Kebun Binatang Medan, wisata edukasi favorit dilengkapi wahana - WisataHits
wisatahits

Kebun Binatang Medan, wisata edukasi favorit dilengkapi wahana

Harga tiket: Rp12.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Potpourri Bunga IV, Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Kebun Binatang Medan merupakan tempat wisata satwa yang terletak di Sumatera Utara. Tepatnya di Kecamatan Medan Tuntungan Desa Simalingkar B. Lokasinya cukup strategis sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan.

Tentu saja kebun binatang ini berbeda dengan kebun binatang lainnya di Kota Medan. Kawasan wisata edukasi ini sangat luas, sekitar 30 hektar. Jadi koleksi hewan yang tersedia cukup banyak mulai dari 167 jenis burung yang berbeda, 37 reptil, 70 mamalia dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, di Medan Zoo juga banyak terdapat wahana seperti flying fox, taman bermain anak, wahana permainan dan masih banyak lagi. Fasilitasnya juga cukup lengkap, jadi jangan ragu untuk datang ke sini, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Atraksi Kebun Binatang Medan

Atraksi Kebun Binatang MedanKredit gambar: Google Maps Iyoss Wazzo

Jika kita berkunjung ke Sumatera Utara, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir dulu di tempat rekreasi ini. Destinasi ini sangat cocok untuk liburan keluarga dengan anak-anak. Selain liburan, kita juga bisa mengenalkan berbagai jenis hewan kepada anak-anak. Dan juga, tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan tempat wisata di Medan lainnya.

1. Punya banyak koleksi hewan

Kebun binatang di Medan ini memiliki luas yang sangat luas sekitar 30 hektar, sehingga tidak heran jika koleksi satwa di sana cukup banyak. Ada hewan dengan lebih dari 200 spesies. Dari 70 mamalia masing-masing 16 spesies, 167 burung dari 26 spesies, 37 reptilia masing-masing 6 spesies dan masih banyak koleksi lainnya.

2. Pemandangan yang bagus

Tak hanya koleksi hewan, pemandangan yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri. Sepanjang jalan dipenuhi pepohonan yang rindang, suasana alamnya asri dan sejuk terutama di pagi hari. Anda sepertinya sedang menjelajahi hutan.

Ditambah dengan aliran sungai yang mengalir sehingga menambah sejuknya pemandangan disana. Apalagi ada juga ornamen cantik yang melengkapi keindahan kebun binatang di sana. Seperti ornamen kapal Nabi Nuh, beberapa patung binatang dan masih banyak lagi.

3. Banyak spot foto dan objek foto

Di kebun binatang ini banyak dijumpai spot foto dan objek foto. Kita bisa berfoto dengan koleksi hewan disana. Mulai dari berfoto dengan burung warna-warni yang cantik, hingga hewan langka yang hanya bisa kita temukan di sini.

Apalagi bagi penyuka fotografi pasti akan betah jika harus berlama-lama di sana. Karena pemandangan alam yang sejuk dengan pepohonan di sana-sini, juga terdapat sungai yang mengalir, serta berbagai jenis hewan yang semakin menambah keindahan wisata ini.

4. Ada beberapa tahapan hewan

Kebun Binatang MedanKredit Gambar: Google Maps Cut Shanaz Dhiya Shafira

Daya tarik lain dari kebun binatang ini adalah tersedianya beberapa hewan panggung di sana. Seperti rusa jawa, rusa sambar, rusa tutul yang bertanduk panjang, pelikan atau udan yang berbentuk seperti angsa, hanya saja mulutnya yang panjang dan lebar.

Ada lagi Tapir yang kini menjadi spesies panggung karena jumlahnya yang semakin berkurang di Indonesia. Hewan selanjutnya adalah kucing emas, kucing ini memiliki tubuh berwarna zaitun seperti emas. Ada juga buaya Sengulong, beruang hitam bermulut putih dan masih banyak hewan lainnya.

5. Ada klinik hewan

Tidak hanya berbagai jenis hewan, kebun binatang juga menawarkan klinik hewan. Sebagai sarana perawatan bagi hewan-hewan yang ada didalamnya. Hewan yang stres dan sakit akan dirawat di klinik ini. Klinik di sini dijalankan langsung oleh seorang dokter hewan bernama Dokter Sucitrawan.

6. Memiliki tempat perkemahan

Berbeda dengan kebun binatang lainnya, tempat ini memiliki area camping yang disediakan untuk wisatawan. Di sana kita akan merasakan sensasi bermalam di tengah hutan ditemani berbagai jenis hewan dan pepohonan yang rindang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kebun Binatang Medan AlamatKredit Gambar: Instagram Hendri Xz – Perencana Keuangan

Kebun binatang ini terletak di Sumatera Utara, tepatnya di Kota Medan tepatnya di Desa Simalingkar B, Jalan Bunga Rampe, Kecamatan Medan Tuntungan. Jika lewat jalur darat, kita tinggal mengikuti rute dari Jalan Guru Patimpus, lalu Jalan Gatot Subroto, lalu Jalan Iskandar Muda, lalu ikuti rambu-rambu menuju tempat wisata tersebut.

Jika melalui jalur laut, sesampainya di pelabuhan Belawan, perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan roda dua melalui jalan pelabuhan, dilanjutkan ke jalan tol Belmera setelah itu kita cukup mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Kebun Binatang MedanKredit gambar: Instagram

Untuk bisa masuk ke kebun binatang Medan, kita akan dikenakan biaya parkir dan tiket masuk. Untuk biaya parkir kendaraan roda 4 sendiri kita harus membayar Rp 4000,- sedangkan untuk kendaraan roda 2 kita harus membayar Rp 2000,- saja.

Sedangkan untuk tiket masuk, harganya berbeda antara hari biasa dengan hari libur atau akhir pekan. Pada hari biasa akan dikenakan biaya sebesar Rp12.000 per orang, sedangkan pada hari libur nasional atau akhir pekan akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang termasuk asuransi. Untuk anak-anak berusia 1 hingga 3 tahun, tiket masuk gratis.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di kebun binatang

Kegiatan di Kebun BinatangKredit gambar: Google Maps Tony

1. Lihat Koleksi Hewan

Ada banyak koleksi hewan yang bisa kita lihat. Mulai dari hewan jinak, hewan liar hingga hewan peliharaan. Dengan ruang kebun binatang yang cukup luas, serta koleksi yang banyak, Anda bisa sekedar jalan-jalan sambil belajar di tempat ini.

2. Ambil gambar

Selain melihat koleksi satwa, melihat indahnya pemandangan disana, rugi jika tidak mengabadikannya melalui kamera. Karena pemandangan alam yang tersaji disana sangat mempesona, serta hewan yang beraneka ragam dan indah sangat wajib untuk diabadikan.

3. Beri makan hewan

Di Kebun Binatang Medan, kita tidak hanya bisa melihat-lihat, tapi juga memberi makan hewan-hewan yang ada di sana. Seperti memberi makan rusa di sana dengan sayuran, memberi makan burung pelikan dengan ikan, memberi makan gajah dan banyak lagi.

4. Menunggang kuda dan menunggang gajah

Kegiatan menarik di kebun binatangKredit Gambar: Instagram ika lubiss

Selain memberi makan hewan, kita juga bisa menunggangi hewan seperti kuda dan gajah untuk berkeliling kebun binatang. Tapi kita harus membayar ekstra untuk bisa memasangnya. Biaya yang harus kita keluarkan jika ingin mendaki mencapai Rp 200.000,-, namun jika hanya naik sekitar 50 meter saja kita hanya perlu membayar Rp 5.000,- saja.

5. Cobalah wahana

Banyak permainan yang ditawarkan disana, seperti permainan dogfish, outbond, paint ball. Bahkan ada permainan untuk anak-anak seperti sepeda air berbentuk angsa, mobil mainan, trampolin bungee dan banyak lagi. Jadi setelah lelah jalan-jalan, kita bisa bermain.

6. Perkemahan

Tersedia juga bumi perkemahan, sehingga Anda betah bermalam di tengah hutan yang dikelilingi oleh hewan-hewan yang ada di sana. Kita bisa membawa peralatan dari rumah atau bisa juga menyewanya di tempat. Harga sewanya berkisar Rp 45.000 hingga Rp 60.000 saja.

Fasilitas yang tersedia di Kebun Binatang Medan

Fasilitas di Kebun Binatang MedanKredit gambar: Google Maps Endah Rahmi

Sebagai tempat wisata di Medan yang cukup terkenal, Medan Zoo juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas penunjang yang dapat menunjang kegiatan wisata.

Fasilitas umum yang tersedia seperti toilet yang merupakan salah satu fasilitas terpenting, mushola, agar kita tidak terlambat beribadah dan juga rumah makan, sehingga kita tidak perlu takut kelaparan. Sedangkan fasilitas penunjangnya antara lain beberapa spot foto dan objek fotografi, area bermain mulai dari area bermain anak hingga area bermain dewasa.

Ada juga camping ground, jadi kita bisa merasakan malam di alam terbuka yang dikelilingi berbagai jenis hewan dan pepohonan. Beberapa hewan yang bisa kita gunakan untuk bergerak di sekitar kebun binatang dan banyak fasilitas lainnya.

Itulah ulasan tentang Medan Zoo yang wajib dikunjungi jika kita berkunjung ke kota Medan. Tidak hanya pemandangan alam yang indah, koleksi satwa yang mempesona, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap dan menunjang aktivitas wisatawan. Dengan demikian, tempat wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi, sangat cocok sebagai tempat menghabiskan akhir pekan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button