Curug Sidoharjo, nikmati keindahan air terjun tertinggi di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Curug Sidoharjo, nikmati keindahan air terjun tertinggi di Kulon Progo

Curug Sidoharjo, nikmati keindahan air terjun tertinggi di Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo adalah salah satu wisata Yogyakarta yang paling terkenal. Rasakan keindahan alam yang selalu asri dan suasananya menyejukkan di sini!

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sumoroto, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keindahan alam, mulai dari pantai, dari pegunungan hingga air terjun. Di Yogyakarta sendiri terdapat sebuah air terjun yang sangat terkenal keindahannya, yaitu air terjun Sidoharjo. Di sini wisatawan bisa merasakan keindahan alam yang selalu asri dan menenangkan.

Dari sekian banyak wisata air terjun di Yogyakarta, Air Terjun Sidoharjo dinobatkan sebagai yang tertinggi. Namun, sejauh ini belum bisa dipastikan ketinggian air terjun ini, ada yang mengatakan tingginya 30 meter. Namun ada yang mengatakan tingginya sekitar 50 meter hingga 70 meter.

Air terjun cantik di Kulon Progo ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang asri tapi juga spot foto kekinian yang menarik. Jangan ragu untuk segera ke sana untuk memanfaatkan berbagai infrastruktur wisata yang tersedia. Sebelum berkunjung, yuk cari tahu informasi tentang wisata air terjun ini.

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun Sidoharjo

Kredit gambar: Google Maps Wildan Maulana

Sama seperti wisata air terjun lainnya, air terjun sidoharjo juga memiliki nama lain seperti air terjun sidoharjo dan air terjun perawan. Wisata air terjun sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri sejenak dan rehat dari kesibukan sehari-hari. Berikut berbagai atraksi menawan destinasi alam yang sangat menenangkan ini.

✦ Kecantikan Air Terjun Tertinggi

Daya tarik Curug Sidoharjo yang pertama adalah pemandangan indah air terjun tertinggi di Yogyakarta. Berat tidaknya air terjun yang indah ini dipengaruhi oleh musim. Saat musim kemarau, air terjun ini akan surut, namun sebaliknya saat musim hujan, air terjun ini akan mengalir dengan sangat deras.

Sehingga, saat musim hujan, wisatawan bisa melihat keindahan air terjun yang mengalir deras menuju kolam utama. Jika ingin bermain di kolam air terjun utama, tidak perlu khawatir, karena kolam utama cukup dangkal. Namun aspek keselamatan dan keamanan tetap perlu diutamakan.

✦ Pelangi indah di air terjun Sidoharjo

Keindahan tak menarik lainnya yang bisa dijumpai adalah pelangi yang kerap muncul di bawah air terjun. Pelangi yang indah ini bisa muncul karena pembiasan air terjun yang mengalir dan sinar matahari. Dan pelangi dari air terjun ini terletak pada posisi yang sangat menarik.

Hingga saat ini banyak wisatawan yang bisa berfoto tepat di samping pelangi di Curug Sidoharjo. Pelangi ini biasanya muncul sekitar pukul 7-9 pagi. Nah, untuk bisa melihat pemandangan air terjun Curug Sidoharjo yang indah, wisatawan harus datang lebih awal.

✦ Pengaturan hijau dan indah

Untuk menuju Curug Sidoharjo, wisatawan terlebih dahulu harus melalui jalur forest trekking. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jalur hutan ini merupakan jalur yang mudah dilalui dan sangat nyaman. Selain itu pemandangan dalam perjalanan menuju air terjun juga sangat indah.

Lingkungan sekitar air terjun masih sangat asri, mulai dari pepohonan yang hijau, air yang jernih dan udara yang sangat segar. Bahkan di dekat air terjun yang indah ini juga terdapat pemandangan hamparan sawah yang sangat luas. Dengan pemandangan sekitar yang indah ini, perjalanan menuju air terjun tidak akan terasa melelahkan sama sekali.

✦ Keindahan Cawang Embung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di dekat kawasan air terjun Sidoharjo terdapat hamparan sawah yang sangat luas. Area persawahan yang luas tentunya membutuhkan pengairan yang cukup. Di dekat air terjun ini terdapat danau buatan atau sering disebut waduk, yang berguna untuk mengairi sawah.

Nama danau buatan di dekat air terjun cantik ini adalah Embung Canggal. Bagi wisatawan yang ingin berfoto dengan pemandangan alam yang eksotis dan sejuk, Embung Canggal bisa menjadi spot foto terbaik. Ada juga kolam di dekat kolam ini angkringanuntuk beristirahat sejenak.

Selain bisa menikmati suasana yang sejuk dan tenang, Air Terjun Sidoharjo juga memiliki banyak spot foto yang keren banget. Wisata air terjun yang indah ini sangat cocok untuk wisatawan yang sering eksis di jejaring sosial. Mulai dari hamparan sawah yang indah, pepohonan yang hijau, hingga air terjunnya sendiri, semuanya sangat indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun SidoharjoKredit gambar: Google Maps Nanang EdiSaptro

Air Terjun Curug Sidoharjo terletak di Dusun Madigondo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun cantik ini terletak di sekitar Perbukitan Menoreh, dan untuk menuju ke sana banyak tanjakan yang harus dilalui.

Untuk mencapai air terjun cantik ini, wisatawan bisa menggunakan titik 0 Yogyakarta sebagai titik awal. Dari titik 0 menuju ke barat lalu melewati Jl. KH Ahmad Dahlan dan menuju ke arah Jalan Wates. Setelah itu lanjutkan ke arah barat hingga memasuki Jalan Godean, saat bertemu perempatan pilihlah arah utara Jalan Gedongan-Tempel.

Lanjutkan perjalanan hingga sampai di perempatan Nanggulan, lalu belok ke utara hingga sampai di perempatan Dekso. Setelah sampai di perempatan ini, pilihlah jalan kecamatan Samigaluh hingga sampai di MTs Sidoharjo. Nah, air terjun ini ada di sekitar kawasan ini.

Harga tiket masuk dan jam buka

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Sidoarjo tidak perlu khawatir dengan biaya atau tiket masuk. Pasalnya, harga tiket untuk menikmati air terjun cantik ini sangat murah yakni Rp 5.000. Selain membayar tiket masuk, jangan lupa siapkan biaya parkir, Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Wisata air terjun tertinggi di Yogyakarta ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pemandangan terbaik, disarankan untuk berkunjung pada pagi hari sekitar pukul 7-9. Karena biasanya pada waktu-waktu tersebut anda akan melihat pelangi yang sangat indah di area air terjun.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas air terjun SidoharjoKredit Gambar: Google Maps Rosalia Galih

Air Terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata air terjun di Yogyakarta yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sehingga selama berlibur disini wisatawan dapat merasa sangat nyaman dan betah. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat ditemukan di kawasan air terjun.

1. Area parkir yang luas

Area parkir yang tersedia di Curug Sidoharjo sangat luas, sehingga siapapun yang datang berkunjung tidak perlu bingung memarkir kendaraannya dimana. Selain itu, tempat parkir antara mobil dan motor juga dipisahkan.

2. Bersihkan toilet

Toilet atau kamar mandi merupakan bagian dari perlengkapan yang wajib ada di setiap tempat wisata. Di kawasan air terjun yang indah ini terdapat toilet dan kamar mandi yang bersih sehingga sangat nyaman digunakan.

3. Masjid

Bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir jika waktu sholat telah tiba. Karena di kawasan air terjun Sidoharjo terdapat mushola yang bisa digunakan untuk beribadah dengan nyaman.

4. Punjung

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, perjalanan untuk mencapai air terjun ini bisa dibilang cukup jauh. Namun tidak perlu khawatir, karena di sekitar jalan setapak terdapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Dan didekatnya juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman.

Air Terjun Sidoharjo merupakan destinasi wisata alam yang wajib masuk dalam daftar wajib dikunjungi saat ini. Hanya dengan harga murah, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan suasana yang menyejukkan. Peralatan yang tersedia sangat lengkap.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button