Kembangkan persahabatan Anda selama Festival Benjang 2022 di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Kembangkan persahabatan Anda selama Festival Benjang 2022 di Bandung

bandung

Musik dari kendang hingga terompet terus dimainkan oleh grup Benjang pada festival Benjang di Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Rabu (10/8/2022). Sebanyak 20 kelompok benjang hadir dalam perayaan acara tersebut.

pemantauan detikJabar Di lokasi ini, berbagai kelompok Bejang terlihat melakukan prosesi di sepanjang Jalan Ciporeat. Beberapa kelompok benjang terlihat ikut memeriahkan penampilan mereka.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung Erick Juriara mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dua tahun lalu. Namun, hal itu terkendala oleh pandemi COVID-19.

“Jadi beberapa waktu lalu tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19, baru kali ini bisa dilaksanakan,” kata Erick.

Kabupaten Bandung sendiri memiliki banyak potensi seni dan budaya. Salah satunya adalah benjang yang masih eksis hingga saat ini.

“Dulu, Ujungberung secara historis masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung. Pada tahun 1987, dengan pemekaran Kota Bandung, Ujungberung menjadi salah satu wilayah administrasi Kota Bandung. Namun nilai-nilai tradisional yang ada sebenarnya masih dilestarikan Kabupaten Bandung,” ujarnya.

“Jadi kita di Kabupaten Bandung, di daerah Cilengkrang, Cimenyan, Cileunyi, kemudian di sekitar Majalaya, budaya Benjang masih ada,” tambahnya.

Festival Benjang 2022 di Ciporeat, Kabupaten Bandung.Festival Benjang 2022 di Ciporeat, Kabupaten Bandung. Foto: Yuga Hassani/detikJabar

Erick mengatakan benjang merupakan salah satu aset wisata. Oleh karena itu, kegiatan festival wisata harus sering diadakan untuk melestarikan seni budaya dan mempromosikan pariwisata.

“Ke depan, di Kabupaten Bandung juga akan kita rancang agenda festival kegiatan pariwisata yang kita serap dari seluruh seni budaya yang ada di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Ia menambahkan, festival tersebut bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan dari luar Bandung. Jadi, menurut dia, bisa meningkatkan perekonomian.

“Ini adalah potensi budaya, potensi wisata di Kabupaten Bandung. Kita lihat saja setelah beberapa pemulihan dari pandemi COVID-19, ternyata perjalanan domestik yang masuk ke Kabupaten Bandung juga signifikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Art Circle Setia Wargi Ade Sutaryana, 46, atau dikenal dengan Abah Lois, mengatakan festival ini bisa menjadi ajang berkumpulnya kelompok benjang. Sehingga hubungan antar kelompok benjang bisa semakin erat.

“Alhamdulillah baru kali ini acara semacam ini. Tapi bagus untuk memperkuat kelompok benjang,” ujarnya.

(bola/bola)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button