Pulau Kenawa, Sumbawa - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kenawa, Sumbawa – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Kenawa salah satu pulau kecil yang indah di Sumbawa Barat, NTB. Surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang memukau, mulai dari keindahan bukit kecil hingga pantainya.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp250.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Panorama alam Sumbawa Barat yang eksotis, kepulauan NTB (Nusa Tenggara Barat) masih memiliki pesona yang mampu memikat hati siapapun yang mengunjunginya. Tahukah Anda ada surga kecil yang tersembunyi di sana? di sebelah kanan, pulau Kenawa. Daerahnya kecil dan tidak ada penduduk yang tinggal di sana, tetapi kekayaan lautnya luar biasa.

Sebagian wilayahnya tertutup ilalang dan rerumputan yang hijau di musim semi dan menguning di musim kemarau. Semua keindahan alam alam tergambar sempurna melalui lekukan garis laut dan juga birunya air di sana.

Jika Anda menyukai perjalanan liburan yang berkesan, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat ini. Segala keindahan dan daya tarik yang menjadi andalannya akan menyembuhkan setiap penat dalam diri Anda. Mulailah menganggarkan budget terbaik untuk biaya perjalanan ke Pulau Kenawa dari sekarang.

Tempat Wisata Pulau Kenawa, Sumbawa+

Tempat Wisata Pulau Kenawa, SumbawaKredit gambar: Google Maps, lalu Widi Kurniawan

1. Pesona Bukit

Di tengah laut terdapat sebuah bukit kecil yang terlihat megah dari daratan. Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai objek pengambilan foto untuk diunggah ke media sosial. Apalagi titik ini juga sangat cocok sebagai lokasi mengabadikan pesona sunrise dan sunset. Pepohonan yang tumbuh disana begitu indah dengan warna hijau yang membuat suasana semakin rindang.

2. Savana

Daya tarik lain yang dimilikinya adalah hamparan sabana yang terbentang luas di sekitar pantai laut. Ada padang rumput yang tumbuh sepanjang 1,73 km di sepanjang garis pantai. Warnanya hijau saat musim hujan tiba. Sedangkan saat musim kemarau tiba, warnanya berubah menjadi coklat dan terlihat kering dan gersang. Tempat ini juga bagus untuk bersantai dan berfoto dengan latar belakang yang menakjubkan.

3. Air laut yang jernih

Keindahan laut di Pulau Kenawa menjadi daya tarik yang juga menarik semua wisatawan untuk berkunjung dan berlibur ke sana. Airnya yang begitu jernih membuat mata bisa mengekspos keanekaragaman biota bawah laut. Warnanya biru dengan gradasi hijau yang memanjakan mata dan pikiran.

4. Dermaga kayu

Tempat Wisata yang dimiliki Pulau Kenawa, SumbawaKredit gambar: Google Maps Sergei Shvetsov

Dermaga kayu panjang membelah sebagian tepian air, menjadi salah satu daya tarik yang bisa Anda temukan di sana. Dari titik ini, Anda bisa menikmati keindahan laut sambil memandangi dasar laut yang dipenuhi berbagai jenis ikan lucu dan cantik. Di tempat ini Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas seperti berfoto atau sekedar duduk-duduk dan bersantai.

5. Kehidupan laut

Berbagai jenis biota bawah laut hidup dan berkembang biak di dasar permukaan. Terumbu karang begitu indah dari atas karena airnya yang begitu jernih. Anda yang puas dengan aktivitas snorkeling bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai salah satu cara untuk memuaskan hobi ini. Jika Anda bukan seorang profesional, jangan khawatir karena Anda masih bisa melihatnya dari atas dermaga kayu.

6. Hamparan pasir coklat

Tempat ini tidak memiliki keindahan pasir putih seperti kebanyakan destinasi laut di Indonesia. Namun, bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi. Karena pasir coklat justru memberikan nuansa eksotis yang lebih kental. Lokasinya juga bersih dan jauh dari polusi. Selain itu juga nyaman untuk dilewati karena teksturnya yang tidak kasar.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Kenawa

Alamat Pulau KenawaKredit gambar: Google Maps Purnomo Sri Herlambang

Untuk menuju Pula Kenawa, wisatawan harus memulai perjalanannya dari titik keberangkatan di Pelabuhan Kayangan di Lombok. Dari sana Anda bisa menyeberang menggunakan transportasi laut yang tersedia. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih dua jam. Anda kemudian akan diantar menuju area pelabuhan selanjutnya yaitu Pota Tano yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Tiba di tempat, kemudian perjalanan dilanjutkan menyebrang ke dermaga yang jaraknya sekitar 200 meter. Letaknya persis di utara pelabuhan Poto Tano. Dari sana Anda bisa menggunakan jenis transportasi laut berupa perahu kayu yang dikemudikan warga sekitar. Waktu yang dibutuhkan untuk titik ini adalah sekitar 20 menit.

Setelah sampai di Pulau Kenawa, Anda akan langsung disuguhi pemandangan yang menakjubkan tepat di depan mata Anda.. Tenang, tenang, sejuk dan berbagai keindahan lain yang dilukis dengan indah. Jika Anda datang saat musim hujan, Anda akan menemukan pemandangan sabana yang ditumbuhi rerumputan hijau segar. Namun, ketika musim kemarau tiba, semuanya menjadi kekuningan dan gersang.

Catatan penting yang harus diingat oleh siapa pun yang merencanakan liburan di tempat ini adalah menyiapkan persediaan air yang cukup. Karena pada musim kemarau, Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan air Anda. Juga, pastikan untuk mempersiapkan fisik yang sehat, agar dapat beradaptasi dengan iklim.

Terkait anggaran yang perlu disiapkan untuk berkunjung ke pulau eksotis Sumbawa yaitu sekitar Rp 250.000 untuk transportasi pulang pergi.

Adapun yang berkaitan dengan konsumsi dan juga akomodasi, hal ini bisa dilihat dari beberapa referensi dari biro perjalanan terpercaya. Mengenai jumlah pastinya, tidak ada syarat minimal, karena Anda sendiri yang mengetahui kebutuhan yang diperlukan selama menginap.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kenawa

Aktivitas Menarik di Pulau KenawaKredit gambar: Google Maps ASW 22

1. Melihat matahari terbit dan terbenam

Di pulau ini, ada sebuah bukit kecil yang bisa Anda daki saat senja dan fajar. Karena dari sana Anda akan dengan jelas melihat sisi terbaik dari matahari terbenam yang menunjukkan warna kekuning-kuningan di langit. Apalagi menjelang fajar menyingsing, suasana dingin disertai keindahan cahaya matahari terbit juga bisa terlihat jelas dari spot tersebut.

2. Snorkeling di perairan pulau

Kekayaan dasar laut yang tersaji dengan indah di sana menjadi daya tarik tersendiri dari pulau Kenawa. Keanekaragaman hayati yang dikandungnya cocok untuk dijadikan sebagai obyek olahraga air atau aktivitas seperti snorkeling.

Apalagi bagi Anda yang sangat doyan menikmati keindahan dasar laut, hal ini tentunya menjadi kondisi yang tidak boleh dilewatkan. Ada juga banyak yang menawarkan persewaan alat terkait.

3. Perkemahan

Hamparan dataran dan perbukitan yang terbentang indah dengan titik yang tepat menjadikannya pilihan terbaik untuk berkemah. Selain itu, pemandangan malam yang indah dengan panorama alam yang mengesankan menjadi alasan pelengkap kegiatan ini. Anda dapat membawa peralatan terkait dari rumah atau menyewanya dari lokasi persewaan di sana.

4. Mendaki bukit

Aktivitas Menarik di Pulau KenawaKredit gambar: Google Maps Yeyen Fitria

Terdapat sebuah bukit kecil yang biasa digunakan sebagai tempat berkemah atau untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Anda bisa mendakinya sebagai alternatif aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Namun, perhatikan juga bahwa Anda juga harus berhati-hati karena kemiringannya bisa mencapai 60 derajat. Selain itu, pada musim-musim tertentu akses menjadi sedikit licin untuk dilalui.

5. Duduk di dermaga kayu

Sebagai alternatif untuk menikmati keindahan dasar laut, Anda bisa melihatnya dari atas dermaga kayu yang ada. Aktivitas ini bisa dilakukan jika Anda tidak pandai snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di sini menikmati hembusan dan kesejukan air laut yang jernih dan menenangkan.

6. Berlindung di gazebo

Di sepanjang pantai, dibangun gazebo untuk digunakan pengunjung yang ada di sana. Ketika Anda membutuhkan tempat untuk bersantai untuk menghindari sinar matahari langsung, ini bisa menjadi lokasi bagus lainnya. Kualitas bangunan baik dengan kebersihan dan perawatan yang baik oleh pengelola.

7. Ambil gambar

Kegiatan ini merupakan dambaan setiap orang, pasalnya kebutuhan akan update timeline media sosial semakin berkembang. Cocok untuk Anda yang suka mengabadikan momen liburan melalui foto jepretan terbaik dengan latar belakang pantai. Ada banyak sekali spot yang bisa dipilih yang bisa dijadikan lokasi untuk background terbaik.

Akomodasi murah dekat Pulau Kenawa

Akomodasi murah dekat Pulau KenawaKredit gambar: Google Maps Im2 Faisal

1. Resor Pantai Wales dan Ombak

Akomodasi terdekat yang bisa menjadi pilihan adalah Wales and Waves Beach Resort, dengan fasilitas lengkap. Ada wifi, pusat kebugaran, bar dan juga parkir gratis. Untuk menginap Anda hanya perlu tambahan Rp 681.818 per malam.

2. Homestay solo-solo

Akomodasi terdekat berikutnya adalah Sollo-sollo Home Stay yang terletak di kawasan Sumbawa. Peralatan yang ditawarkan juga cukup lengkap, pelayanannya ramah dan tidak ribet. Untuk menginap, biaya yang perlu Anda persiapkan adalah Rp 123.967,- per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kenawa, Sumbawa

Fasilitas di Pulau Kenawa SumbawaKredit gambar: Google Maps Rizky Ugianti

Sebagai salah satu kawasan wisata utama di wilayah Sumbawa, tentu pembangunan infrastrukturnya bagus dan komprehensif. Tersedia WC, tempat persewaan, mushola, WC umum, dermaga, warung dan fasilitas penunjang lainnya. Kebersihan yang ditawarkan juga sangat baik, sehingga kealamiannya juga terjaga dengan baik.

Demikian uraian singkat tentang Pulau Kenawa di Sumbawa Barat yang mungkin bisa menjadi informasi untuk rencana liburan anda. Banyak sekali keindahan dan daya tarik yang ditawarkan serta aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana. Rencanakan liburan terbaik dengan budgeting dan perhitungan yang matang agar tidak mengganggu aktivitas Anda nantinya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button