Surga Kecil Tersembunyi di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Surga Kecil Tersembunyi di Gunungkidul

Memuat…

Sepintas, buku berjudul Gunungkidul The Next Bali ini tampak sulit dibaca. Selain itu, buku ini memuat data statistik yang menyerupai penelitian ilmiah. Dikatakan cukup mapan dalam hal sumber daya alam, khususnya pariwisata, sejarah, perubahan kondisi bentang alam Gunungkidul selama ratusan juta tahun terakhir, serta kearifan lokal masyarakatnya yang miskin dulu dan sekarang. .

Baca juga: Menikmati sunset Yogya dari ketinggian Gunungkidul

Cerita tentang infrastruktur dan investasi membuat buku setebal 258 halaman ini terlihat serius. Namun setelah dibaca ternyata isi buku ini sangat lucu, dengan penulisan yang lugas, jelas dan lancar apa adanya. Buku ini seperti sebuah cerita tertulis.

Faktanya, para penulis buku ini sangat pandai mengekspresikan hasrat dan ketakutan mereka. Tentu saja, fleksibilitas menulis melalui bercerita adalah karena mereka memiliki kekuatan untuk tetap setia menulis, terus memupuk dan memupuk bakat menulis mereka. Selain itu, nama salah satu penulis, Cyrillus Harinowo, menjamin keterbacaan buku ini.

Baca juga: Rasakan Sensasi Bali di Pantai Ngobaran Gunungkidul

Sebagai kolumnis di banyak media besar, Cyrillus tentu saja telah melihat dan mengalami sendiri kisah perjalanannya Gunungkidul dan sejumlah tempat wisata lain dalam dan luar negeri ternyata tak hanya menuliskan perjalanan sebagai sejarah. Namun juga bercerita dengan perenungan yang sangat mendalam, disertai dengan data dan fakta. Ia menjadikan buku Gunungkidul, The Next Bali sebagai jendela bagi pembaca untuk melihat banyak hal mulai dari sejarah, ekonomi, sosial, kemanusiaan, alam hingga mimpi dan pencapaian.

Baca juga: Ribuan wisatawan memenuhi pantai Gunungkidul

Selain Cyrillus Harinowo, ada sembilan penulis lain (hampir semua BCA ), juga berkontribusi dalam penulisan buku Gunungkidul, The Next Bali. Alhasil, buku ini menjadi sangat kaya akan ide dan pemikiran, seperti pemimpin book, dirangkum dengan rapi dan saling melengkapi. Bagi yang suka traveling dan suka menulis, terutama yang rajin mengunjungi tempat-tempat yang belum banyak terjamah orang, membaca dan mempelajari buku ini sangatlah penting. Keindahan alam Gunungkidul yang sangat menarik dan eksotis seperti “surga kecil” yang tersembunyi.

Secara garis besar, buku yang terbagi dalam 24 bab ini mencantumkan sejumlah tempat wisata di Gunungkidul yang diyakini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk wisata pantai saja, Gunungkidul ternyata memiliki lebih dari 50 pantai, dengan masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri karena terbentuknya berbagai formasi karang. Pantai tersebut antara lain Pantai Sadeng, Pantai Wedi Ombo, Pantai Timang, Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Panjang, Pantai Baron, Pantai Ngobaran dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cicipi Enaknya Sate Ayam Kampung Khas Gunungkidul

Source: nasional.sindonews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button