Puncak Mowewe, berbagai spot foto keren dengan pemandangan alam yang sangat bagus di Kolaka Timur - WisataHits
wisatahits

Puncak Mowewe, berbagai spot foto keren dengan pemandangan alam yang sangat bagus di Kolaka Timur

Puncak Mowewe, berbagai spot foto keren dengan pemandangan alam yang sangat bagus di Kolaka Timur

Jika Anda akan melalui jalan Kolaka-Kendari, ada baiknya berhenti di Puncak Mowewe untuk beristirahat dan menikmati pemandangan yang indah. Bagaimana panoramanya?

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Kapak Kolaka – Kendari Km.30 Mowewe, Horodopi, Kec. Mowewe, Kab. Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia tidak pernah kekurangan tempat wisata. Pengunjung dapat dengan mudah menemukannya di berbagai penjuru nusantara. Salah satunya adalah Puncak Mowewe. Keindahan tempat wisata ini tentunya tidak boleh dilewatkan.

Tour berlangsung di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kolaka Timur. Wisata ini dioperasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Ada banyak tempat menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto.

Sebenarnya tidak banyak orang yang tahu tentang wisata ini karena kurangnya proses pemasaran. Jika Anda mencari di internet, Anda tidak akan menemukan terlalu banyak ulasan. Oleh karena itu, penjelasan berikut ini akan sangat membantu.

Objek Wisata Puncak Mowewe

Objek wisata Puncak MoweweKredit gambar: Google Maps Alva Noviantono

Meski masih sedikit dikenal di Indonesia, puncak ini sudah menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Kolaka. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki beberapa objek wisata yang pasti layak untuk dikunjungi.

1. Memiliki sudut selfie

Lokasi wisata ini terletak di pinggir jalan sehingga mudah diakses. Daya tarik utamanya adalah tempat selfie yang membuat banyak pengunjung ingin datang ke sini. Ada banyak tempat Foto selfie yang menarik.

Latar belakang pemandangan yang indah juga akan membuat foto yang diambil di sana menjadi lebih menonjol. instagrammable. Jadi bagi yang suka berfoto dan bermain Instagram, wisata ini tidak boleh dilewatkan.

2. Dikelilingi pepohonan dan sawah

Puncak Mowewe, Kolaka Timur, menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Pajangan alam yang indah dapat disaksikan di hampir seluruh wilayah. Di sekitar kawasan ini, terdapat hamparan sawah hijau yang asri.

Tidak hanya itu, pepohonan rindang yang mengelilinginya juga membuat tempat ini sangat asri. Tentunya sangat cocok bagi pengunjung yang ingin rehat dari rutinitas sehari-hari.

3. Banyak tempat istirahat

Tidak hanya pemandangan dan tempat selfie Tentunya tempat wisata ini juga memiliki tempat peristirahatan yang santai. Pengunjung dapat memilih beberapa rest area untuk beristirahat setelah berkeliling area.

Biasanya tempat untuk berfoto selfie jjuga sering digunakan sebagai tempat peristirahatan. Itu karena getaran di sekitar area itu sangat keren.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak MoweweKredit gambar: Google Maps Harseto Batti

Kolaka Timur atau yang juga dikenal dengan Koltim merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara. Ada 17 kabupaten di provinsi ini, namun Kolaka Timur merupakan daerah yang sangat banyak turis.

Diantara sekian banyak pilihan destinasi wisata di Kaltim, Puncak Mowewe adalah yang paling terkenal bagi warga setempat. Meski hanya sedikit orang dari luar Sulawesi yang mengetahui tempat ini, namun puncaknya sudah menjadi megah permata tersembunyi harus dikunjungi.

Alamatnya di Jalan Poros Kolaka, Kendari, Km.30 Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju ke sana, pengunjung dapat menggunakan berbagai sarana transportasi karena terletak di sepanjang jalan utama.

Jika berangkat dari kota Kolaka, pengunjung harus menempuh perjalanan 45 menit untuk sampai ke sana. Tempatnya juga di pinggir jalan penghubung antar provinsi, sehingga aksesnya juga sangat mudah.

Dengan demikian, pengunjung dapat mencari lokasinya di Peta Google mudah untuk mencapai tempat wisata ini. Biasanya pengendara yang mengambil jalur poros Kolaka-Kendari beristirahat di tempat ini. Mereka beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Meski merupakan wisata ikonik Sumatera Utara, untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Nah, bagi pengunjung yang suka selfie, tempat ini pasti sangat cocok untuk dikunjungi karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkan foto terbaik.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di puncak Mowewe

Kegiatan menarik di puncak MoweweKredit gambar: Google Maps Ilham Chanif

Setelah merasakan pesona dan manfaat tempat wisata di Puncak Mowewe, kini wisatawan juga harus mengetahui aktivitas apa saja yang bisa dinikmati saat berkunjung.

1. Lihatlah lanskap sekitarnya

Hal utama yang biasa dilakukan pengunjung saat datang ke sini adalah menikmati pemandangan kawasan tersebut. Dengan angin yang sejuk, tentunya suasana bisa lebih menyejukkan.

Bagi pengunjung yang ingin keluar sejenak dari rutinitas, tempat ini wajib dikunjungi. Kapan lagi bisa melihat panorama megah dari puncak Kolaka yang terkenal itu kan?

2. Istirahat

Sebagian besar pengunjung yang datang ke puncak adalah para pengendara yang beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di jalan lintas provinsi.

Nah, bagi pengunjung yang datang ke Kolaka dan mengambil jalan dari Kolaka ke Kendari atau sebaliknya, ada baiknya beristirahat dulu di kawasan ini.

Nikmati pemandangan yang mempesona sambil beristirahat sejenak. Wisatawan juga bisa menyantap makanan atau minuman sambil duduk di rest area yang ada di kawasan tersebut.

3. Mencari anggrek

Serat anggrek atau dendrobium yang bermanfaat merupakan jenis anggrek yang mudah ditemui di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kolaka. Bagi masyarakat sekitar, bunga anggrek lebih dikenal dengan sebutan jumlah.

Anggrek tidak tumbuh di tanah, melainkan di pohon yang tinggi. Warnanya juga kuning keemasan yang membuat tanaman ini lebih unik dari yang lain. Inilah yang membuatnya dijuluki tanaman dewa.

Biasanya warga setempat menjadikan tanaman tersebut sebagai bahan baku pembuatan tenun. Beberapa di antaranya adalah songkok, tikar tradisional dan kalosara atau tikar anyaman berbentuk persegi. Kepang digunakan dalam upacara adat.

4. Ambil foto

Batch tempat selfie yang dapat ditemukan di kawasan wisata. Bukan sekedar tempat berfoto, tugas Selain itu juga digunakan pengunjung untuk bersantai atau beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

Jadi kalau mau rehat dari kota dengan suasana alam yang sejuk, tidak ada salahnya ke sana. Dengan begitu, pengunjung bisa menenangkan pikiran dan mendapatkan foto yang bagus untuk diunggah ke media sosial.

Pengunjung juga dapat minum kopi atau makan makanan ringan sambil mengagumi pemandangan sawah yang luas.

Namun, tetap jaga tempat wisata tersebut agar tetap terjaga dengan baik. Jangan meninggalkan sampah di sana atau merusak fasilitas karena akan sangat mempengaruhi daya tarik kawasan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak MoweweKredit gambar: Google Maps Harseto Batti

Padahal, tempat-tempat wisata tersebut masih perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat agar bisa dikenal lebih banyak orang. Fasilitas yang tersedia di sana juga tidak selengkap wisata lain yang lebih terawat.

Terdapat beberapa fasilitas umum seperti tempat peristirahatan, toilet dan warung. Jadi, istirahatlah dengan nyaman sambil menikmati jajanan yang dijual warga sekitar.

Pemerintah harus bisa merevitalisasi Puncak Mowewe agar lebih menarik bagi wisatawan. Areal perlu diperluas agar dapat dibangun fasilitas yang lebih lengkap. Jika wisatawan melewati Kolaka-Kendari, wisatawan tidak akan rugi jika singgah di tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button