Pantai Balekambang Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Balekambang Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Balekambang di Malang terkenal dengan panorama alamnya yang sangat eksotis dan eksotis. Sebuah pantai yang memiliki banyak pesona dan jalinan cerita mistis.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Berlibur di kota yang terkenal dengan tempe dan apel malangnya ini memang kurang lengkap jika tidak mencoba deretan pantai selatan. Pantai selatan kota ini terkenal memiliki panorama yang sangat eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Balekambang merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi karena banyaknya aktivitas dan mitos yang masih dipercaya hingga saat ini.

Atraksi Pantai Balekambang

Aktivitas Pantai BalekambangKredit gambar: Google Maps Dhini Kusumawardani

Keindahan salah satu pantai di Malang ini sudah dipamerkan sejak Anda masih dalam perjalanan. Pasalnya, wisatawan akan disuguhi hamparan hutan hijau sepanjang rute yang memberikan suasana sejuk. Tak hanya itu, kedekatan pepohonan ini juga menyejukkan mata siapapun yang memandangnya sehingga bisa bersantai dari perjalanan.

Tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Dewata, karena Anda akan melihat pemandangan pantai seperti Tanah Lot di tempat ini. Topografi yang melengkapi destinasi wisata ini menjadikannya sangat indah sebagai salah satu pantai yang paling didambakan di Bali. Anda juga bisa melihat pulau-pulau karang di kejauhan yang menambah indahnya panorama Balekambang.

Ikon unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain adalah keberadaan pulau karang dengan pura di atasnya. Pemandangan ini mirip dengan Tanah Lot, sehingga bisa memberikan pengalaman liburan yang luar biasa. Pura ini juga masih aktif digunakan oleh umat Hindu sebagai tempat pemujaan untuk menyembah dan memuliakan Tuhan.

Anda juga akan disuguhi jembatan panjang yang menjadi iconnya, sehingga liburan akan sangat menarik. Tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto di tengah jalan yang memisahkan laut dengan pulau karang. Bagi yang belum sempat ke Tanah Lot, maka Anda bisa mengunjungi Balekambang yang tak kalah menariknya.

Keindahan pantai Balekambang lengkap dengan bebatuan yang indah dan laut biru yang cemerlang. Anda bisa melihat bebatuan dengan cukup jelas, namun tidak sampai ke tengah laut.Terumbu karang ini merupakan salah satu habitat biota laut yang banyak ditemukan di pantai, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tak kalah menarik, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga memungkinkan wisatawan untuk berenang dengan tenang. Perpaduan ombak dengan pasir yang lembut terlihat semakin lengkap dan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Seolah itu belum cukup, angin dari pantai bertiup cukup tenang, membuat suasana di sekitarnya tidak terlalu panas.

Pesisir selatan rasanya belum lengkap jika tidak dibumbui dengan mitos-mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Ada dua mitos yang masih berkembang, yakni sepasang kekasih yang datang ke sini mungkin tidak cocok. Mitos ini berlaku jika sang kekasih tidak terikat dengan nazar suci pernikahan.

Mitos kedua yang dipercaya adalah air laut Balekambang dipercaya bisa membuat awet muda. Caranya cukup dengan membasuh air laut dari wajah atau menjadikannya sebagai pembersih wajah. Kedua mitos ini belum tentu benar, atau bahkan terbukti kebenarannya, namun tetap dipercaya dan secara tidak langsung disebut sebagai daya tarik unik pantai yang satu ini.

Harga Tiket dan Rute Menuju Pantai Balekambang

Harga Tiket Pantai BalekambangKredit gambar: Google Maps Ifdhal Alzusni

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda dikenakan biaya satu tiket per orang sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Perbedaan harga ini terjadi pada akhir pekan atau hari libur karena jumlah pengunjung yang membludak. Selain tiket, Anda juga dikenakan biaya parkir sebesar Rs 5.000 untuk sepeda motor dan Rs 10.000 untuk mobil, serta jam buka tak terbatas dari pagi hingga malam.

Alamat lengkap Pantai Balekambang adalah Sumber Jambe, Srigonco, Kabupaten Bantur. Pantai ini bisa ditempuh dari Malang Selatan dalam waktu 1 hingga 2 jam, tergantung kecepatan dan kepadatan jalan. Waktu tempuh dihitung dari pusat kota Malang yang cukup ramai pada akhir pekan, liburan panjang atau hari libur nasional.

Wisatawan dapat memilih berbagai jenis kendaraan, seperti sepeda motor atau kendaraan roda empat. Mobil merupakan akomodasi yang paling cocok jika Anda datang secara rombongan. Dari segi biaya juga lebih efisien, karena dapat membawa beberapa orang sekaligus dan menghindari perubahan cuaca yang sering terjadi secara tiba-tiba.

Rute dari kota Malang hanya menuju ke selatan, tepatnya di daerah Bantur. Di sepanjang jalan terdapat rambu-rambu yang sangat jelas, sehingga wisatawan pasti tidak akan tersesat. Jika ragu, Anda bisa mengikuti navigasi google maps yang cukup akurat untuk membawa Anda ke kawasan pesisir Malang Selatan, Jawa Timur.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Balekambang

Aktivitas Menarik di Pantai BalekambangKredit gambar: Google Maps Indri anti

Aktivitas pertama yang tidak akan Anda temui setiap saat, namun menjadi momen yang spesial dan tak terlupakan. Wisatawan dapat melihat langsung upacara keagamaan di pantai Balekambang. Upacara ini biasanya dilakukan oleh umat Hindu yang memuja pura di tengah laut, menjadikannya momen spesial bagi setiap pengunjung pantai.

Tidak hanya umat Hindu, Anda juga bisa melihat aktivitas yang dilakukan oleh umat Islam di sini. Pasalnya kawasan ini merupakan makam ustadz Syekh Abdul Jalil yang masih ramai dikunjungi orang. Anda juga bisa langsung melihat ziarah ke Makam Ulama dan menambah pengalaman spiritual bagi yang belum pernah melakukannya.

Berkunjung ke tempat ini mengharuskan Anda untuk mencoba salah satu wahana unggulan yaitu flying fox. Bagi penyuka aktivitas yang menguji adrenalin, wahana ini menjadi pilihan yang sangat cocok. Sayangnya, aktivitas ini bisa kamu coba di hari libur seperti hari Minggu atau hari libur dengan harga yang sangat terjangkau dan peralatan yang lengkap.

Selain menawarkan wahana yang menantang, pantai ini juga memiliki area yang cocok untuk berkemah. Anda bisa mendirikan tenda dan menginap di tepi pantai bersama keluarga atau teman dekat. Tidak perlu khawatir tersapu ombak selama Anda menginap, karena ombak di kawasan ini cukup tenang sehingga tidak berbahaya meski dalam keadaan gelap.

Anda dapat mendirikan tenda di area perkemahan yang ditentukan dengan jarak yang aman dari gelombang pecah. Di area ini Anda juga bisa membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Wisatawan bisa membawa kayu bakar dari rumah, sehingga acara camping ini lebih asyik sambil menikmati hamparan bintang di langit malam.

Jika Anda menginap di pantai Balekambang, tentunya Anda bisa menikmati sajian indah di langit. Dimulai dengan matahari terbit secara tentatif di ufuk timur, ini menunjukkan bahwa aktivitas mungkin dimulai. Tidak hanya itu, pecinta senja juga sangat cocok untuk bermalam di sini karena sajian mega pesona di langit malam merupakan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Rasanya belum lengkap jika liburan bersama orang tersayang tidak diabadikan dalam potret yang akan dikenang selamanya. Anda bisa membawa perlengkapan fotografi yang memadai untuk mengabadikannya di beberapa tempat menarik. Mulai dari ikon jembatan, foto dengan background air laut dan background pura menjadi daya tarik tersendiri dari pantai selatan ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Balekambang

Fasilitas Pantai BalekambangKredit gambar: Google Maps TaQuR

Seperti destinasi wisata bahari pada umumnya yang sudah dikelola dengan baik, pantai ini sudah memiliki lahan parkir yang layak. Anda dapat memarkir kendaraan Anda dengan aman yang buka 24 jam sehari. Anda tidak perlu khawatir kehilangan sepeda motor, karena ada petugas yang akan mengamankan kendaraan Anda hingga waktu pulang.

Kawasan ini sudah dikelola dengan baik, sehingga ada beberapa restoran yang menyajikan makanan lezat. Anda bisa menikmatinya sebagai menu makan siang yang bisa memuaskan perut yang keroncongan. Menunya variatif dan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, Anda tidak akan kecewa setelah mencicipinya.

Selain itu, deretan restoran ini membuat wisatawan yang bermalam tidak lagi khawatir. Bagi yang tidak membawa jatah makanan dan peralatan dapur, bisa memesan atau membelinya di tempat. Makanan bisa disajikan untuk menu makan malam atau sekaligus untuk menu sarapan keesokan harinya saat Anda sudah siap beraktivitas.

Tak ketinggalan toilet air tawar yang bisa digunakan untuk membilas tubuh yang lengket. Setelah bermain air atau berenang di pantai, Anda bisa membersihkan diri di kamar mandi terdekat dengan membayar sewa yang terjangkau. Air dari tempat ini dijamin mampu membilas badan dan membuat badan tidak lengket akibat air laut.

Bagi yang ingin membawa pulang oleh-oleh, di sekitar pantai Balekambang juga terdapat kios-kios oleh-oleh. Oleh-oleh khas wisata tepi laut ini, seperti pajangan dinding dengan kerang yang indah. Bagi pecinta kalung atau gelang batok juga bisa membelinya di kios ini dengan harga yang sangat terjangkau dan dalam jumlah banyak.

Wisatawan sering menjadikan pantai ini sebagai tujuan liburan dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Jika Anda datang dari luar kota Malang, waktu Anda sangat terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menginap di tempat terdekat agar waktu penjelajahan wisata ini menjadi lebih lama dan fleksibel.

Anda bisa menginap di area pantai dengan mendirikan tenda di area camp. Tenda juga bisa disewa dari pengelola setempat, jadi Anda tidak perlu khawatir saat hari sudah gelap. Harga tenda cukup variatif tergantung ukuran tenda yang anda sewa, sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan.

Jika tidak ingin menginap di tenda, Anda bisa menyewa kamar di hostel terdekat. Ada beberapa jenis akomodasi di sekitar Balekambang yang bisa Anda sewa, seperti bungalow, villa atau hotel. Harga untuk setiap kamar adalah 150.000 hingga 250.000 rupee dengan fasilitas yang memadai seperti kamar mandi pribadi, kamar tidur yang nyaman dan lain-lain.

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi di Malang Selatan karena memiliki pesona yang unik. Anda seolah dibawa berlibur ke Pulau Dewata karena adanya pura dan pulau karang di tengah laut, apalagi destinasi ini memiliki keunikan tersendiri dengan wahana yang menantang dan sederet fasilitas yang sangat cocok untuk Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button