Gili Nanggu Lombok, pulau surga yang indah dan eksotis bagi para penyelam - WisataHits
wisatahits

Gili Nanggu Lombok, pulau surga yang indah dan eksotis bagi para penyelam

Pulau terjauh dari Kepulauan Lombok ini menyuguhkan keindahan bawah lautnya sendiri. Namanya Gili Nanggu, bisa pilih obyek bulat bahari itu adalah untuk melewatkan waktu liburan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 400.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Sekotong Barat, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di ujung Lombok Barat ini memiliki keindahan alam yang wajib masuk dalam daftar kunjungan liburan Anda. Bernama Gili Nanggu, merupakan pulau yang memiliki luas 8 hektar dengan beberapa pohon yang tumbuh di tengah pulau.

Keindahan bawah laut menjadi keunggulan utama yang ditawarkan oleh kawasan wisata tersebut. Oleh karena itu, ada banyak tempat untuk melakukan aktivitas menarik yang berhubungan dengan air. Tidak hanya itu, pulau kecil ini juga sering digunakan untuk mengadakan acara-acara tertentu.

Suasananya yang lebih tenang dari tempat wisata lain di sekitarnya, membuat lokasi pulau ini sangat cocok untuk mengadakan acara yang lebih pribadi. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menyimak beberapa informasi berikut ini.

Tempat Wisata Gili Nanggu

Tempat Wisata Gili NangguKredit gambar: Google Maps Putranji Akhyar

1. Kekayaan biota laut

Kekayaan bawah laut pulau di ujung Lombok Barat ini menyuguhkan keindahan yang berbeda. Bagaimana tidak, airnya yang jernih dengan pantai yang dangkal memudahkan siapapun untuk melihat ikan-ikan kecil berenang-renang.

Tak hanya itu, keanekaragaman terumbu karang juga menjadi daya tarik lain nusantara. Anda dapat menikmati keindahan biota laut yang kaya ini dengan snorkeling atau menyelam. Pastinya aman untuk dilakukan karena ombak lautnya tidak terlalu ganas.

2. Menjadi lokasi sewa pilihan

Lokasi wisata pulau ini tidak begitu ramai, bahkan tidak seperti tempat wisata lain di sekitarnya. Inilah alasan mengapa beberapa orang menyewa pulau itu. Banyak acara khusus yang lebih pribadi diselenggarakan di pulau ini.

Banyak dari mereka yang siap memesan terlebih dahulu agar bisa menikmati keindahan pulau ini sendiri-sendiri. Namun, biaya sewa pulau tidak minim, harga yang ditawarkan cukup tinggi, mencapai ratusan juta rupiah.

Memang tidak jarang wisatawan asing yang sudah memesan pulau ini untuk mengadakan pesta khusus bersama teman atau keluarga. Tak hanya itu, lokasi pulau tak berpenghuni ini juga dapat diakses dengan transportasi laut dari bandara terdekat.

Alamat dan Arah Lokasi Gili Nanggu

Alamat Gili NangguKredit gambar: Google Maps Urs Dreyer

Sedangkan untuk lokasinya sendiri, Gili Nanggu berada di kecamatan Sekotong Barat yang masih satu kawasan dengan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan menuju tempat wisata hanya bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi air. Jika Anda wisatawan dari luar daerah, rute keberangkatan akan berangkat dari bandara.

Setelah beberapa jam di ketinggian melalui banyak perairan di Indonesia, pesawat yang Anda gunakan akan mendarat di Bandara Internasional Lombok Barat. Perjalanan selanjutnya akan dilanjutkan menggunakan angkutan umum untuk sampai ke area pelabuhan. Transportasi umum yang digunakan wisatawan adalah bus.

Kendaraan bus ini banyak dipilih karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, sehingga bisa menghemat uang saat liburan. Setelah naik bus 5 sampai 10 menit dari bandara, Anda akan tiba di pelabuhan Lembar yang sangat populer di kalangan wisatawan.

Kemudian Anda bisa memilih berbagai jenis kapal yang akan digunakan untuk menyeberangi laut lepas untuk sampai di tempat wisata tersebut. Untuk biaya sewa perahu sendiri, perahu berkapasitas maksimal 10 orang dipatok Rp 400.000.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa pergi bersama wisatawan lain. Biaya sewa yang harganya ratusan, bisa dibagi rata dengan penumpang lain di kapal. Selama perjalanan menggunakan transportasi air ini, Anda akan melihat keindahan Pulau Lombok dari sudut pandang yang berbeda.

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi tempat wisata di Pulau Gili Nanggu terlebih dahulu dapat menyiapkan dana sebesar Rp 5000 untuk membeli tiket masuk. Dengan harga tiket yang sangat murah ini, Anda akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam yang ditawarkan pulau pasir putih ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gili Nanggu

Aktivitas seru di Gili NangguKredit gambar: Google Maps Yudianto Ab

1. Perkemahan

Bagi Anda yang menyukai dunia camping, tak ada salahnya mencoba mendirikan tenda di pulau mungil ini. Selain bisa bermalam di alam terbuka, kamu juga bisa berhemat dengan bisa menginap beberapa malam di pulau ini.

Berbagai perlengkapan untuk camping ini bisa kamu persiapkan terlebih dahulu dari rumah. Namun jika Anda tidak memiliki peralatan sama sekali, jangan khawatir, karena akan ada tempat untuk menyewakan alat untuk mendirikan tenda.

2. Sewa perahu nelayan

Wisatawan yang ingin merasakan kesejukan air namun takut berenang bisa mencoba menelusuri perairan laut dengan menggunakan perahu nelayan. Anda akan diajak mengunjungi kawasan pulau dan akan bisa melihat ekosistem laut dari jarak yang cukup dekat.

Memang, perahu nelayan berguna untuk menangkap ikan, yang merupakan pekerjaan sehari-hari warga setempat. Namun, karena keramahan penduduk setempat, Anda dapat menggunakan perahu untuk bergerak di sekitar perairan Gili Nanggu yang jernih.

3. Berenang

Aktivitas seru di Gili NangguKredit gambar: Google Maps Husain Annuri

Bagi anda yang langsung terjun ke dalam air laut, anda pasti merasakan kesejukan air laut yang nampak sangat jernih dari pulau ini. Ombaknya yang tenang dan tidak ada bebatuan yang menghalangi, menjadikannya tempat yang aman untuk melakukan aktivitas seru ini.

Setelah berenang, Anda bisa berganti pakaian di beberapa ruang ganti yang tersedia untuk wisatawan. Kemudian Anda bisa mencari hidangan lezat di restoran atau restoran terdekat, untuk mengisi perut kosong sekaligus energi Anda.

4. Joging

Menikmati pagi hari dengan jogging, bisa Anda lakukan di pulau cantik ini. Selain tujuan berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat, Anda bisa merasakan segarnya udara pulau di pagi hari.

Saat Anda berkendara di sepanjang rute tepi laut Gili Nanggu, suara ombak yang menenangkan akan bergema seperti musik alam. Sinar matahari pagi yang menerpa tubuh akan terasa hangat dan tentunya memberikan sejuta manfaat yang baik untuk tubuh.

5. Mengunjungi Konservasi Penyu

Pulau kecil di luar kepulauan Lombok ini menjadi lokasi untuk mendirikan pusat konservasi penyu. Banyak telur penyu yang dirawat dengan baik di pusat konservasi ini.

Wisatawan yang ingin melihat langsung telur penyu yang telah menetas menjadi tukik. Kemudian, pengelola pusat konservasi akan mengajak Anda melepas tukik ke laut lepas.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulauKredit gambar: Google Maps Swen Sohngen

1. Pondok dan Bungalo Gili Nanggu

Hostel ini terletak di kawasan wisata Gili Nanggu yang berada di sisi selatan pulau. Meski harga sewanya dikenal cukup mahal, namun fasilitas yang disediakan hostel ini juga cukup memadai.

Tema yang dipilih untuk setiap bangunan balai juga unik, yaitu dengan bentuk menyerupai rumah honai dengan atap tanaman kering. Lingkungan terbuka yang seolah menyatu dengan lingkungan alam, membuat suasana asri akan terasa di hostel ini.

2. Kiyakabin

Hotel yang tertata rapi di setiap sudutnya ini menjadi favorit para wisatawan yang akan berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Lombok Barat. Lokasinya yang dekat dengan bandara, sehingga memudahkan wisatawan luar kota untuk menuju lokasi hostel.

Ada kolam renang langsung di pantai, yang bisa digunakan untuk menikmati pagi yang santai. Jangan lupa untuk ditemani dengan berbagai makanan lezat yang disiapkan khusus untuk mengisi perut Anda.

3. Rumah Pantai Alden

Resor mewah ini merupakan salah satu akomodasi lain yang dekat dengan bandara dan pelabuhan di kawasan Lombok Barat. Material bambu dipilih untuk digunakan di beberapa ruangan di asrama. Hal ini akan menambah pesona tersendiri dari penginapan tersebut.

Selain pelayanannya yang ramah, resort ini juga menawarkan pemandangan indah suasana laut lepas. Anda bisa menikmati keindahan alam ini dengan duduk di gazebo bambu yang disediakan oleh hostel ini.

Fasilitas wisata yang tersedia di Gili Nanggu

Fasilitas Gili NangguKredit gambar: Google Maps Tisna Pratama

Di kawasan wisata Gili Nanggu terdapat berbagai fasilitas memadai yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang datang. Anda bahkan bisa menemukan resort mewah dengan desain bangunan menarik yang menawarkan kenyamanan tersendiri.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa kafe dan restoran kelas dunia di pulau kecil ini. Sebuah gasebo disediakan bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati semilir angin laut.

Berikut informasi mengenai kawasan wisata Gili Nanggu yang namanya kini mulai populer. Meski masih tergolong sepi dari kunjungan wisatawan, namun daya tarik utama pulau kecil ini yang tidak begitu luas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button