Inilah desa terkaya di Gresik, pendapatan rata-rata penduduknya 6-7 juta, apakah Anda tertarik untuk pindah ke sana? - WisataHits
Jawa Barat

Inilah desa terkaya di Gresik, pendapatan rata-rata penduduknya 6-7 juta, apakah Anda tertarik untuk pindah ke sana?

Inilah desa terkaya di Gresik, pendapatan rata-rata penduduknya 6-7 juta, apakah Anda tertarik untuk pindah ke sana?

SurabayaNetwork.id – Di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Gresik, ada satu desa miliarder yang pendapatan asli desanya mencapai 3,412 miliar.

Pendapatan asli desa bahkan lebih besar dari dana desa pemerintah pusat. Sedangkan pendapatan rata-rata warganya adalah 6 hingga 7 juta per bulan.

Desa Sekapuk namanya. Pada tahun 2020, Desa Sekapuk telah mendeklarasikan diri sebagai Desa Miliarder. Saat itu laba bersih dan penjualan BUMDES mencapai 11 miliar, dengan laba 4,5 miliar.

Baca Juga: Desa Indah dan Murah Senyum Penduduknya, Ini 6 Desa Paling Unik di Jawa Barat

Awalnya, Desa Sekapuk hanyalah kawasan kumuh bekas tambang batu kapur. Abdul Halim, Kepala Desa Sekapuk, kemudian memiliki program untuk menjadikan selokan bekas tambang menjadi tempat wisata.

Program tersebut sukses dengan adanya destinasi wisata bernama Setigi. Nama ini adalah singkatan dari Selo Tirto Giri. Selo berarti batu orang yg belum berpengalaman berarti air dan giri berarti bukit. Setigi menjadi primadona di wilayah Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, dan Tuban.

Wisata Setigi mengusung tema peradaban dengan banyak spot foto yang instagramable. Di dalamnya terdapat Museum Batur Kars, Tangga Derajad, Pura Topeng Nusantara, Monumen Stigi, Panggung Batu, Gua Pancoran dan Arca Gopala Dawrapala. Ada juga jembatan nelayan dengan kapasitas 70 ton. Lalu ada Emerald Lake dan air terjun dengan wahana olahraga air dan memberi makan ikan.

Baca Juga: 5 Desa Paling Unik di Jawa Barat, Warganya Masih Tinggal di Rumah Kayu Tanpa Listrik

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke Desa Sekapuk mengatakan objek wisata ini berada di Setigi. dari kotak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button