Pantai Baakan, menikmati keindahan air laut berpadu dengan pasir coklat di daratan laut - WisataHits
wisatahits

Pantai Baakan, menikmati keindahan air laut berpadu dengan pasir coklat di daratan laut

Pantai Baakan, menikmati keindahan air laut berpadu dengan pasir coklat di daratan laut

Berlibur di Kalimantan Selatan tapi bingung destinasi wisata mana yang terbaik? Kunjungi Pantai Baakan di daratan laut yang menawan.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pariwisata, Baakan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Baakan merupakan salah satu destinasi wisata tepi laut yang paling populer di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Menyuguhkan pemandangan pantai yang luas dengan latar belakang pegunungan, pantai berpasir cokelat ini selalu menjadi andalan wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan maupun liburan.

Pantai ini memiliki ombak yang relatif kecil sehingga aman jika dijadikan pilihan liburan bersama orang tersayang, termasuk anak-anak. Pasalnya, di pantai ini pengunjung tidak perlu khawatir membawa anaknya bermain air atau berenang. Selain itu, fasilitas umum yang disediakan juga sangat lengkap.

Kabupaten Laut merupakan kabupaten yang memiliki beberapa destinasi wisata alam yang menarik, salah satunya adalah pantai-pantai yang bagus. Meski demikian, Pantai Baakan masih menjadi primadona bagi banyak kalangan baik warga lokal, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Selain itu, akses jalan wisata cukup baik dan dapat digunakan oleh kendaraan roda dua atau empat.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Batakan

Atraksi Pantai BaakanFoto: Google Maps/Antang Elang

Kunjungan ke Kalimantan Selatan tidak akan lengkap tanpa mengunjungi pantainya yang fenomenal, Baakan. Selain menyuguhkan pantai dengan butiran pasir berwarna coklat keemasan yang menyatu dengan laut jernih, di pantai ini wisatawan juga bisa berwisata religi ke Pulau Datu dengan menyewa klotok nelayan yang berjejer rapi dari pinggir pantai.

✦ Air laut yang jernih berpadu dengan pasir berwarna coklat

Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir berwarna coklat dan air laut yang jernih sejauh mata memandang. Karena luasnya yang sangat luas, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang pasti akan membuat betah. Termasuk piknik yang menyenangkan atau sekedar bermain pasir bersama buah hati tercinta.

Sementara itu, keberadaan deretan pepohonan hijau di sepanjang garis pantai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena bisa dijadikan sebagai tempat istirahat dan menghilangkan penat. Nah, setelah lelah bermain di pantai, wisatawan bisa beristirahat di bawah pohon sambil menikmati pemandangan yang indah.

✦ Tugu Pantai

Salah satu ikon utama pantai ini adalah tugu yang berdiri kokoh. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan pasti akan melihat tulisan “Pantai Baakan” pada besi dan beton. Di tugu, terutama pada sore hari, biasanya banyak orang yang duduk di bawah tugu. Saat ke pantai ini, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di ikon legendaris ini.

✦ Pemandangan perahu nelayan yang berwarna-warni

Lokasi Batakan tidak terlalu jauh dari perkampungan nelayan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu heran jika melihat deretan perahu kayu dengan warna berbeda terparkir di pesisir pantai. Kehadiran perahu-perahu ini tentu menjadi nilai tambah bagi pengunjung. Karena bisa mengambil lebih banyak gambar. Bahkan, ia bisa menghasilkan foto Instagramable sambil berpose seolah sedang duduk di atas perahu.

✦ Dermaga kayu estetika

Berdasarkan informasi terakhir, di pantai ini juga telah dibangun dermaga kayu yang menjorok ke laut. Dengan cara ini wisatawan memiliki lebih banyak pilihan untuk keluar dan berfoto. Selain itu, dermaga kayu berwarna kecoklatan ini sangat estetis. Terutama menjelang matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai BaakanFoto: Google Maps/Gibran AZ

Pantai ini berada di Desa Baakan, Panyipatan, Tanah Laut – Kalimantan Selatan. Jika Anda datang dari kota Pelaihari yang merupakan ibu kota Tanah Laut, jarak tempuhnya sekitar 40 km atau 1 jam 15 menit. Sedangkan wisatawan dari ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin, harus menempuh jarak sekitar 125 km atau 2 jam 50 menit.

Akses jalan menuju wisata pantai ini relatif mudah karena sudah diaspal. Hanya saja, kondisi jalan yang sangat menguji nyali karena teksturnya yang berfluktuasi dan berkelok-kelok. Namun wisatawan dijamin tidak akan bosan selama perjalanan, karena akan disuguhi pemandangan indah perbukitan hijau dan hamparan sawah di kanan kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Untuk bisa menikmati keindahan Batakan, wisatawan harus membayar pajak sekitar Rp5.000 – Rp20.000/dewasa. Sedangkan penambang umumnya tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun, biaya tersebut belum termasuk harga sewa beberapa fasilitas yang disediakan pihak manajemen. Informasi lengkap mengenai harga sewa ada di bawah ini.

  • Berkuda/delman: Rp5.000 – Rp20.000/orang.
  • Bersepeda gunung: Rp 50.000 / 20 menit.
  • Naik perahu ke Pulau Datu: Rp 20.000/orang.
  • Speedboat: Rp 20.000/orang.
  • Ban apung : Rp 20.000 / sewa.
  • Banana boat : Rp 20.000/orang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai BaakanFoto: Google Maps/Abdu Jabbar

Selain menampilkan keindahan alam yang memukau, Pantai Baakan juga menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk dilakukan pengunjung. Dengan demikian, kegiatan liburan pantai jadi lebih menyenangkan dan berkesan. Jika Anda berencana mengunjungi pantai yang menjadi andalan masyarakat Kalsel ini, kegiatan seru ini bisa dijadikan referensi.

1. Nikmati pemandangan dari pantai

Keindahan Batakan memang bisa memukau siapa saja yang datang berkunjung. Pantai yang luas dengan pasir coklat bertekstur lembut, air laut biru dan dermaga kayu lepas pantai yang membuat suasana semakin indah. Wisatawan bisa menikmati pesona pantai sambil duduk di bawah rindangnya pohon pinus.

2. Naik kuda atau Delman

Menyusuri pantai dengan berjalan kaki mungkin terlihat sangat biasa. Namun di Batakan, pengunjung bisa memilih sensasi berbeda dengan menunggang kuda atau bendi. Biaya sewanya juga relatif murah, mulai dari lima ribu saja per orang. Berkeliling pantai dengan menunggang kuda tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan.

3. Menyeberang ke Pulau Datu

Jika punya banyak waktu, wisatawan disarankan untuk menuju Pulau Datu dengan menyewa klotok atau perahu kayu sekitar Rp20.000/orang. Di pulau ini pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan keindahan alam tetapi juga berwisata religi dengan mengunjungi makam Datu Pamulutan.

4. Mencoba berbagai taman bermain

Di Pantai Baakan terdapat berbagai pilihan wahana permainan yang dapat dicoba pengunjung. Mulai dari menyusuri pantai dengan sepeda motor ATV, mengelilingi laut dengan perahu kayu, menguji adrenalin dengan speedboat atau banana boat, hingga menyewa jaket pelampung. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena bisa menyewa ban.

5. Berburu Foto

Salah satu kegiatan wajib yang sepertinya tak pernah dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Baakan adalah berburu foto keren. Ada banyak spot foto di pantai ini, mulai dari laut biru yang indah, Gunung Meratus yang berdiri kokoh, deretan pohon pinus dan cemara yang menghijau, dermaga kayu hingga monumen ikonik Baakan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BaakanFoto: Google Maps/Celcius

Bicara fasilitas umum di Batakan, kawasan wisata ini sudah menyediakan kamar mandi dan toilet dengan air tawar untuk digunakan pengunjung.

Selain itu, ada juga panggung hiburan, taman bermain, tempat parkir yang luas, toko suvenir, dan restoran. Jadi tidak perlu takut jika perut keroncongan setelah lelah bermain di pantai.

Pantai Baakan bisa menjadi alternatif solusi liburan lengkap bersama orang tersayang. Selain pemandangan alam yang indah, di pantai cantik ini pengunjung juga bisa menyewa berbagai wahana super seru. Selain itu, di kawasan pantai, wisatawan bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke orang tersayang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button