Pantai Asmara, Wisata Bahari Kaya Pesona di Tanah Laut - WisataHits
wisatahits

Pantai Asmara, Wisata Bahari Kaya Pesona di Tanah Laut

Pantai Asmara, wisata bahari menawan di tanah laut. Pantai pasir putih Asam Asam Muara tergolong pantai yang bersih dan memiliki spot foto yang unik.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Muara Asam Asam Jorong, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Asmara ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Banyak wisatawan memilih untuk mendirikan tenda dan bermalam di sekitar pantai. Kawasan tempat wisata ini berada dijaga sekitar 35 agen yang tersebar mulai dari pintu masuk objek wisata hingga pengawasan pantai.

Petugas di lokasi ini memakai peralatan berupa pengeras suara yang digunakan untuk memperingatkan pengunjung yang dianggap telah memasuki area yang sudah tidak aman lagi. Gelombang tinggi kerap menjadi perhatian petugas di sana. Namun, pemancing juga melaut saat ombak setinggi ini. Itu tampak biasa bagi mereka.

Pantai Asmara merupakan salah satu destinasi unggulan di Kalimantan Selatan. Seiring berjalannya waktu, jumlah wisatawan ke pantai ini juga terus meningkat. Apalagi di awal liburan setelah Idul Fitri dan Tahun Baru, tempat ini terlihat sangat ramai pengunjung. Kawasan ini juga dikunjungi oleh Bambang Alamsyah, Bupati Tanah Laut, dan Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan.

Atraksi Pantai Asmara

Tempat wisata romantis di pantaiKredit gambar: Google Maps Rahmat Ramadhani

Bisa dikatakan keadaan di sekitar pantai ini bersih, sehingga banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Kebersihan tempat ini bisa terjaga karena setiap hari enam orang turun di kawasan ini pada siang hari.

Mereka bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai dan menjaga keamanan lingkungan sekitar pada malam hari. Namun, bukan hanya itu yang membuat pantai ini ramai dikunjungi pengunjung. Ombak yang besar justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebagian besar wisatawan di sini berasal dari Banjarmasin.

Ketinggian ombak di Pantai Asmara bisa mencapai satu meter. Agen di tempat wisata ini sering memperingatkan pengunjung untuk tidak pergi terlalu jauh untuk bermain ke arah laut, namun mereka sering mengabaikan panggilan tersebut.

Memang kebanyakan yang berkunjung jarang menghargai keindahan pantai. Dengan demikian, kepala pengelola memahami sikap pengunjung. Apalagi destinasi ini merupakan destinasi wisata baru bagi masyarakat.

Keindahan pantai ini cukup menarik. Pasir yang ada di pantai Asmara memiliki warna putih dan terlihat bersih. Keindahan ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Di sekitar pantai terdapat beberapa pohon yang dapat menciptakan suasana sejuk dan menambah kesegaran pantai. Dari kejauhan, Anda akan melihat pelabuhan khusus untuk bongkar muat batu bara dan kapal yang digunakan untuk mengangkut tambang batu bara yang berlabuh di sana.

Tempat ini menjadi tujuan wisata favorit Anda sekeluarga karena pantainya yang relatif panjang dan landai. Apalagi di area pantai juga tidak ada bebatuan, sehingga pengunjung bisa berenang di area pantai. Wisatawan bisa mengendarai sepeda motor mengelilingi pantai atau berjalan kaki sambil bersantai.

Ombak di pantai, jernihnya air di pantai dan hembusan angin yang menerpa tubuh membuat pengunjung ingin masuk ke dalam air dan berenang di tepi pantai. Air pantai yang indah ini benar-benar menawarkan kesegaran, apalagi saat cuaca panas.

Jika Anda ingin melepaskan penat atau stres, Anda bisa berkunjung ke sini. Suasana tenang akan Anda rasakan karena tempat ini tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan seperti pantai-pantai lainnya. Jadi Anda bisa merasa santai di sini.

Di tempat ini juga terdapat tempat khusus untuk memasang gembok untuk pasangan. Itu menjadi kenangan atau tanda bahwa mereka pernah mengunjungi tempat itu. Tempat ini dikenal sebagai gembok cinta.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Asmara

Alamat Pantai AsmaraKredit gambar: Google Maps Ardlian Z

Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai Asmara, Anda bisa mengunjungi Kabupaten Tanah Laut yang masih berada di wilayah Kalimantan Selatan. Kabupaten Tanah Laut sendiri memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, baik di lautan maupun di darat.

Beberapa potensi yang ada di bumi antara lain emas, batu bara, lahan perkebunan, dan bijih besi. Adapun potensi laut berupa hamparan pantai yang luas sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata yang menarik. Selain itu, potensi perikanan juga melimpah.

Objek wisata ini sebenarnya bernama Pantai Asam-Asam Muara, hanya saja lebih dikenal dengan Pantai Asmara. Nama Asam-Asam Muara merupakan nama desa tempat pantai ini berada. Tidak jauh dari pantai terdapat tempat yang biasa digunakan untuk memancing koloni dan melatih tentara.

Pantai ini terletak pada jarak sekitar 45 km dari kawasan Pelaihari yang merupakan ibu kota Kabupaten Tanah Laut, atau sekitar 5 km dari arah jalan poros Trans Banjarmasin – Tanah Grogot. Jika memulai perjalanan dari Banjarmasin, waktu tempuhnya bisa mencapai 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 115 kilometer.

Dari kawasan Banjarmasin ini, wisatawan bisa menuju Pelaihari kemudian menuju ke Batulicin atau Jorong. Kemudian pengunjung tinggal mengikuti jalan utama hingga mencapai koridor. Kemudian terus berjalan sampai menemukan tulisan Pantai Asmara atau sampai menemukan Pos TNI Angkatan Laut di sebelah kanan jalan. Kemudian hingga 8 km lebih banyak wisatawan akan datang ke pantai.

Namun akses jalan menuju lokasi wisata ini cukup sempit, karena saat bus masuk, seluruh bagian jalan hampir dipenuhi badan bus. Meskipun mungkin menjadi perhatian bagi pengelola dan pemerintah daerah untuk memperlebar akses jalan dan meningkatkan kualitas aspal yang digunakan, agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Di kalangan anak muda, tempat wisata ini cukup terkenal dan viral di jejaring sosial. Akses yang mudah menuju kawasan ini membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan datang tidak hanya dari masyarakat lokal tetapi juga dari luar provinsi seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, bahkan tak jarang dari luar pulau.

Harga Tiket Masuk Pantai Asam Asam Muara (Asmara)

Harga Tiket Pantai AsmaraKredit gambar: Google Maps Pantai Asmara

Wisatawan yang datang ke tempat wisata ini harus membayar pajak sebesar Rp 10.000. Namun, harga tersebut bukanlah harga paten. Tarif juga dapat dihitung dengan menggunakan sistem kelompok. Misalnya dalam satu bus terdapat 30 wisatawan, maka dikenakan biaya sebesar Rp 200.000.

Harga ini belum termasuk biaya parkir. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan sendiri, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 jika membawa sepeda motor dan Rp 10.000 jika menggunakan mobil.

Kegiatan menarik dilakukan di Pantai Asmara

Kegiatan romantis di pantaiKredit gambar: Google Maps Nolianto Ananda

1. Menikmati keindahan pantai

Kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pengunjung di tempat ini adalah menikmati keindahan alam yang masih sangat asri. Wisatawan di sini bisa menikmati indahnya suasana pantai yang terlihat begitu bersih. Hamparan pasir putih di sini membuat suasana alam dan asri semakin terasa.

2. Bermain air dan pasir

Saat ombak cukup tenang, pengunjung bisa bermain air dan pasir. Saat ombak sedang tenang, pantai ini terasa aman untuk digunakan sebagai tempat olahraga air.

3. Berburu Foto

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi tempat ini tanpa mengambil beberapa foto untuk diabadikan. Ada banyak spot foto menarik dan keren yang tersedia di sini. Ayunan dengan latar belakang laut yang indah menjadi spot foto menarik yang bisa dipilih untuk berfoto. Selain itu, sunset juga sering dijadikan spot foto yang cocok untuk foto profil.

4. Snorkeling

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di pantai ini adalah snorkeling. Karena air di pantai ini jernih, kawasan ini juga cocok untuk snorkeling. Dengan kegiatan ini, wisatawan dapat menikmati keindahan berbagai terumbu karang yang eksotis.

5. Perahu pisang

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fasilitas banana boat yang tersedia di tempat wisata ini. Hanya saja untuk menikmati wahana tersebut, pengunjung harus membayar ekstra Rp 20.000 per orang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Asmara

Fasilitas Pantai AsmaraKredit gambar: Google Maps Zainal Abidin

Fasilitas di sini antara lain tempat parkir, toilet, gazebo, tempat ibadah, dermaga, dan lahan untuk dijual kepada pedagang, biasanya berupa warung makan dan minum. Ini harus menciptakan kenyamanan bagi pengunjung.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat pedagang yang menjual pernak-pernik khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Pernak-pernik ini bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Pantai Asmara.

Kalimantan memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik, alami dan selalu indah. Termasuk Pantai Asmara di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Hamparan pasir putihnya sangat memanjakan mata. Seperti tempat wisata pada umumnya, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini. tempat ini buka setiap hari selama sehari penuh.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button