Sebelum ramai seperti sekarang ini, batu hitam berbentuk hiu itu menurut warga sekitar masih dalam bentuk aslinya berupa hiu.

Namun setelah beberapa kali dihantam ombak dan mungkin karena terlalu banyak orang yang menyentuhnya, batu tersebut tetap ada namun bentuknya sudah berubah seperti batu biasa.

Terakhir, di Pantai Batu Shark, Anda juga bisa melihat saat-saat matahari terbenam. Sore hari, naik bukit saja untuk melihat momen dengan lebih leluasa matahari terbenam itu sangat indah.

Baca juga: Tempat Wisata Favorit Pantai Santolo Garut

Alamat Pantai Hiu Batu

alamat-pantai-batu-hiu

Pantai yang terkenal dengan keindahan, misteri dan sejarahnya ini terletak di Kecamatan Pangandaran (dahulu Ciamis), tepatnya di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat.

Untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Pangandaran, dibutuhkan waktu sekitar 36 menit menggunakan mobil dengan jarak tempuh sekitar 19,5 kilometer.

Kemudian mengenai rute menuju pantai Batu Hiu, Anda bisa memilih beberapa rute tergantung sarana transportasi yang Anda gunakan.

Lebih mudah, silahkan buka aplikasinya Google Maps untuk menemukan rute termudah dan tercepat menuju pantai Batu Hiu dari lokasi Anda saat ini.

Salah satu landmark yang dapat dijadikan sebagai access point menuju Pantai Batu Hiu adalah Pantai Pangandaran. Jika Anda pernah ke Pantai Pangandrang, Pantai Batu Hiu hanya berjarak beberapa meter saja.

Baca juga: Wisata alam Green Canyon Pangandaran

Jam Buka Pantai Hiu

jam buka-rock-shark-pantai

Pantai Batu Hiu buka setiap hari pada hari kerja dan hari libur. Mengenai jam buka, saat ini pihak pengelola belum mengatur secara jelas jam buka dan tutup pantai ini setiap harinya.

Tapi tentu saja liburan pantai tidak mungkin dilakukan pada malam hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi dan sore hari karena pada saat inilah pantai akan membuka pesona terindahnya.

Baca juga: Berburu foto di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang

Tiket Masuk Pantai Batu Shark

tiket masuk shark-rock-beach

Meski belum menentukan secara pasti jam buka dan tutupnya, pengelola objek wisata pantai Batu Hiu telah menerapkan sistem tiket masuk bagi pengunjung yang ingin memasuki kawasan pantai. Harga tiket juga bervariasi tergantung jenis transportasi yang digunakan pengunjung.

Berikut daftar harga tiket Pantai Batu Hiu:

Jenis transportasi Harga tiket
Berjalan Rp3.300
Sepeda motor Rp 7.000
transportasi mobil Rp36.000
Jeep / Sedan 19.500 rupiah
Ambil / L300 51.500 rupiah
Bus kecil Rp68.000
Bus berukuran sedang Rp106.000
bus besar Rp 172.000

Harap diperhatikan bahwa harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Mohon menanyakan harga tiket terbaru terlebih dahulu saat berada di loket atau di pintu masuk.

Baca juga: Pantai Ujung Genteng

Fasilitas Pantai Hiu Batu

Meski belum bisa dikatakan lengkap, namun fasilitas umum di Pantai Batu Hiu sudah cukup memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung.

Fasilitas di pantai ini antara lain:

  • Tempat parkir
  • Belvedere
  • Warung makan dan minum

Bagi yang ingin menginap, di sekitar pantai masih belum tersedia penginapan. Namun, Anda bisa bermalam di beberapa tempat menginap di pusat kota Pangandaran atau mencari penginapan di kecamatan Parigi.

hostel-di-batu-hiu-pantai

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Bandung Selatan

Pantai Hiu Pangandaran sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mencari hiburan di pantai dengan pemandangan yang indah. Pantai ini sangat cocok untuk tujuan liburan Anda bersama teman atau keluarga.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button