Pameran Fotografi dan Kearsipan yang diselenggarakan oleh Komunitas Peninggalan Sejarah Banjoemas menghadirkan Perjalanan Waktu Banyumas Raya - WisataHits
Yogyakarta

Pameran Fotografi dan Kearsipan yang diselenggarakan oleh Komunitas Peninggalan Sejarah Banjoemas menghadirkan Perjalanan Waktu Banyumas Raya

Pameran Fotografi dan Kearsipan yang diselenggarakan oleh Komunitas Peninggalan Sejarah Banjoemas menghadirkan Perjalanan Waktu Banyumas Raya

Pameran Fotografi dan Kearsipan Banjoemas History Heritage Community (BHHC) menampilkan perjalanan Banyumas Raya menembus waktu. Banyak cerita sejarah yang terekam dalam foto dan lembaran arsip dalam pameran yang akan dipamerkan pada 17-31 Agustus 2022 di objek wisata The Village, Baturraden.

Purwokerto, serayunews.com

Pendiri BHHC Jatmiko Wicaksono menjelaskan, pameran digelar dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI ke-77. Menariknya, pameran digelar dengan memadukan konsep indoor dan outdoor di objek wisata The Village, Baturraden.

“Kami akan menampilkan foto-foto bangunan bersejarah, peta lama dan tokoh-tokoh dari wilayah Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap,” kata pendiri BHHC ini, Sabtu (20/822).

Menurut Jatmiko, BHCC juga akan menampilkan foto-foto tokoh penting dalam sejarah Banyumas Raya.

Kemudian ada juga beberapa foto lama gedung sekolah, pabrik gula, peta kawasan Karisidenan Banjoemas, stasiun kereta api dan gedung pemerintahan.

“Ada juga beberapa foto yang belum pernah dipublikasikan,” katanya.

Arsip yang dipamerkan antara lain catatan penting yang berkaitan dengan perusahaan listrik, akta kepemilikan, akta nikah dan arsip lainnya.

“Dokumen ini juga dibagi menjadi beberapa kios di dalam dan di luar desa. Selain itu juga ada buku-buku sejarah yang ditulis oleh dosen lain dan pegiat komunitas sejarah dari Purwokerto, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga,” ujarnya.

Beberapa pihak juga turut berpartisipasi dalam pameran tersebut, seperti mahasiswa Program Studi Periklanan STIKOM Yogyakarta dan Desain Komunikasi Visual (DKV) IT Telkom Purwokerto.

Tidak hanya di The Village, BHCC juga menggelar beberapa kegiatan lain seperti bedah buku Purbalingga Berjuang 1942-1949 di food court The Village Kamis (18/8/2022) lalu.

Kemudian juga akan ada talkshow Sejarah dan Pusaka pada Sabtu (20/8/2022) di Banyumas di The Village Foodcourt.

Penjelajahan Banjoema Kota Baru Purwokerto akan berlangsung besok, Minggu (21.8.2022). Beberapa tempat yang akan dikunjungi dalam kegiatan ini antara lain Bekas Pabrik Gula Kalibagor Purwokerto, Ostbahnhof, GKJ Purwokerto, GKI Gatot Subroto, Bekas Gedung Karesidenan Banyumas Purwokerto dan Landkaas.

“Pada pelayaran setengah hari ini, kami mengajak peserta untuk menelusuri sejarah kawasan yang dulunya merupakan batas antara kota lama dan baru Purwokerto ini,” ujarnya.

Serangkaian pameran foto dan arsip Banjoemas History Heritage Community (BHHC) akan ditutup dengan bedah buku terhadap penggalan-penggalan sejarah Cilacap yang terlupakan.

Source: serayunews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button