Pantai Asmara Tanah Laut, destinasi pantai romantis yang kaya akan pesona - WisataHits
wisatahits

Pantai Asmara Tanah Laut, destinasi pantai romantis yang kaya akan pesona

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Muara Asam Asam Jorong, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Asmara merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pasalnya, pantai ini baru dibuka untuk umum dan diresmikan oleh pemerintah setempat pada tahun 2006. Kata Asmara sendiri merupakan nama masyarakat sekitar dan mewakili muara Asam-Asam.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau pantai ini memiliki suasana yang romantis. Apalagi pemandangan indah tempat ini juga sayang jika tidak disyukuri. Tak heran jika sering ada pasangan yang datang ke pantai ini untuk menghabiskan waktu bersama.

Bahkan tak jarang terlihat ada wisatawan yang datang dari luar negeri hanya untuk menikmati pesona yang ada. Tentu hal ini patut dibanggakan oleh masyarakat Kalsel. Berikut beberapa hal yang berhubungan dengan pantai Asmara.

Atraksi Pantai Asmara

Objek wisata milik Pantai AsmaraKredit gambar: Google Maps Taufik Hid4yat

1. Pasir putih

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri di mata wisatawan. Pasalnya, tidak semua pantai di Indonesia memiliki pasir putih. Area di sekitar pantai akan lebih bersih dengan pasir putih ini. Selain itu, pasir akan memancarkan kilaunya saat terkena sinar matahari di siang hari.

2. Ditumbuhi pepohonan

Kesan kesegaran di pantai ini semakin terasa dengan adanya pepohonan hijau yang tumbuh subur dan rimbun. Pepohonan justru berada di pinggir pantai dan bisa membuat pantai lebih rindang di siang hari. Sedangkan pada sore hari akan sejuk dengan semilir angin dari pepohonan hijau di sana.

3. Ada pelabuhan

Dilihat dari kejauhan dari pantai Asmara, Anda akan melihat sebuah pelabuhan yang khusus digunakan untuk bongkar muat batu bara dan beberapa kapal yang digunakan untuk mengangkut tambang batu bara yang berlabuh.

4. Tidak ada batu di pantai

Kredit Gambar: Google Maps Muhammad Hilman

Keunikan lain dari tempat ini adalah tidak adanya batu karang di sekitar pantai. Karena itu, semua wisatawan bisa leluasa bermain air tanpa bertelanjang kaki. Tentu saja, Anda juga tidak perlu khawatir jika membiarkan anak Anda bermain bebas di pantai.

5. Air laut yang jernih

Air lautnya tergolong sangat bersih dengan warna kebiruan. Jadi, Anda bisa melihat ikan dan biota laut lainnya yang hidup di bawah laut.Air laut yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar bisa menjernihkan pikiran Anda saat bersantai di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat di Pantai Tanah Laut AsmaraKredit gambar: Google Maps Ain Ro Salamun

Pantai Asmara terletak di Kabupaten Tanah Laut di provinsi Kalimantan Selatan. Tidak jauh dari pantai akan ada tempat yang biasa dijadikan perkampungan nelayan dan tempat latihan tentara. Pantai ini hanya berjarak sekitar 45 km dari kawasan Pelaihari yang merupakan ibu kota Tanah Laut.

Namun jaraknya hanya sekitar 5 km jika ditempuh dari arah jalan transaxle dari kota Banjarmasin menuju Tanah Grogot. Jika anda memulai perjalanan dari kota Banjarmasin akan memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh 115 km.

Dari kawasan Banjarmasin bisa langsung menuju laut kemudian dilanjutkan lagi ke Jorong atau Batulicin. Setelah itu, wisatawan dapat mengikuti jalan raya hingga tiba di Lorong. Kemudian perjalanan lagi sampai Anda melihat tulisannya

Pantai Asmara atau sampai Anda menjumpai Pos TNI AL yang berada di kanan jalan. Nah, dari sana Anda akan kembali menyusuri jalan sepanjang kurang lebih 8 km hingga tiba di pantai yang indah ini. Namun akses jalan menuju pantai ini cukup sempit karena ketika bus datang, seluruh sisi jalan akan penuh dengan badan bus.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga tiket masuk pantai AsmaraKredit gambar: Google Maps Nolianto Ananda

Wisatawan yang akan memasuki kawasan Pantai Asmara akan dikenakan biaya sebagai tiket masuk. Sekitar 10.000 rupee dan harga tersebut bukan harga paten. Pasalnya, tarifnya bisa dihitung dengan sistem kelompok. Misalnya, dalam satu bus ada hingga 30 pengunjung, maka akan dikenakan tarif 200.000 rupee.

Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa mengajak rombongan keluarga atau teman saat datang ke sini. Tentu saja harga tersebut tidak ada hubungannya dengan keindahan yang bisa Anda nikmati di pantai ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Asmara

Kegiatan menarik di pantai AsmaraKredit gambar: Google Maps FIRMAN SAPUTRA

1. Perahu pisang

Aktivitas pertama yang bisa Anda coba di pantai ini adalah bermain banana boat. Memang tidak semua pantai di Kalsel memiliki permainan ini, namun untuk menikmati permainan ini, wisatawan harus membayar biaya sewa sekitar Rp 20.000 untuk satu orang. Biaya sewa tentu tidak akan menguras kantong Anda.

2. Snorkeling

Aktivitas menarik selanjutnya adalah snorkeling. Snorkeling sendiri merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati oleh wisatawan di pantai Asmara Tanah Laut. Hal ini tidak lain karena air laut yang jernih sangat cocok untuk kegiatan snorkeling. Dengan kegiatan tersebut, wisatawan dapat menikmati panorama laut yang benar-benar eksotis.

3. Piknik

Selama Anda menginap, Anda akan melihat banyak turis yang piknik di pantai atau di bawah pohon. Anda tentu bisa menyantap aneka jajanan sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Siapkan bekal piknik di sore hari agar Anda tidak kepanasan di bawah terik matahari.

4. Berburu Foto

Belum lengkap rasanya jika datang ke pantai eksotis ini tanpa berfoto yang bisa dijadikan oleh-oleh. Menariknya, ada banyak spot foto keren dan indah di destinasi wisata tersebut.

Misalnya, ada ayunan dengan latar belakang laut yang indah yang menjadi spot unik untuk dipilih saat mengambil foto. Lalu ada juga pemandangan sunset dan sunrise yang sering dijadikan spot foto bagus untuk pengambilan gambar siluet.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantaiKredit Gambar: Google Maps Russian Anwar

1. Hotel Sabumi

Akomodasi pertama yang terdekat adalah Hotel Sabumi. Jarak ke pantai Asmara sendiri hanya sekitar 5,3 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 14 menit dengan mobil.

Apalagi Sabumi Hotel juga relatif dekat dengan Pantai Jorong dan Pantai Joras. Fasilitas yang tersedia antara lain wifi, sarapan gratis, kolam renang, parkir, tempat ibadah dan lain-lain.

2. Hotel Dipa

Hotel Dipa merupakan pilihan yang cocok bagi anda yang membawa anak kecil. Walaupun hotel ini tidak terlalu besar, namun tempatnya cukup nyaman untuk menginap.

Pasalnya, berbagai fasilitas penunjang telah disediakan di sini. Misalnya seperti pelayanan 24 jam, wifi gratis, parkir dan lain-lain. Hotel ini juga dekat dengan Bandara Internasional Syamsudin Noor.

3. Hotel Deghan

Hotel Deghan juga memiliki banyak fasilitas yang dapat membuat para tamu tetap nyaman. Ini termasuk AC, wifi gratis, parkir yang luas, layanan 24 jam dan banyak lagi.

Kamar-kamar yang disediakan di hotel juga memiliki interior yang indah. Selain itu, ada juga kolam renang yang bisa digunakan oleh semua pengunjung hotel.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Wisata Tanah Laut AsmaraKredit gambar: Google Maps Pantai Asmara

Fasilitas pantai Asmara antara lain dermaga, tempat ibadah, gazebo, kamar mandi dan area retail yang biasanya dipenuhi toko dan warung makan dan minum. Dengan berbagai fasilitas tersebut diharapkan mampu menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh wisatawan yang menghabiskan liburannya di sana.

Selain itu, di area pantai juga terdapat pedagang yang menjual pernak-pernik cantik yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang menunggu Anda di rumah. Pernak-pernik ini juga bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan selama berwisata ke pantai yang eksotis ini. Harganya juga relatif terjangkau dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi berupa sepeda motor atau mobil juga tidak perlu bingung untuk memarkirkannya. Pasalnya, sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas untuk digunakan wisatawan. Dengan demikian, kendaraan pribadi Anda akan tetap aman dan Anda dapat menikmati berbagai aktivitas dengan tenang.

Nah, itulah hal-hal menarik terkait Pantai Asmara di Tanah Laut. Pantai ini pasti masuk dalam daftar objek wisata bahari yang memukau di Tanah Air, khususnya Kalimantan Selatan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button