Pantai Ampenan Mataram, Menikmati Panorama Indahnya Sunset Sambil Kuliner - WisataHits
wisatahits

Pantai Ampenan Mataram, Menikmati Panorama Indahnya Sunset Sambil Kuliner

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Bea Cukai, Kecamatan. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Wisata pantai di Kota Mataram memang menjadi incaran banyak orang. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Ampenan yang merupakan ikon kota tua Ampenan. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat wisata ini telah diperbaiki oleh banyak pengelola agar menjadi lebih baik. Ada beberapa bangunan baru maupun bangunan lama yang masih dipertahankan.

Ternyata pantai ini merupakan pelabuhan tua yang digunakan pada zaman Belanda. Namun kini pelabuhan tersebut telah berpindah ke kawasan Lembar, Lombok Barat. Memang pada tahun 1979 terjadi gelombang besar di Selat Lombok. Namun sejauh ini masih terdapat sisa-sisa reruntuhan pelabuhan di sekitar pantai ini.

Di sisi barat wisata ini terdapat terminal BBM Pertamina. Ada pula replika kapal yang ditopang kayu yang teronggok di tepi Pantai Ampenan. Destinasi alam ini dikenal memiliki pasir hitam dan bebatuan yang mengelilinginya. Tak hanya itu, ganasnya ombak juga terlihat oleh mata.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Ampenan

Pantai AmpenanKredit gambar: Google Maps Indra yana

1. Spot untuk melihat sunset yang indah

Destinasi alam ini tidak memiliki ombak hijau yang jernih. Tapi jangan khawatir, karena kunjungan bisa menjadi tempat refreshing. Pengunjung bisa menikmati sunset di sore hari sambil duduk-duduk di pinggir pantai. Matahari terbenam ini menakjubkan tepat di belakang gunung yang megah.

Setelah matahari tampak menghilang, warna langit pantai akan berubah menjadi jingga. Banyak wisatawan juga mengabadikan momen ini dengan smartphone. Di pesisir pantai juga dibangun gedung-gedung dengan ketinggian sekitar 10 meter sebagai tempat menikmati sunset.

2. Memiliki sejarah yang dipelajari

Pantai Ampenan memiliki banyak cerita sejarah untuk dijelajahi pengunjung. Pariwisata yang dulunya merupakan pelabuhan, pernah memiliki peran penting dalam transportasi laut. Pada zaman Belanda, pelabuhan itulah yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali. Banyak orang juga menggunakannya sebagai sarana ziarah.

Banyak alasan yang menyebabkan pelabuhan dipindahkan, salah satunya karena ombak yang tinggi membuat kapal sulit untuk berlabuh. Sejak saat itu, Pemkot Mataram melakukan pembenahan untuk menjadikan kawasan ini sebagai destinasi alam. Wisatawan bisa berlibur sambil belajar tentang sejarah, yang bisa menambah wawasan.

3. Cuaca pantai yang sejuk

Berlibur dengan tujuan bersantai dan menghirup udara segar memang sangat menyenangkan. Banyaknya pepohonan yang berjejer di Pantai Ampenan membuat cuaca menjadi sejuk dan asri. Petugas juga membantu menjaga kebersihan kawasan dengan menyediakan tempat sampah di seluruh sudut pantai.

Banyak turis asing yang betah bersantai di pantai. Apalagi pada sore hari, kawasan wisata Ampenan ramai dikunjungi pengunjung. Ada yang berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati cuaca cerah dan ada juga yang duduk di dekat bebatuan sambil mengobrol.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai AmpenanKredit gambar: Google Maps Awaludin Yordania

Tempat wisata Pantai Ampenan terletak di Jl Pabean, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lokasi sangat strategis karena berada di tengah kota yang mudah diakses. Dari arah Bandara Internasional Lombok hanya berjarak 37 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Jika Anda berangkat dari Mataram, Anda harus melewati Jl Pejangik lalu menuju Jl Yos Sudarso untuk sampai ke kawasan Ampenan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalan mudah dilalui dengan aspal mulus. Selain itu, angkutan umum juga sepertinya sudah tersedia di kawasan wisata, sehingga memudahkan untuk berkeliling.

Pada hari-hari biasa, pantai ini terlihat tidak begitu ramai sehingga wisatawan bisa datang dari siang hari. Namun jika pada hari Minggu atau hari libur besar daerah tersebut sangat ramai dan ramai, hal itulah yang menimbulkan kemacetan jika tidak datang pagi-pagi. Sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan banyak pedagang di sepanjang jalan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai AmpenanKredit gambar: Google Maps Guk Asyhar

Bisa dikatakan tempat liburan di pantai Ampenan cukup murah dan tidak menguras budget. Di area depan, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang, berlaku pada hari biasa dan hari libur nasional. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa duduk-duduk santai di area sekitar pantai sambil ditemani suara deburan ombak.

Di tempat parkir juga akan dikenakan tarif Rp 2.000 untuk sepeda dan Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk roda empat. Berbagai tempat lain di sekitar pantai seperti restoran dan tempat persewaan peralatan juga ditawarkan dengan harga terjangkau.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ampenan

Aktivitas Pantai AmpenanKredit gambar: Google Maps odie akbar

1. Lihat tradisi lokal

Mulai dari suku Jawa, Bugis, Melayu, Tionghoa banyak yang tinggal di sekitar kawasan wisata ini. Ini menciptakan banyak budaya dan tradisi yang berbeda. Selama beberapa festival besar, pengunjung dapat melihat tradisi terungkap, dari upacara adat hingga berbagai ritual. Masyarakat pun tampak hidup rukun berdampingan, meski berbeda etnis.

2. Kuliner

Di kawasan sekitar Ampenan Beach Visit, berbagai tempat kuliner berjejer. Penjual menjual makanan khas mulai dari seafood, plecing kangkung, jagung bakar hingga es krim durian. Harganya pun bervariasi dari yang murah hingga yang mahal. Anda bisa menikmatinya di pantai ditemani semilir angin.

3. Ambil gambar

Berfoto memang menjadi suatu keharusan saat berlibur. Tak heran jika setiap wisatawan selalu membawa kamera dalam perjalanan menuju wisata ini. Banyak spot foto di kawasan Pantai Ampenan yang unik dan klasik. Mulai dari dasar air laut hingga gedung-gedung tua kota tua, bisa membuat foto Anda terlihat bagus.

4. Saksikan Festival Kota Tua

Aktivitas di pantai AmpenanKredit Gambar: Google Maps Nik Sampurno, ST.

Lokasi pantai di kota tua Ampenan ini biasanya mengadakan festival tahunan. Kegiatan ini biasanya berlangsung di bulan Agustus dan bertujuan untuk mempromosikan pariwisata kota tua dan pantai Ampenan. Ada berbagai pertunjukan musik, tarian, pameran foto, bazaar yang bisa dinikmati pengunjung.

5. Memancing ikan

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa membawa perlengkapan memancing. Kebanyakan orang menggunakan sisa-sisa reruntuhan dermaga sebagai tempat memancing. Anda bisa ditemani penduduk setempat atau melakukan aktivitas ini bersama keluarga.

6. Bermain layang-layang

Bermain di pantai bukanlah hal yang aneh. Pengunjung dapat menerbangkan layang-layang di area berpasir karena angin kencang dari pantai. Wisatawan bisa membawa layang-layang sendiri dari rumah atau membelinya dari toko-toko di sekitar tempat wisata. Anda bisa menikmati kesenangan ini di sore atau malam hari.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantaiKredit gambar: Google Maps Shahibul Ahyan

1. Hotel Mataram Square

Hostel ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan suasana berbeda. Layanan dan fasilitas yang disediakan pengelola hotel juga lengkap. Terdapat sekitar 44 kamar yang dilengkapi dengan TV kabel, kamar mandi pribadi, AC, dan juga terdapat layar LCD di beberapa kamar. Pengunjung juga bisa mencicipi masakan Asia di restoran yang telah disediakan.

2. Hotel Hastina yang Elegan

Salah satu hotel yang dekat dengan pantai Ampenan adalah Hastina Stylish karena jaraknya hanya sekitar 5 km. Di sekitarnya terdapat pusat perbelanjaan Lombok Epicentrum Mall. Setiap kamar tamu juga menikmati pemandangan taman kecil yang dapat memanjakan mata pengunjung. Tersedia berbagai pilihan tempat tidur dengan harga mulai dari Rp 270.000.

3. Hotel Nitour Inn

Lokasi tempat ini tentunya sangat strategis, berada di pinggir jalan utama di kawasan Ampenan. Wisatawan dapat menikmati fasilitas seperti balkon yang tersedia di setiap kamar, tempat parkir yang luas dan antar jemput bandara juga tersedia. Nitour Inn dekat dengan Pasar Ampera, Turtle Water Park dan Taman Mayura yang dapat dikunjungi tamu hotel.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai AmpenanKredit gambar: Google Maps Yaa Seenn_17

Letak Pantai Ampenan yang berada di kawasan kota tua membuat fasilitas wisata ini sangat lengkap. Ada masjid, vihara, pagoda, gereja yang bisa digunakan wisatawan untuk beribadah. Nuansa berbeda akan Anda rasakan saat beribadah karena bangunan ini merupakan peninggalan Belanda.

Di kawasan wisata luar juga terdapat beberapa kedai kopi yang menjual berbagai legenda kuliner. Tempat duduk pinggir jalan di kota tua Ampenan juga disediakan agar pengunjung dapat menikmati keindahan objek wisata tempat ini. Angkutan umum juga sangat mudah ditemukan di kawasan pantai.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik itu sepeda, mobil maupun bus tidak perlu khawatir karena di bagian depan terdapat tempat parkir yang aman untuk menaruh kendaraan. Toilet umum juga banyak tersedia di setiap sudut tempat wisata. Pengelolanya juga sangat menjaga kebersihan kawasan agar pengunjung merasa nyaman saat berlibur di sini.

Demikian penjelasan singkat mengenai wisata Pantai Ampenan yang bisa anda jadikan sebagai rekomendasi liburan di kota Mataram. Fasilitas yang lengkap dan keindahan alam akan membuat pengunjung ingin kembali lagi kesini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button