Pantai Labuan Sait, pantai eksotis dengan panorama alam yang indah di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Labuan Sait, pantai eksotis dengan panorama alam yang indah di Bali

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-22.00 WITA, Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Mendengar kata Bali, tentu semua orang akan terbayang pesona alam dan lautnya, seperti yang ada di pantai Labuan Sait. Pantai cantik ini memiliki nama lain yaitu Pantai Padang-padang. Biasanya pantai ini sering digunakan untuk mengadakan acara seperti upacara penyucian atau melasti.

Pantai ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Bahkan, pada tahun 2010 lalu, pantai ini pernah dijadikan setting dalam film berjudul “Eat, Pray, Love” yang dibintangi oleh Julia Roberts. Keindahan pantai ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi video musik band rock Denmark.

Penduduk setempat juga mengatakan bahwa pantai yang terkenal di zaman kolonial ini digunakan sebagai pelabuhan kapal perang dan kapal dagang di Bali. Dengan demikian, pantai ini bisa dilihat sebagai jembatan antara masyarakat Bali dengan dunia luar. Jika penasaran, simak berbagai hal tentang Pantai Labuan Sait di bawah ini.

Objek Wisata Pantai Labuan Sait

Objek Wisata Pantai Labuan SaitKredit gambar: Google Maps

1. Panorama Tunggal

Pantai ini memiliki posisi yang cukup unik, yaitu berada di bawah batu karang. Sehingga wisatawan akan disuguhi panorama pantai yang menyatu dengan tebing yang memiliki ornamen indah buatan alam. Bisa dibayangkan betapa indahnya pantai ini jika dilihat secara langsung.

2. Karakter alam pantai masih terjaga

Pantai Labuan Sait merupakan pantai pasir putih yang selalu bersih dan memiliki keindahan serta keunikan sejauh mata memandang. Kenyamanan di pantai juga sangat diperhatikan oleh masyarakat setempat.

Untuk itu, wisatawan tentu betah menghabiskan liburannya di sini. Pantai ini juga jauh dari keramaian atau kebisingan, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana yang tenang.

3. Ombaknya tinggi

Bagi para peselancar tentunya sangat senang ketika berada di pantai ini. Memang pantai ini memiliki ombak yang relatif tinggi dan arah angin yang cukup stabil. Oleh karena itu, tidak jarang banyak peselancar dari seluruh dunia terlihat di pantai ini. Setiap bulan Agustus juga ada kompetisi peselancar di pantai ini.

4. Di berbagai tempat menarik

Di pantai Labuan Sait terdapat dua tebing yang menjulang tinggi. Di antara kedua tebing tersebut terdapat sebuah jembatan panjang yang menghubungkannya. Bagi wisatawan yang ingin melihat sisi unik dari pantai ini, mereka dapat melangkah ke geladak dan dengan leluasa menyaksikan pemandangan sekitar sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Tempat menarik lainnya di pantai ini adalah terowongan batu karang dengan panjang sekitar 8 m. Terowongan berada di balik batu karang yang akan Anda temui sebelum menuju ke lokasi pantai ini.

5. Memiliki air yang jernih

Daya tarik berikutnya yang bisa Anda temukan saat datang ke pantai indah di Bali ini adalah air lautnya yang jernih. Air di sini sangat jernih sehingga wisatawan bisa dengan mudah melihat keindahan bawah lautnya.

6. Berdekatan dengan beberapa tempat wisata lainnya

Di sekitar pantai terdapat berbagai destinasi wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi wisatawan yang ingin dapat menikmati keindahan Bali. Berbagai destinasi wisata yang dekat dengan pantai ini antara lain GWK, Pantai Gunung Payung, Blue Point, Wisata Uluwatu, Pantai Pandawa, Pantai Melasti, Pantai Batu Pageh, Pantai Dreamland.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai Labuan SaitKredit gambar: Google Maps Liudas Mazunas

Pantai Labuan Sait terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tepatnya, pantai ini berada di sebelah utara Pulau Uluwatu dan menghadap Samudera Indonesia. Selain itu akses untuk mencapai pantai juga tidak sulit.

Kondisi jalan yang dilalui menuju kesana juga sudah beraspal dengan baik dan mulus. Anda bisa menempuh perjalanan mulai dari arah Kuta, nanti ada traffic light di area McD Jimbaran, terus ke Universitas Udayana, terus lurus sampai melewati Pecatu Resort.

Dari situ Anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat bagaimana cara menuju ke pantai tersebut. Jika Anda mengambil jalan dari Kuta ke pantai, Anda akan menempuh jarak sekitar 15 km. Sedangkan jika Anda mengambil rute dari Denpasar akan menempuh jarak yang lebih jauh lagi yaitu 32 km.

Untuk menuju tempat wisata ini, Anda bisa menentukan pilihan kendaraan mana yang akan digunakan. Naik angkutan umum, mobil pribadi atau menyewa mobil mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk menuju tempat wisata ini disarankan untuk menggunakan rental mobil yang murah agar memudahkan anda dan tidak merasa lelah.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai Labuan SaitKredit gambar: Google Maps TheSCAN Max

Mengunjungi Pantai Labuan Sait tidak akan menguras kantong Anda karena biaya masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Ada perbedaan harga tiket untuk turis lokal dan mancanegara. Namun, tarif yang dikenakan di pantai ini masih sangat bersahabat.

Tiket masuk untuk turis lokal hanya 5.000 rupiah untuk satu orang. Sedangkan setiap wisatawan mancanegara yang ingin berlibur ke pantai ini harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah. Selain membayar tiket masuk, setiap wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir.

Tarif parkir mobil Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 2.000. Tentunya berbagai biaya yang berlaku di pantai ini sangat murah, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang datang.

Meski sangat ekonomis, pemandangan yang disajikan sangat alami dan indah karena pantai merupakan salah satu pantai yang belum pernah terjamah. Dengan demikian, eksotismenya digambarkan alami dan bersih. Jam operasional di pantai ini adalah Senin hingga Minggu selama 24 jam penuh.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Labuan Sait

Aktivitas wisata di pantai Labuan SaitKredit Gambar: Google Maps Bali Driver Gede

1. Berenang dan bermain air

Aktivitas berenang dan bermain air di Pantai Labuan Sait sangat digemari banyak wisatawan. Ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir tersapu ombak. Berbeda dengan ombak di tengah pantai yang memang besar dan disukai para peselancar.

2. Berburu kuliner di pantai

Banyak tempat makan dan tempat makan yang menawarkan kuliner khas pantai seperti seafood yang lezat, fast food dan menu homemade seperti nasi goreng, sop, gulai, jamu Jus juga tersedia di deretan rumah makan dan tempat makan pinggir pantai. Makan siang sambil menikmati panorama pantai tentu menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.

3. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Kegiatan menarik selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan di Pantai Labuan Sait adalah menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Menjelang sore, suasana romantis di pantai akan terasa. Apalagi saat warna jingga sunset terhampar di permukaan pantai.

Pada jam-jam tersebut banyak anak muda setempat yang sengaja datang ke pantai menawan ini hanya untuk menikmati indahnya pemandangan sunset. Kegiatan ini dapat membuat pikiran dan hati Anda lebih rileks. Agar suasana romantis tidak sia-sia, Anda bisa mengajak pasangan melihat keindahan sunset di pantai ini.

4. Berburu Foto

Bagi Anda yang berlibur ke pantai ini, kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan setiap momen indahnya. Oleh karena itu, Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan melakukan kegiatan hunting foto. Banyak sekali tempat-tempat unik yang bagus yang bisa anda gunakan sebagai background foto anda. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera yang kompatibel.

Bahkan karena hasil fotonya yang sangat bagus, banyak wisatawan yang melakukan foto prewedding di sana. Anda juga bisa mengupload foto-foto pantai ini ke Instagram, agar lebih banyak orang yang mengetahui tempat wisata tersebut.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata Pantai Labuan SaitKredit gambar: Google Maps Trisulus

Seiring dengan popularitas Pantai Labuan Sait, fasilitas yang tersedia pun semakin lengkap dan memadai. Tepat di sebelah pintu masuk pantai Anda akan menemukan tempat parkir kendaraan yang cukup luas.

Selain itu pilihan tempat makan juga banyak, kafe juga ada di bukit sekitar pantai. Fasilitas lainnya meliputi toilet umum, persewaan peralatan selancar, dan layanan penjaga pantai.

Apalagi tempat menginap juga banyak tersebar tidak jauh dari lokasi pantai. Harganya cukup variatif, sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah dana yang dimiliki.

Itulah berbagai hal yang berkaitan dengan pantai Labuan Sait di Bali. Dapatkan pengalaman seru bersama teman, keluarga atau pasangan Anda dengan mengunjungi pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button