MASJID AL KAMIL Magnificent Mosque Free Entry - WisataHits
wisatahits

MASJID AL KAMIL Magnificent Mosque Free Entry

MASJID AL KAMIL Magnificent Mosque Free Entry

Harga tiket masuk Masjid Al Kamil : Rp 0 – Rp 10.000. Jam buka: 08:00–20:00 WIB. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Jemah, Kec. Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45377.

Masjid Al-Kamil merupakan destinasi wisata religi yang patut dikunjungi di Sumedang. Masjid ini sangat megah dengan arsitektur unik berbentuk bunga teratai atau teratai putih. Suasana nyaman dengan pemandangan waduk Jatigede dan tempat yang asri.

Desain masjid ini merupakan karya arsitek Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil. Bangunannya berwarna putih dan sangat estetis. Sangat Instagramable saat dijadikan objek atau background foto. Hal inilah yang membuat tempat ibadah ini juga bisa menjadi tujuan wisata.

Harga tiket masuk Masjid Al Kamil Jatigede

Untuk memasuki area masjid, tidak ada pengambilan tiket masuk. Pengunjung dapat mengunjungi masjid ini secara gratis. Namun perlu disiapkan biaya parkir kendaraan oleh pengelola dari swadaya masyarakat setempat.

Harga tiket masuk dan parkir
Tiket masuk Bebas
Tempat parkir mobil Rp 10.000

Diskon dan promosi hotel di Bandung

Baca: Tiket Masuk, Wahana, dan Alamat Jans Park Jatinangor

Jam buka Masjid Al Kamil

Masjid ini terbuka untuk umum dari pagi hingga sore hari. Tidak ada batasan hari berkunjung karena masjid ini buka setiap hari. Sebaiknya pengunjung datang ke tempat ini pada sore hari agar matahari tidak terlalu terik. Karena pada siang hari tempatnya cukup panas dan tempat berteduh hanya di bangunan masjid.

Jam buka
Setiap hari 08.00–20.00 WIB

Objek wisata religi Masjid Al Kamil

Suasana di dalam Masjid Al KamilSuasana di dalam masjid. Foto: google maps/Tony Ibrahim

Masjid Al Kamil memiliki ruang yang tidak terlalu besar, namun sangat indah. Keindahannya terlihat bahkan dari jauh, siang dan malam.

Selain bangunan masjid, masih banyak hal menarik lainnya yang membuat masjid ini istimewa. Misalnya tinggi dan berhadapan langsung dengan Waduk Jatigede, bersebelahan dengan Menara Kujang, dll.

Baca: Tiket dan Aktivitas KARUHUN KAMPUNG

Keunikan arsitektural

Suasana di luar Masjid Al KamilSuasana outdoor dengan ornamen instalasi yang unik. Foto: google maps/Ridwan Setiawan

Masjid ini memiliki desain yang sangat unik yang pasti akan memukau bagi yang melihatnya. Akan terlihat megah dan megah secara langsung dengan view langsung Waduk Jatigede.

Dilihat dari atas, bangunan tersebut akan terlihat seperti bunga teratai (teratai) yang sedang mekar. Warna putih bersih sangat mendominasi bangunan ini.

Halaman masjid sangat luas dan lapang bagi pengunjung. Halamannya terdiri dari batu-batu kecil yang dicat putih. Di sekitar masjid masih asri dengan lingkungan yang hijau karena masih terdapat pepohonan yang rimbun. Meskipun di luar panas, di dalam masjid terasa sejuk.

Baca: Tiket dan Aktivitas Desa Sumedang Ciherang

Pemandangan Waduk Jatigede

Pemandangan Masjid Al Kamil dan Waduk JatigedePemandangan waduk dan masjid Jatigede. Foto: google maps/Ali Vikry AERIAL

Masjid Al Kamil merupakan salah satu tujuan untuk mengagumi pemandangan Waduk Jatigede di Sumedang. Jika ingin mencari spot foto di tempat ini, dari segala sudut akan bagus. Karena view langsung mengarah ke Waduk Jatigede yang megah.

Bagi masyarakat Sumedang, Waduk Jatigede memiliki pesona tersendiri. Perairan ini merupakan reservoir terbesar kedua di Indonesia. Waduk besar ini menampung 979,5 juta meter kubik air, berfungsi untuk pembangkit listrik tenaga air dan irigasi. Selain itu, waduk ini juga berfungsi sebagai tempat penangkaran ikan.

Baca: Pesona Curug Cinulang Air Terjun Kembar

Wisata kuliner

Di luar masjid, pengunjung dapat dengan mudah menemukan pedagang kaki lima. Jadi jika haus atau lapar, pengunjung bisa membeli makanan yang dijajakan.

Ada juga banyak restoran dan warung makan di dekat masjid. Mereka yang berkunjung juga bisa membeli makanan sambil menikmati pemandangan Waduk Jatigede.

Di sekitar waduk, pengunjung juga bisa dengan mudah menemukan makanan enak. Karena di sekitar waduk banyak terdapat warung yang menjual nasi liwet dan ikan bakar.

Pada umumnya warung-warung di sekitar waduk memberikan suasana makan tradisional di sebuah gubuk. Pengunjung dapat menikmati makanan di pondok sambil menikmati pemandangan waduk dan Masjid Al Kamil.

Baca: Tiket dan Wahana KAMPUNG TOGA Sumedang

Menara Kujang

Di antara masjid dan waduk, berdiri menara Kujang yang sangat megah dan artistik. Seperti namanya, di atas menara ini terdapat dua buah golok raksasa.

Kujang adalah senjata tradisional khas Jawa Barat yang dikenal sebagai senjata khas Sunda. Menara Kujang berfungsi sebagai menara observasi, pengunjung dapat melihat waduk lebih dekat.

Menara ini dibuat dengan arsitektur no-joke dan memiliki ketinggian 99 meter. Bangunan ini juga merupakan karya arsitektur Bapak Ridwan Kamil dengan desain yang terlihat kokoh.

Diperkirakan menara ini dapat menampung sekitar 600 orang. Pemandangan dari sini juga tidak kalah keren dari Masjid Al Kamil.

Baca: Tiket dan Wahana Seru Tanjung Duriat Sumedang

Jembatan Putih yang menghubungkan Majid dan Menara

Pemandangan dari atas jembatan yang menghubungkan masjid dengan menara KujangPemandangan dari atas jembatan yang menghubungkan Masjid Al Kamil dengan Menara Kujang. Foto: google maps/uwie Ceu Wie

Dari bangunan masjid hingga menara Kujang dihubungkan dengan jembatan berwarna putih. Jembatan ini membentang sekitar 100 meter dan cukup lebar. Melewati jembatan ini, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Tempat ini juga menjadi tempat yang keren untuk foto-foto.

Kemudahan

Fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke masjid ini cukup lengkap. Tempat parkir cukup luas untuk mobil dan motor. Pengunjung dapat memarkir kendaraannya di area samping masjid atau di tempat parkir di bawah. Toilet dan rak sepatu juga tersedia di depan halaman Masjid Al Kamil.

Ada juga fasilitas seperti wastafel bagi pengunjung untuk mencuci tangan. Masjid ini juga ramah terhadap pengunjung yang tiba-tiba datang tanpa persiapan apapun. Karena jika ingin beribadah tersedia sajadah, sarung dan mukena untuk pengunjung. Bahan ibadah dapat dipinjam oleh pengunjung Masjid Al Kamil.

Lokasi Masjid Al Kamil Jatigede

Masjid dengan desain arsitektur yang indah ini terletak di desa Jemah. Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45377. Jarak dari pusat kota Sumedang ke lokasi masjid adalah 31 kilometer. Jika Anda pergi ke sana dengan kendaraan, itu akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Jalan Masjid Al Kamil Jatigede

Jalan menuju Masjid Al Kamil cukup bagus dan beraspal. Namun lebarnya relatif kecil, sekitar 4 meter. Jalannya cukup menanjak tapi tidak terlalu terjal. Pasalnya, bangunan masjid ini berada di ketinggian 360 meter di atas permukaan laut.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button