Kebun Buah Mangunan Apa yang Baru? Ini ulasan lengkapnya! Ada matahari terbit dan pedesaan di atas awan, itu adalah badai yang indah! - WisataHits
wisatahits

Kebun Buah Mangunan Apa yang Baru? Ini ulasan lengkapnya! Ada matahari terbit dan pedesaan di atas awan, itu adalah badai yang indah!

Kebun buah Mangunan – Ingin tahu apa saja yang ada di Kebun Buah Magunan Dlingo, Bantul Jogja? Berikut ulasan lengkapnya, mulai dari keunikannya, harga tiket masuk, aktivitas wisata, fasilitas, lokasi/alamat, hingga petunjuk arah menuju ke sana. Jika Anda beruntung Anda akan menemukan pemandangan negara di atas awan serta matahari terbit yang eksotis.

Kawasan Dlingo Bantul dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan di kalangan wisatawan. Pasalnya, ada beberapa lokasi wisata alam yang menawarkan panorama indah. Sebut saja Puncak Becici dan Hutan Pinus Mangunan yang sebelumnya dikenal sebagai ikon baru tempat wisata di Yogyakarta.

Nah, tidak jauh dari hutan pinus, ada Kebun Buah Mangunan yang juga bagus untuk “penyembuhan” dan “penyegar”. Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota Jogja, membuat tempat wisata ini menjadi incaran banyak orang untuk menghabiskan akhir pekannya.

Orchard-MangunanIlustrasi panorama Kebun Buah Mangunan Dlingo, Bantul Jogja (Foto: Amelia Saraswati)

Ulasan Kebun Buah Mangunan Dlingo, Bantul Jogja

Deskripsi keindahan dan daya tarik Kebun Mangunan

Agrowisata Buah Mangunan atau yang lebih populer dengan sebutan Kebun Buah Mangunan terletak di perbukitan Mangir dengan ketinggian antara 150 sampai 400 meter di atas permukaan laut. namanya mulai dikenal wisatawan hanya dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Anda, adakah hal unik yang bisa ditemukan di Kebun Buah Mangunan? Hal unik yang menjadi daya tarik dari taman buah ini adalah keindahan matahari terbit dan daratan di atas awan. Di pagi hari, biasanya dari pos pengamatan, Anda akan melihat kabut mengambang di sepanjang Sungai Oya / Sungai Oyo seperti negara di atas awan.

Saat matahari muncul dari ufuk timur, kedipan cahaya akan menerpa kabut, membuatnya semakin indah. Tak ayal banyak orang yang rela bersusah payah datang pagi-pagi sekali. Bagi Anda yang ingin menikmati sunrise dan kabut yang melayang, sebaiknya tiba di lokasi pada pukul 05:00 WIB dini hari.

Kabut biasanya muncul saat musim hujan, dimana saat hujan pada malam hari atau sore hari, keesokan paginya akan terlihat berkabut. Berbeda ketika musim kemarau jarang muncul di sana. Meski tidak ada kabut, pesona pemandangan dari atas Kebun Buah Mangunan masih luar biasa indah.

Dari atas bukit, kita bisa melihat Sungai Oya mengalir melewati perbukitan yang hijau. Pantai Parangtritis juga bisa dilihat dari jauh saat cuaca cerah dan tidak ada kabut. Satu lagi, ada spot foto instagramable unik lainnya berupa Sky Root, sebuah pohon besar yang bentuknya mirip akar.

Tidak hanya pemandangannya yang bagus, kebun buah ini juga memiliki koleksi aneka buah-buahan. Namanya juga kebun buah, tentu tidak masuk akal jika tidak ada buahnya bukan? Beberapa tanaman buah yang dapat ditemui di Kebun Buah Mangunan antara lain durian, mangga, rambutan, jambu biji, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, lengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing.

Kegiatan wisata menarik di Mangunan Orchard

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pelancong muda Bantul. Namun, ini tidak berarti bahwa itu tidak cocok untuk keluarga dan anak-anak. Pasalnya, masih banyak pilihan aktivitas seru dan menarik lainnya yang bisa dilakukan di sana, tidak hanya melihat sunrise atau kabut yang berterbangan.

Secara umum, beberapa kegiatan wisata yang dapat dinikmati di Kebun Buah Mangunan antara lain:

  • Menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan hamparan awan seperti negeri di atas awan. Oh iya, mereka juga bilang sunset itu bagus lho.
  • Kunjungan pendidikan memungkinkan Anda untuk menemukan berbagai tanaman buah. Jika datang saat musim buah, wisatawan juga bisa memilih wisata buah.
  • Memancing air tawar. Meski namanya taman buah, ada kolam pemancingan dengan berbagai makanan ikan seperti nila, lele dan bawal.
  • Ajak anak bermain di taman bermain yang berisi wahana seperti jungkat-jungkit, spinning bowl dan monkey bar.
  • Wisata edukasi mengunjungi penangkaran rusa timorensis (Rusa timorensis).
  • Berburu foto dengan berbagai background instagramable seperti skyroot, perbukitan hijau, sungai oya, kabut tebal, hingga sunrise.
  • Uji adrenalin Anda melalui jalan setapak dengan sepeda menuruni bukit.
  • Ikut serta dalam kegiatan seru di luar negeri.
  • Berkemah (camping) bersama keluarga dan teman.
  • Kunjungan edukasi pembibitan sapi dan produksi pupuk kandang.
  • Mendampingi anak-anak berenang, akan ada kolam renang anak-anak.

Baca juga: Review lengkap tebing Jogja Breccia

Fasilitas yang tersedia di Kebun Buah Mangunan

Sebagai salah satu kawasan wisata utama di Dlingo Bantul, Kebun Buah Mangunan dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang akan memanjakan wisatawan. Fasilitas yang tersedia disana antara lain :

  • ruang sholat
  • Tempat parkir
  • Tempat perkemahan
  • Keluar dari wahana seperti flying fox dan jembatan timbang
  • Toilet
  • Penangkaran Rusa Timor
  • Sudut pandang
  • Kolam renang anak
  • Ruang rapat
  • Aneka tanaman buah
  • Tempat bermain
  • warung makan
  • Pemeliharaan ternak dan produksi pupuk kandang
  • Spot foto keren seperti Sky Roots
  • Akomodasi

Baca juga : Wisata Hutan Pinus di Jogja, Keindahan Keindahannya

Harga tiket masuk dan jam buka Kebun Buah Mangunan

Tiket masuk Kebun Buah Mangunan cukup murah, yaitu Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 6.000 di akhir pekan. Biaya parkir antara 3 dan 5000 rupee, tetapi untuk bus yang lebih besar mungkin ada biaya parkir yang berbeda. Untuk jam operasional, Kebun Buah Mangunan buka mulai pukul 05:00 hingga 17:30 WIB.

Lokasi/Alamat dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Lokasi/alamat lengkap Kebun Buah Mangunan terletak di Jalan Imogiri-Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Jogja yang bisa ditempuh dalam 1 jam perjalanan.

Rute jalan menuju lokasi Kebun Buah Mangunan cukup mudah, kondisi jalan cukup baik. Hanya saja, tidak ada angkutan umum untuk menuju ke sana sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa dari rental. Meski kondisi jalan mulus, Anda tetap perlu berhati-hati dan memastikan kendaraan dalam kondisi prima karena akan menanjak.

Dari titik nol km di kota Yogyakarta, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke timur melalui Jalan Panembahan Senopati lalu belok kanan ke Jalan Brigjen Katamso. Ikuti jalan lurus, lalu belok kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono, lalu belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja.

Ikuti terus Jalan Sisingamangaraja sampai Jl. Imogiri Barat. Ikuti jalan hingga pertigaan di Pasar Barongan, lalu belok kiri ke Jalan Bakulan Imogiri. Setelah sampai di pertigaan, belok kiri menuju Jalan Makam Raja.

Ikuti jalan menuju pertigaan dekat Polsek Imogiri, ambil jalan ke kanan menuju Jalan Imogiri-Dlingo. Ikuti jalan menuju pertigaan dekat Desa Wisata Kaki Langit. Belok kanan/belok kanan, lalu lanjutkan ke area Kebun Buah Mangunan.

Jika Anda bingung, ingatlah untuk bertanya kepada penduduk setempat atau menggunakan buku panduan agar Anda bisa sampai di sana dengan cepat mengingat jalan yang berkelok-kelok. Anda dapat menggunakan gambar peta lokasi peta Google berikut.

Tips Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan

Menghabiskan akhir pekan atau liburan panjang di Kebun Buah Mangunan bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memanjakan mata, Anda juga bisa menghirup udara segar dan terhindar dari kebisingan hiruk pikuk perkotaan. Nah, bagi Anda yang sedang berpikir untuk pergi, berikut tips agar nyaman dan lancar.

  • Pastikan Anda mengetahui rute menuju lokasi kebun agar tidak tersesat dan tiba tepat waktu. Jika Anda belum pernah ke sana, sebaiknya Anda mengajak orang lain, baik itu teman, saudara, atau orang lain yang pernah ke sana.
  • Jika ingin melihat matahari terbit, datanglah saat musim kemarau. Usahakan sampai disana jam 5 pagi agar tidak ketinggalan momen sunrise.
  • Jika ingin melihat hamparan awan/kabut seperti negeri di atas awan, maka datanglah saat musim hujan. Biasanya setelah sore atau malam hujan, keesokan paginya Anda akan melihat awan putih mengambang di sekitar bukit. Usahakan datang pagi ya, jam 5 pagi sudah ada karena pada sore hari awan/kabut akan memudar.
  • Jika ingin menikmati aneka buah, datanglah saat musim buah.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
  • Bawalah makanan/minuman yang cukup dari rumah agar lebih hemat.
  • Pastikan tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, menyediakan hand sanitizer dan tubuh dalam keadaan sehat prima.
  • Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda layak jalan dan dalam kondisi baik.
  • Bawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap momen di sana.
  • Untuk anak-anak yang berenang di kolam renang, harap membawa pakaian ganti dan didampingi oleh orang tuanya.

Demikian sekilas informasi mengenai Puncak Kebun Buah Mangunan dan sekitarnya. Bagi kamu yang pernah ke sana, kamu bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button