Pantai Baron Gunung Kidul: Harga Tiket, Atraksi, Aktivitas Seru & Lainnya - WisataHits
wisatahits

Pantai Baron Gunung Kidul: Harga Tiket, Atraksi, Aktivitas Seru & Lainnya

Pantai Baron – Jika Magelang lebih identik dengan wisata berupa candi, maka hal yang berbeda akan Anda temukan jika menjelajah kawasan Gunung Kidul di Yogyakarta. Di Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan tempat wisata yang memiliki sebaran wisata pantai yang luas.

Dari utara ke selatan, sangat mudah menemukan sebaran wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Salah satu wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta disarankan benar-benar untuk Anda kunjungi adalah pariwisata Pantai Baron.

Semilir angin, pepohonan dan nyiur serta sapuan angin sepoi-sepoi akan menjadi teman setia saat Anda datang berkunjung ke pantai ini. Informasi lengkap tentang wisata pantai di Gunung Kidul bisa kamu lihat di bawah ini!

Liburan Seru di Pantai Baron

Kali ini Tempat wisata yang seru akan mengajak anda berlibur mengunjungi pantai yang namanya berasal dari bahasa Belanda yaitu Baron Skeber. Kemudian pantai ini dinamai Baron Belanda.

Lokasi Pantai Baron Gunungkidul

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai ini, silahkan langsung menuju Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh ke pantai ini kurang lebih :

  • 60 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl.Nasional III (1h39)
  • 60 km dari stasiun Lempuyangan via Jl Nationale III (1h39)
  • 56 km dari Bandara Internasional Adisucipto melalui Jl Nationale III (1h28)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada halangan)

Akses wisata ke pantai Baron

Jika Anda membawa kendaraan pribadi ke pantai ini, Anda bisa memulai perjalanan dari stasiun tugu. Untuk menuju Pantai Baron, Anda bisa melalui jalan Trans Jogja 1A dan sesampainya di Bandara Adi Sucipto, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke jalan berikutnya menuju Terminal Giwangan.

Sesampainya di terminal Giwangan, lanjutkan perjalanan dengan naik minibus jurusan Yogyakarta – Wonosari yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 atau 2 jam.

Setelah sampai di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan minibus menuju Pantai Baron. Dan Anda akan datang ke tempat khusus di pantai.

Harga tiket masuk Pantai Baron

Untuk biaya masuk ke kawasan wisata tepi laut ini sebenarnya murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. Kabar baiknya lagi, dengan harga Rp 10.000, Anda tidak bisa sembarangan pergi ke Pantai Baron.

Dengan harga 10 ribu rupiah bayar, bisa ke pantai kukup, pantai sundak dan pantai krakal sekaligus. Jangan lupa membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Selain tiket masuk, pengunjung yang ingin bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian bisa melihatnya dari atas mercusuar. Untuk naik ke mercusuar, Anda hanya membayar 5.000 per orang.

Mercusuar Pantai BaronMercusuar di pantai foto: @acong_afit

Informasi Harga (Rp)
Biaya remunerasi Rp 10.000
Biaya parkir sepeda motor Rp3.000
Biaya parkir Rp5.000

Tarif masuk yang kita bayarkan untuk masuk ke pantai baron ini juga sudah termasuk beberapa pantai disebelahnya. Pasalnya, pantai-pantai di sebelah Pantai Baron juga tak kalah menarik untuk dikunjungi

Sebut saja beberapa pantai terdekat yang bisa kita kunjungi, ada Pantai Indrayanti, Pantai Drini dan pantai lainnya.

Penginapan

Jika ingin bermalam di Pantai Baron, pantai ini sudah memiliki akomodasi yang memadai. Ada banyak hostel dan hotel dengan fasilitas dan layanan yang sangat baik.

Harganya juga murah, jadi recommended banget. Jika ingin bersenang-senang di Pantai Baron, Anda juga bisa berkeliling Pantai Baron menggunakan perahu motor yang bisa disewa.

Keindahan pantai

Pantai ini tidak akan pernah terkenal jika tidak indah. Salah satu keindahan Pantai Baron adalah suasananya yang segar dan asri berpadu dengan panorama alam yang menentramkan. Di sini Anda akan menemukan dua bukit cantik yang mengapit Pantai Baron.

Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa mencoba trekking ke atas bukit dan merasakan indahnya Pantai Baron dari atas bukit. Dijamin seru. Oh iya, jangan lupa mengabadikan setiap momen disini.

Pantai Baron yang indahPantai Baron yang indah

Selain keindahan tersebut, Pantai Baron juga memiliki keistimewaan yaitu sungai bawah tanah yang juga mengalir deras ke laut membentuk sungai. Di sini Anda bisa mandi dan menyegarkan diri tanpa air asin seperti di pantai.

Aktivitas seru lainnya di Pantai Baron

Selain bermain di pantai, Anda juga bisa mencoba berbagai alternatif liburan lainnya seperti mencoba trekking dan berkemah di bukit sebelah timur pantai ini.

Selain dari arah timur, wisatawan juga bisa mendaki bukit barat yang juga sangat wajib bagi kita. Di tebing ini Anda bisa melihat pembangkit listrik energi alam bernama Baron Taman teknologi.

Pergi ke Baron Taman teknologi kita bisa ambil jalur tepat sebelum Pos Retribusi Pantai Baron, ada pertigaan jalan menanjak jadi ikuti saja jalan tersebut sampai tiba di lokasi.

Atau agar tidak tersesat, Anda bisa menanyakan lokasi Baron kepada petugas Pos Retribusi Taman teknologi itu. Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi listrik, seperti panel surya (sel fotovoltaik) ke jam matahari yang berfungsi seperti jam tangan dengan sinar matahari.

jam matahari di baron techno park.  foto: @wahyuardianJam matahari di baron techno park. foto: @wahyuardian

Tempat menarik di pantai Baron

Obyek wisata pantai di Gunung Kidul ini selalu menjadi salah satu primadona bagi banyak wisatawan untuk mengisi waktu liburan akhir pekannya, apalagi pantai ini memiliki daya tarik yang begitu besar.

Selain dilengkapi dengan banyak listrik seperti yang sudah disebutkan di atas, pantai yang masih alami ini sangat cocok untuk keluarga, lho. Anak-anak bisa bermain air sepuasnya di sini, karena pantai ini aman dan ramah anak, tinggal kita awasi mereka saat bermain di pantai. Berikut beberapa tempat menarik di Pantai Baron yang bisa kita pertimbangkan saat datang ke sini:

1. Teluk dan sungai

teluk sungai pantai baron (okezone.com)teluk sungai pantai baron (okezone.com)

Tempat pertama yang menjadi daya tarik pantai ini adalah teluk sungai pantai Baron yang paling populer di kalangan wisatawan.

Air di teluk ini sendiri berasal dari sungai bawah tanah, namun aliran air darinya cukup deras sehingga wisatawan bisa bermain air sepuasnya di sini.

Wisatawan akan disuguhkan dengan air yang jernih dan sejuk yang keluar dari teluk ini, sehingga terasa sangat berbeda dengan pantai yang asin karena airnya keluar dari teluk yang sejuk.

Daya tarik lainnya adalah deretan bukit yang mengelilinginya, sehingga kami jadikan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai pasir putih dari sudut yang tinggi.

2. Mercusuar

mercusuar pantai baronmercusuar pantai baron

Tempat ini sudah disebutkan tadi, menjadi salah satu daya tarik utama baron pantai ini, bahkan tidak semua pantai di Indonesia memiliki mercusuar untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian seperti ini.

Wisatawan yang ingin menikmati pesona pantai ini dari atas bisa langsung menuju ke atas, wisatawan akan disuguhkan keindahan alam dan pemandangan pantai yang luas dari atas.

3. Kapal penangkap ikan

Wisata Kuliner Pantai Baron (kratonpedia.com)Wisata Kuliner Pantai Baron (kratonpedia.com)

Pantai ini juga menjadi tempat bersandarnya perahu nelayan. Wisatawan bisa menggunakan kapal warna-warni ini sebagai latar untuk berfoto. Tak hanya itu, bagi yang ingin mengetahui aktivitas nelayan, Anda bisa memancing atau menangkap nelayan melaut.

4. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Pantai Baron (kratonpedia.com)Wisata Kuliner Pantai Baron (kratonpedia.com)

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke pantai tapi tidak mencoba wisata kulinernya. Pantai Baron juga memiliki banyak pedagang yang menjajakan dagangannya kepada wisatawan yang datang ke sini.

Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai kuliner yang memanjakan lidah di pantai, wisatawan bisa langsung menuju warung makan yang menjual berbagai olahan makanan laut, kepiting, ikan, udang, dll.

Oh iya tidak hanya wisata kuliner saja, di sekitar pantai ini juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang seperti oleh-oleh khas pantai Gunung Kidul seperti aksesoris, makanan, oleh-oleh ikan segar.

Bagi yang ingin membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan juga bisa. Anda bisa membawa pulang ikan segar atau memanggangnya langsung di pantai bersama rombongan.

Tips saat berkunjung ke Pantai Baron

Bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai ini ada baiknya menyimak beberapa tips dari Tempatwisataseru.com agar liburan Anda semakin menyenangkan dan berkesan. Apa tipsnya? Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum berlibur ke pantai gunungkidul :

  • Pertama, ada waktu tertentu yang akan setiap 5 tahun sekali sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini, dimana ada sungai air tawar yang mengalir melalui pantai ini yang akan mengubah arah membagi pasir dari jangkauan secara horizontal.
  • Jangan berenang sembarangan di sini, karena ombaknya cukup besar. Berikan perhatian khusus saat angin kencang.
  • Anda bisa menyewa ban atau pelampung untuk menunjang aktivitas di pantai ini, jadi walaupun tidak bisa berenang, Anda tetap bisa bermain di pantai ini.
  • Sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jika memungkinkan, gunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor karena jalur menuju pantai sempit dan berkelok-kelok.

Bagaimana? Sudah tidak sabar lagi, apakah Anda ingin segera mengunjungi pantai cantik ini? Tunggu apa lagi, segera atur Perencanaan Anda untuk liburan seru bersama teman atau orang tersayang.

Penutupan

Jadi pemeriksaan dari Tempat wisata yang seru pada pantai baron untukmu. Semoga liburan anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Agar tempat wisata di Gunung Kidul semakin terkenal, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain melalui jejaring sosial Anda.

Kunjungi juga Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button