Tiket CURUG NANGKA, Aktivitas dan Itinerary - WisataHits
wisatahits

Tiket CURUG NANGKA, Aktivitas dan Itinerary

Tiket CURUG NANGKA, Aktivitas dan Itinerary

Harga tiket masuk Curug Jacquier: Rp 22.000 – Rp 32.000

air terjun nangka adalah objek wisata bertingkat di kaki Gunung Salak. Objek wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi hutan pinus, udara di sini sangat segar.

Kawasan wisata seluas 17 hektar ini dibuka untuk umum sejak tahun 1991 oleh Perhutani. Sedangkan suhu kawasan wisata ini berkisar antara 20-22°C. Lokasinya berada di Ciapus, Bogor, Jawa Barat dengan rute yang juga bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bogor Nangka

Untuk bisa menikmati kesejukan kawasan air terjun, pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiketnya cukup murah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nangka
Tiket masuk turis domestik hari kerja Rp22.000
Tiket masuk turis domestik akhir pekan Rp32.000
Tiket Masuk Turis Internasional Hari Kerja Rp305.000
Tiket Masuk Wisatawan Akhir Pekan Internasional Rp450.000
Tiket Masuk Rombongan Pelajar Domestik Hari Kerja Rp20.000
Tiket Masuk Kelompok Mahasiswa Akhir Pekan Nasional Rp22.000
Tiket masuk untuk rombongan pelajar internasional pada hari kerja Rp105.000
Tiket masuk untuk kelompok siswa internasional akhir pekan Rp305.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul Bogor

Jam Buka Air Terjun Nangka

Pengunjung yang bisa datang ke kawasan wisata ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore.

Jam kerja
Senin minggu 08.00 – 17.00

Berbagai kegiatan wisata

Curug Nangka merupakan salah satu alternatif wisata yang terletak di dekat ibu kota. Wisata ini memberikan rasa kesegaran alami dengan suasana yang segar dan alami. Dengan curah hujan 4000 mm/tahun, wilayah Curug Nangka memiliki kelembapan yang tinggi.

Selain sebagai tempat wisata, Curug Nangka juga merupakan tempat ziarah. Bahkan aula meditasi di air terjun pernah digunakan oleh beberapa sesepuh. Salah satunya adalah Raden Surya Kencana.

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERAN dan Aktivitas Wisata di Bogor

1Perjalanan

Jalur pendakian menuju air terjun melewati kawasan perbukitan hijau yang asri. Foto: Instagram/thepilotkleo_

Dari gerbang menuju air terjun ada sekitar 700 meter. Lokasi air terjun ini berada di ketinggian dengan jalan setapak yang berkelok-kelok dan menanjak. Namun, sudah ada jalur dengan medan yang dibuat senyaman mungkin.

Saat Anda memasuki kawasan wisata, suguhan keindahan alam siap menghibur Anda. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi berjajar rapi di sisi kiri. Sedangkan di sebelah kanan Anda bisa melihat persawahan dan pegunungan dengan udara yang sejuk.

Jika beruntung, wisatawan bisa melihat monyet-monyet liar yang bergelantungan di pepohonan di kawasan tersebut. Mendekati air terjun, wisatawan harus berjalan di atas bebatuan. Kemudian akan berada di hilir sungai sekitar 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa.

Baca: 29 TEMPAT WISATA PALING SPEKTAKULER DI BOGOR

2Nikmati keindahan air terjun

Kunjungi air terjun Curug Nangka Bogor. Foto: Google Maps/Rizal Fathurahman

Keindahan air terjun menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Lokasi air terjun berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya. Dengan air yang jernih dan udara yang segar, sangat cocok untuk tempat bersantai.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m. Kedalaman air di bawah air terjun hanya setinggi lutut untuk orang dewasa. Aliran airnya deras dan terbawa angin ke daerah sekitarnya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Leuwi Hejo Bogor

3Berenang

Berenang dan bermain di kolam keren di bawah Curug Nangka Bogor. Foto: Google Maps/Bimma Ramadhan

Sesampainya di lokasi air terjun, wisatawan bisa berenang di antara celah-celah batu karang. Di bawah air terjun membentuk kolam alami di mana wisatawan berkonsentrasi.

Sejumlah jeram membentuk kolam yang menarik wisatawan untuk berenang. Basah-basahan di air terjun dengan aliran dingin, air jernih terasa begitu alami.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIHERANG dan Kegiatan di Bogor

4 Gambar

Kawasan pinus di sekitar kawasan Curug Nangka Bogor menjadi spot foto yang menarik. Foto: Instagram/hatmhmmd_

Wisatawan menjadikan kolam di bawah air terjun sebagai spot favorit karena tidak berbatu. Di tempat ini selain bisa bermain air dan berenang, juga menjadi tempat untuk berfoto. Latar belakang foto favorit tentu saja air terjun yang tingginya mencapai 20 meter.

Kemudian background favorit lainnya adalah pepohonan pinus di sekitar kawasan wisata. Pohon pinus yang tersusun rapi ini dapat dilihat saat memasuki tempat parkir. Di tempat ini banyak wisatawan yang singgah sejenak untuk mengabadikan momen liburan.

5Perkemahan dan glamping hijau

Kawasan alam Curug Nangka Bogor sangat cocok untuk camping. Foto: Instagram/warna.wind

Kawasan wisata Curug Nangka juga menawarkan area camping. SEBUAH tempat perkemahan terletak di sisi kanan dekat sungai. Bagi yang berminat berkemah dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang per hari.

Lalu, di area ini, ada juga berkemah glamor (Mempesona). Fasilitas yang tersedia di kawasan glamping itu cukup lengkap. Tersedia mandi dan toilet duduk, listrik, lampu, bonus sarapan.

6Malam di penginapan dekat air terjun

Penginapan yang cukup dekat dengan air terjun nangka adalah Highland Park Resort. Selain hotel, juga tersedia Glamping. Foto: Google Maps/Apit Priyatnakusuma

Terdapat sejumlah hostel di dekat kawasan air terjun alami dengan tarif bervariasi. Beberapa di antaranya berada tepat di sebelah gerbang kawasan wisata Curug Nangka, seperti Highland Park Resort. Setiap lokasi memiliki kapasitas yang cukup.

Hostel dan vila menawarkan fasilitas lengkap. Dari fasilitas memasak, kolam renang, karaoke dan biliar. Di resor tepi laut Dengan pelataran yang luas ini, wisatawan dapat menyelenggarakan berbagai acara. Seperti api unggun, permainan membangun tim, rapat, untuk bermain di kolam air jernih. Udara di tempat ini dingin dengan angin sepoi-sepoi dan suara air terjun.

Jalan Menuju Curug Nangka

Jalan menuju air terjun ini cukup mudah untuk dilalui. Kondisi jalan yang cukup baik juga memudahkan wisatawan untuk berwisata ke air terjun ini.

Petunjuk Menuju Kendaraan Pribadi Curug Nangka

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa pilihan rute.

  • Opsi pertama adalah menggunakan rute melalui Ciapus. Dari pintu keluar tol Jagorawi (Baranangsiang), belok kanan menuju Kebun Raya Bogor dan BTM Mall. Kemudian dari BTM Mall Anda dapat mengambil jalan menuju Ciomas/Cipus dan belok kanan di Pasir Kuda menuju Jalan Raya Ciapus. Sekitar 13 kilometer atau sekitar 40 menit dengan mobil.
  • Opsi kedua adalah menggunakan tol Bogor Outer Ring Road. Dari tol Bogor Outer Ring Road, ambil exit Lotte Mart setelah keluar tol, belok kiri menuju Yasmin. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Cimaburan dan terus menuju Curug Nagka.

Petunjuk Curug Nangka dengan transportasi umum / Angkot

Wisatawan dari luar kota Bogor bisa menggunakan Bogor Commuter Line (KRL) dan turun di stasiun terakhir stasiun kereta bogor. Keluar dari stasiun dan berjalan lurus menuju taman topi sampai lampu lalu lintas.

Di lampu merah belok kanan menuju BTM (Bogor Trade Mall). Jaraknya sekitar 15 menit jalan kaki. Harap dicatat BTM Mall Tidak terletak di seberang stasiun kereta api Bogor. Tidak disarankan menggunakan angkot dari stasiun Bogor ke BTM karena akan jauh di sekitar kebun raya.

Kemudian dari BTM Mall gunakan angkot 03 jurusan Ciapus dan turun di Highland Park Resort. Dari sana jalan kaki sekitar 20 menit ke Curug nangka.

Meredakan

Wisata Curug Nangka dikelola oleh pemerintah Bogor dengan fasilitas yang memadai. Seperti pos jaga, gubuk kerja, loket tiket, ruang ganti dan toilet. tempat berlindung atau bilik observasi, tempat duduk dan ruang pengarahan sudah tersedia.

Wisatawan juga bisa menemukan banyak warung makan di sekitar air terjun. Setelah basah kuyup, wisatawan bisa menikmati sajian kuliner dari tempat wisata ini. Ada pilihan mulai dari jajanan hingga makanan khas sunda yang bisa dinikmati.

Tempat parkir berjarak sekitar 200 meter dari pintu. Di area parkir juga terdapat pedagang yang menjual oleh-oleh seperti kaos dan aksesoris. Akses jalan beraspal cukup mulus dengan lebar yang cukup untuk dilalui dua mobil.

Kontak dan Lokasi Air Terjun Nangka

Wisata air terjun ini terletak di Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370. Jaraknya sekitar 1 jam dari kota Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button