Pantai Bama, Pantai Pasir Putih dengan Pemandangan Alam yang Menawan di Situbondo - WisataHits
wisatahits

Pantai Bama, Pantai Pasir Putih dengan Pemandangan Alam yang Menawan di Situbondo

Pantai Bama, Pantai Pasir Putih dengan Pemandangan Alam yang Menawan di Situbondo

Pantai Buma merupakan pantai yang indah karena berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Pantai ini sangat cocok sebagai tujuan wisata.

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sumberwaru, Kec. Banyuwangi, Kab. Situbondo, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Bama merupakan salah satu pantai terindah dan menawan di Jawa Timur. Pantai ini berada di kawasan konservasi hutan lindung Taman Nasional Baluran. Jadi Anda bisa berkunjung ke pantai ini sambil menikmati berbagai wisata di kawasan yang sama. Pantai yang masih sangat alami dan asri ini terletak di perbatasan antara kedua wilayah tersebut.

Daerah tersebut adalah Banyuwangi dan Situbondo. Pintu masuk ke pantai ini ada di Situbondo dan pantainya ada di daerah Banyuwangi. Karena berada di antara kedua kawasan tersebut, pantai ini memiliki keistimewaan dan daya tarik yang unik, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menikmati keindahannya.

Keunikan dan daya tarik pantai yang memesona ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata saat liburan atau akhir pekan tiba. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, teman terdekat, bahkan dikunjungi sendiri jika ingin menghabiskan waktu sendiri atau bersama saya.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Bama

Objek Wisata Pantai Bama SitubondoFoto: Google Maps/Tetty Savitri

Daya tarik dengan keunikannya membuat banyak pengunjung sangat menikmati menghabiskan waktu bersama orang tersayang di pantai ini. Jadi tidak heran

✦ Pasir putih

Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat indah apalagi jika terkena sinar matahari. Pasir putih nan eksotik ini bisa dijadikan tempat yang cocok untuk berswafoto dan mengabadikan kebersamaan keluarga. Selain berfoto, pantai pasir putih ini bisa dinikmati sambil bermain pasir.

Wisatawan bisa membawa ember dan sekop sendiri untuk bermain pasir di pantai dan membangun istana pasir yang indah.

✦ Air jernih

Selain pantai berpasir putih, wisatawan juga bisa menikmati keindahan air laut yang sangat jernih di pantai ini. Air laut di pantai ini sangat biru dan jernih seperti kawasan di Taman Nasional Baluran.

Dengan air laut yang biru dan jernih pasti wisatawan akan sangat rileks dan bisa melepaskan penat dengan bermain di air laut ini, air laut yang jernih ini bisa digunakan untuk berenang atau sekedar merendam kaki.

✦ Gelombang Miring

Menikmati pasir putih dan air laut yang jernih, wisatawan juga akan dimanjakan dengan lembutnya ombak pantai ini. Berbeda dengan pantai-pantai di selatan, Pantai Bama memiliki ombak yang landai memungkinkan Anda untuk bermain ombak di pantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Bama SitubondoFoto: Google Maps/Catur Rudy Atmoko

Untuk melihat keindahan pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Jika Anda datang dari pusat kota Situbondo, Jawa Timur, Anda perlu berkendara selama 45 menit hingga 1 jam dan menempuh jarak 74 kilometer.

Namun tidak perlu khawatir, meski jarak yang ditempuh cukup jauh, jalan yang akan ditempuh sangat bagus sehingga tidak terlalu melelahkan. Apalagi sesampainya di sana, Anda akan disambut oleh keindahan alam pantai ini. Dari Alun-Alun Situbondo, Anda harus menuju Jl. KH. Wahid Hasyim dan menuju Jl. Ahmad Yani.

Kemudian anda harus belok kanan menuju Jl. Situbondo-Banyuwangi dan berkendara sejauh 60 km di jalan ini dan temukan petunjuk jalan masuk ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Untuk menikmati keindahan Pantai Buma, wisatawan harus masuk melalui gerbang Taman Nasional Baluran. Saat masuk melalui gerbang Taman Nasional Baluran, tiket akan dibeli secara keseluruhan karena pantai ini termasuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Baluran.

Harga tiket yang akan dikeluarkan sangat terjangkau bagi wisatawan lokal yaitu Rp 20.000 per orang. Untuk wisatawan mancanegara harganya berbeda yaitu Rp 150.000 per orang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Bama SitubondoFoto: Google Maps/Farid Andang

Setelah membayar tiket masuk, Anda pasti ingin melakukan berbagai macam aktivitas menarik dan menyenangkan. Beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan bersama keluarga antara lain:

1. Berenang

Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih, air laut yang biru dan ombak yang landai yang memungkinkan wisatawan untuk menikmatinya sambil berenang. Dengan kondisi tenang, anak-anak juga bisa menikmati pantai sambil berenang.

Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan anak-anak dan sediakan alat pelindung diri seperti pelampung agar keamanan tetap terjaga selama berlibur di Pantai Buma Baluran yang indah.

2. Melihat monyet ekor panjang di sekitar Pantai Bama

Selain berenang dan menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa melihat monyet ekor panjang. Wisatawan bisa melihat satwa ini karena pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran yang memang menjadi habitat alami beberapa satwa.

Monyet ekor panjang akan bebas berkeliaran di sepanjang Pantai Bama. Oleh karena itu, lebih baik tidak mengganggu hewan tersebut dan menjaga jarak yang aman. Namun pastikan untuk berhati-hati dalam menjaga barang-barang Anda karena tidak jarang monyet-monyet ini mengambil makanan dari tas turis yang baru diturunkan di sana.

3. Dermaga Mangrove

Pantai Buma juga dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan sangat subur. Sebagian besar pepohonan di pantai ini merupakan tanaman bakau yang memberikan rasa sejuk dan menahan abrasi pantai. Di pesisir barat terdapat jembatan atau jetty yang menjorok sedikit ke laut sehingga Anda bisa menikmati hutan bakau sambil berjalan-jalan.

Wisatawan juga bisa menikmati kesejukan dan keindahan hutan bakau yang sangat lebat. Keindahan dermaga mangrove ini bisa diabadikan dalam foto karena tidak semua pantai memiliki hutan mangrove dengan dermaga atau jembatan untuk memanfaatkan hutan mangrove yang lebih dalam.

4. Snorkling

Selain menikmati keindahan pantai dari atas, wisatawan juga bisa menikmati pantai ini dengan melihat kehidupan di dalam laut, karena kelestarian alamnya masih sangat terjaga, banyak biota laut yang bisa dilihat dengan snorkeling di sini.

Sambil snorkeling, wisatawan menyelam ke dasar laut untuk berkenalan dengan keindahan biota laut. Namun di pantai ini terdapat peraturan yaitu wisatawan dilarang menyentuh terumbu karang disini untuk menjaga kelestariannya.

Bagi yang tidak memiliki alat snorkling tapi ingin mencobanya, Anda bisa menyewa alat snorkling di pantai ini. Di sepanjang pantai, persewaan peralatan scuba tersedia bagi wisatawan yang ingin menyelam.

5. Nikmati matahari terbit dan terbenam

Dengan kondisi yang masih sangat asri dan alami, wisatawan dapat menikmati panorama sunrise dan sunset yang sangat indah dan jernih di Pantai Buma. Saat ingin menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam, Anda harus melapor ke petugas terlebih dahulu karena jam operasional pantai ini hanya dari pukul 07:30 hingga 16:00 WIB.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Bama SitubondoFoto: Google Maps/Gustav Subagio

Saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan tidak perlu memikirkan fasilitas umum yang tersedia karena sudah banyak fasilitas umum yang memadai di pantai ini. Ada toilet atau kamar mandi, mushola dan tempat parkir.

Terdapat juga warung makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman di sepanjang bibir pantai sehingga Anda tidak perlu khawatir membawa perbekalan atau membeli makanan dipinggir pantai saat berkunjung ke pantai ini.

Melakukan tamasya atau liburan keluarga akan sangat menyenangkan jika mengunjungi tempat wisata indah yang ramah untuk seluruh anggota keluarga. Pantai Buma bisa menjadi pilihan yang baik, karena lokasinya yang mudah dijangkau dan banyak kegiatan yang berhubungan dengan alam untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button