Bus Wisata Semarang memasuki Ngarai Gunung Lawu - WisataHits
Jawa Timur

Bus Wisata Semarang memasuki Ngarai Gunung Lawu

7 orang meninggal

Minggu 4 Desember 2022 : 21:22:07


Bus wisata menabrak tebing Gunung Lawu (Foto: IN/fin)

berita INFO.en | Magetan – Sekitar 10 menit sebelum memasuki objek wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, sebuah bus wisata PO Semeru Putra Transindo menabrak tebing Gunung Lawu pada Minggu (12/4/2022).

Akibatnya, dalam kecelakaan tunggal ini, hingga 7 orang meninggal dunia, termasuk sopir bus. Sedangkan 32 penumpang bus lainnya luka-luka, termasuk 3 anak-anak.

Badan bus bernomor H 1470 AG rusak parah di dasar jurang sedalam 31 meter dan tersangkut di batang pohon. Tersebar di antara mereka berbagai barang milik penumpang yang awalnya bertamasya di Telaga Sarangan.

Sejumlah penumpang yang selamat mengatakan rombongan 50 orang berangkat dari Semarang, Jawa Tengah, dengan tujuan berkeliling kawasan pegunungan.

Wisatawan domestik memilih dua wisata alam pegunungan yang terletak di punggung Gunung Lawu. Yakni Tawang Mangu di kawasan Karang Anyar, Jawa Tengah dan Telaga Sarangan di kawasan Magetan, Jawa Timur.

Sebelum akhirnya terjadi di titik sekitar 1 kilometer di atas Telaga Sarangan, di Dusun Mojosemi, Desa Sarangan, bus tersebut sebelumnya berhenti di Tawang Mangu.

Sesaat kemudian, bus yang dikemudikan Mohamad Barliyan, 52 tahun, warga Desa Pejaringan, Kemijen, Semarang, melanjutkan perjalanan ke Telaga Sarangan sebagai tujuan akhir tour.

“Kami istirahat dua kali. Pertama di rest area Ungaran dan SPBU Karang Anyar. Kemudian lanjutkan ke Tawang Mangu. Pas mau lanjut ke Sarangan, busnya hancur,” kata seorang penumpang.

Menurut sumber kepolisian setempat, kecelakaan itu diduga karena sopir bus tidak hati-hati dalam mengemudikan kendaraannya. “Jadi saat jalan menurun, seharusnya pengemudi belok kiri. Sebaliknya, dia melaju lurus hingga menabrak pagar pembatas dan masuk jurang,” kata polisi.

Aparat kepolisian dibantu PMI, BPBD, relawan dan masyarakat sekitar mengevakuasi para korban. Korban meninggal dibawa ke kamar mayat oleh Dr. Sayidiman, Magetan.

Di rumah sakit yang sama, para korban luka mendapat perawatan medis.

Polisi setempat masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut. Beberapa saksi mata yang mengetahui kejadian itu juga dimintai keterangan oleh polisi. Termasuk para penumpang bus yang selamat. (inf/sirip/merah)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar sebagaimana diatur dalam UU ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button